5+ Gaji Sales Promotion Girl atau SPG, Tugas, dan Skill

Gaji Sales Promotion Girl

Salah satu pekerjaan yang erat kaitannya dengan dunia pemasaran adalah SPG. Tentu banyak orang yang masih belum mengetahui berapakah gaji sales promotion girl tersebut. Pekerjaan ini juga sudah banyak tersedia di tanah air. Mereka nantinya akan bekerja di lapangan langsung dan berhadapan dengan konsumen.

Tentang Profesi Sales Promotion Girl (SPG)

Saat berada di mall atau tempat-tempat lainnya Anda tentu sudah tidak asing dengan keberadaan SPG. Sales tersebut nantinya bertugas bertugas untuk mempromosikan produk secara langsung kepada para konsumen. Agar mengenal lebih jauh mengenai profesi ini, maka simak ulasan selengkapnya berikut:

Baca juga : Gaji SiCepat Express

1. Pengertian SPG

SPG atau sales promotion girl merupakan pekerja lapangan yang akan langsung berinteraksi dengan para konsumen terutama untuk menawarkan sebuah produk maupun jasa. Mereka bekerja di bidang pemasaran dan promosi produk sehingga perlu memiliki kualifikasi khusus seperti kemampuan bicara yang baik.

Tidak hanya itu, para pekerja ini dilakukan oleh wanita. Mereka juga perlu memiliki penampilan yang menarik agar dapat menarik perhatian para pelanggan. Setiap SPG harus menguasai produk-produk yang mereka tawarkan. Baik itu mengenai keunggulannya hingga bagaimana cara memakainya.

2. Tempat Kerja

Kebanyakan SPG akan bekerja di mall atau tempat-tempat tertentu lainnya seperti perusahaan. Mereka juga sering mengadakan event-event tertentu untuk menawarkan berbagai produk unggulannya agar mendapatkan daya tarik dari para konsumen.

Tidak hanya dapat memeriahkan sebuah event, kehadiran SPG juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang di acara tersebut. Umumnya mereka tidak segan untuk bertanya-tanya tentang produk yang ditawarkan. Tidak heran jika seorang SPG perlu memiliki penampilan menarik.

3. Jenjang Karir

Seorang SPG nantinya dapat meningkatkan jenjang karir mereka. Akan tetapi, tentu saja hal ini akan dipengaruhi oleh kinerja masing-masing. Berawal dari seorang junior SPG, kemudian menjadi seorang senior SPG, hingga akhirnya mampu menjadi supervisor atau jabatan lain yang ada di atasnya.

Selain itu, mereka juga dapat masuk menjadi staff managerial jika sanggup menjalankan tugasnya serta memiliki kecakapan dalam menjalankan tugas tersebut. Hal ini berarti, semakin tinggi jenjang karir yang mereka dapat maka semakin besar pula gaji sales promotion girl tersebut.

Berapa Gaji Sales Promotion Girl?

Sebagian dari Anda mungkin ingin terjun ke bidang pekerjaan ini. Terlebih soal gajinya sendiri terbilang cukup lumayan. Terlebih apabila terdapat event khusus sehingga bisa mendapatkan upah pekerjaan yang lebih besar. Supaya tidak ketinggalan informasinya, langsung saja simak penjelasan berikut:

1. Gaji Sales Promotion Girl

Gaji SPG umumnya berkisar mulai dari Rp 2.000.000 sampai dengan Rp 10.000.000. Umumnya hal tersebut akan tergantung dengan kinerja mereka masing-masing ataupun event yang sedang berlangsung. Terlebih SPG di tanah air umumnya bekerja di banyak bidang. Contohnya saja SPG rokok dengan gaji Rp 1.000.000 – Rp 3.000.000.

Terdapat pula SPG mall dan tempat lainnya yang masih berada di level junior mulai dari Rp 2.000.000. SPG ponsel memiliki gaji sekitar Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000. SPG dealer mobil Rp 4.000.000 – Rp 10.0000, serta SPG dealer motor mulai Rp 2.000.000 – Rp 5.000.000. Hal ini juga tergantung dengan tempat kerjanya.

2. Hal-hal yang Mempengaruhi Gaji Sales Promotion Girl

Setelah memahami tentang gaji sales promotion girl, Anda mungkin masih belum mengetahui apa saja hal yang dapat menjadi pengaruh besar dan kecilnya nominal gaji itu sediri. Terlebih apabila ingin menaikkan gaji SPG tersebut agar bisa mendapatkan penghasilan bulanan yang lebih banyak.

Selain dipengaruhi oleh kinerja, event, dan lamanya bekerja gaji SPG sebenarnya dapat mengalami kenaikan dengan meningkatkan performa kerja dan jabatan mereka masing-masing. Jika kinerjanya semakin bagus maka semakin banyak pula bonus yang dapat mereka peroleh.

Kualifikasi Sales Promotion Girl

Seseorang yang ingin bekerja menjadi SPG tentunya perlu memenuhi beberapa kualifikasi. Umumnya persyaratan tersebut dapat berbeda-beda sesuai kebutuhan dan tempat pemberi pekerjaannya. Adapun syarat umumnya seperti seorang wanita dengan usia maksimal 25 tahun atau sesuai kebutuhan.

Kemudian mereka memiliki pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat. Sedangkan tinggi badannya yakni minimal 160 cm dengan berat badan yang proporsional. Mereka juga perlu memiliki penampilan menarik. Seorang SPG juga perlu rapi dalam berdandan di depan konsumen.

Selain itu, mereka juga perlu memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. SPG juga perlu memiliki sifat yang supel atau mudah bergaul, mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, selalu memiliki rasa percaya diri, dapat menyelesaikan masalah, bisa bekerja sesuai target yang ditentukan, cekatan, dan profesional.

Tugas dan Tanggung Jawab SPG

Setelah mempelajari seluk beluk SPG, maka kurang lengkap rasanya apabila Anda tidak memahami seperti apa saja tugas dan tanggung jawabnya. Terlebih, pekerjaan ini mengharuskan seseorang terjun ke lapangan langsung dan berhadapan dengan pelanggan. Di bawah ini merupakan penjelasan lengkapnya:

1. Mempromosikan Produk

Seorang SPG memiliki tugas utama yakni untuk mempromosikan sebuah produk. Untuk promosinya sendiri cenderung bersifat interaktif. Tidak heran jika mereka perlu melakukannya secara langsung di lapangan. Dengan begitu, proses promosinya yakni dengan menjemput para konsumen yang ada di sekitarnya.

Tentu saja memerlukan banyak keahlian dan kemampuan dalam mempromosikan produk tersebut. Setiap SPG perlu memiliki kecakapan komunikasi yang bagus dalam menawarkan produknya. Tujuannya agar konsumen semakin tertarik untuk membelinya. Mereka juga dapat menyebarkan free sample kepada pelanggan.

2. Menjelaskan Produk

Tugas lainnya yang perlu dilakukan oleh seorang SPG adalah menjelaskan produk kepada setiap konsumen. Tidak heran jika mereka bukan hanya dituntut untuk berpenampilan rapi saja. Akan tetapi juga memahami setiap produk yang ingin mereka jual agar para pelanggan tertarik untuk membelinya.

Mereka juga perlu mendeskripsikan setiap produk dengan sopan dan ramah kepada para konsumen agar mereka merasa nyaman. Tentu dalam hal ini diperlukan juga kemampuan berkomunikasi dengan baik supaya konsumen bisa memahami tentang fungsi dan keunggulan produk tersebut.

3. Menjawab Pertanyaan Pelanggan

Jika nantinya calon pelanggan ingin mengajukan pertanyaan, maka SPG wajib menampungnya dengan baik. Pasalnya hal ini menjadi pertanda bahwa konsumen tersebut sudah mulai tertarik dengan produk yang mereka promosikan sebelumnya. SPG juga perlu memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

Setiap SPG perlu menjawab pertanyaan dari setiap pelanggan tersebut dengan sopan dan ramah. Hindari melayani pelanggan dengan asal-asalan karena hal ini akan mengurangi kepercayaan mereka. Berikan jawaban terbaik kepada pelanggan sesuai hal-hal yang ingin diketahui mereka.

4. Memberikan Penawaran

Seorang SPG juga perlu memberikan penawaran kepada pelanggan. Umumnya, produk yang ditawarkan mereka cukup berbeda dengan produk yang ada di toko walaupun merknya sama. Adapun perbedaannya terletak dari segi harga atau lainnya.

SPG tersebut memiliki peran untuk menyampaikan penawaran tersebut. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mendapatkan penjualan saat itu juga. Mereka perlu menyampaikan penawaran dari segi yang menguntungkan bagi pelanggan. Seperti harga lebih terjangkau atau lainnya sesuai keunggulan produknya masing-masing.

5. Melakukan Penjualan

Apabila SPG sudah menjelaskan produk kepada para konsumen dan mereka tertarik, maka SPG bisa melakukan langkah selanjutnya yakni penjualan. SPG perlu mengarahkan para pelanggan tersebut untuk membeli produk yang sudah mereka tawarkan sebelumnya.

Akan tetapi, tugas SPG dalam hal ini bisa saja berbeda tergantung perusahaan atau tempat mereka bekerja. Apakah memiliki aturan untuk wajib melakukan penjualan atau hanya berhenti di proses promosi saja. Tentunya akan lebih efektif jika terjadi proses penjualan dari produk tersebut.

6. Mencatat Penjualan

Setiap SPG yang sudah berhasil melakukan penjualan, mereka juga perlu mencatatnya. Terutama pada produk yang memang sudah berhasil terjual. Catatan ini sendiri dapat dilakukan secara harian sesuai dengan jenis produk apa saja yang sudah dibeli konsumen.

Kemudian catat juga total penjualannya serta jumlah uang hasil penjualan yang sudah diperoleh. Tentu saja dalam hal ini setiap perusahaan akan menyediakan format tertentu agar SPG semakin mudah dalam melakukan pencatatan penjualan mereka.

7. Mengecek Ketersediaan Produk

Tugas lainnya yang tidak kalah penting untuk SPG lakukan adalah mengecek ketersediaan produk. Terutama bagi para SPG yang bertugas di toko cabang agar dapat memantau stok produk mereka. Hal ini tentu sangat penting demi menjamin keberlangsungan konsumen agar terus berdatangan.

Apabila konsumen mendapati produk yang terus-terusan habis saat ingin mereka beli, tentu saja mereka akan mencari tempat lain dan berhenti berlangganan. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memastikan ketersediaan produk tersebut.

8. Menjaga Kepercayaan Para Konsumen

Merupakan tanggung jawab seorang SPG yakni menjaga kepercayaan dari setiap konsumen. Terlebih pekerjaan ini mengharuskan mereka untuk berhadapan dan berinteraksi secara langsung dengan para pelanggan nantinya. Tentu sangat penting untuk menjaga kepercayaan terutama bagi pelanggan tetap.

Terlebih seiring berjalannya waktu tentu semakin banyak pesaing yang datang di pasaran. Tentu sangat mudah bagi mereka untuk berpindah ke tempat lain jika kepercayaannya tidak terjaga dengan baik. Salah satunya yakni memberikan pelayanan yang ramah dan memuaskan serta menjaga kualitas produk.

9. Mencapai Target Penjualan

Seorang SPG juga perlu menunaikan tanggung jawab mereka. Yakni tidak hanya mempromosikan sebuah produk saja akan tetapi juga mencapai target penjualan yang sudah ditetapkan oleh setiap perusahaan. Tidak heran jika mereka perlu memiliki skill terbaik dalam menjalankan pekerjaan ini.

SPG perlu menjelaskan keuntungan dan keunggulan produk agar para pelanggan lebih tertarik untuk membelinya. Tentu hal ini sangat penting agar lebih mudah dalam memenuhi target penjualan produk di setiap harinya sesuai dengan ketentuan perusahaan itu sendiri.

Skill yang Perlu Dikuasai SPG

Setelah memahami tugas maupun tanggung jawabnya, kini saatnya Anda mengetahui apa saja skill atau kemampuan yang perlu SPG kuasai. Terutama saat mereka terjun di lapangan untuk mempromosikan sebuah produk. Di bawah ini selengkapnya:

1. Performa

Keahlian yang perlu SPG kuasai pertama adalah soal performa. Hal ini berarti kemampuan pembawaan seseorang. Seorang sales promotion girl perlu memiliki pembawaan bagus. Pasalnya mereka akan berhadapan langsung dengan para konsumen nantinya.

Mereka perlu memiliki penampilan fisik yang menarik. Selain itu, setiap SPG juga harus mengenakan pakaian dan hal lainnya yang menarik. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk memberikan daya tarik tersendiri bagi setiap pelanggan.

2. Bahasa Tubuh

Setiap SPG juga perlu memiliki bahasa tubuh yang bagus. Terutama apabila mereka ingin menawarkan produknya secara langsung terhadap para pelanggan. Mereka harus memiliki bahasa tubuh yang baik mulai dari cara mendekati konsumen, berbicara, dan menawarkan produk kepada pelanggan.

Semua hal yang berkaitan dengan bahasa tubuh tersebut perlu SPG perhatikan. Apabila ketika training mereka dapat memenuhi kriteria tersebut maka tentu saja sales promotion girl dapat lebih mudah menarik pengunjung dan menciptakan persepsi yang bagus pada produk dan brandnya.

3. Komunikasi

Seorang SPG juga perlu memiliki kemampuan yang efektif dan baik. Komunikasi efektif tersebut merupakan cara terbaik untuk membangun hubungan dan kepercayaan kepada para calon konsumen nantinya. Tentu semakin mudah bagi mereka dalam menjual sebuah produk nantinya.

Selain itu, para pelanggan juga semakin puas dan nyaman apabila ingin membeli produknya. Hal tersebut nantinya cukup efektif dalam meningkatkan jumlah penjualan. Oleh karena itu, seorang SPG perlu memiliki komunikasi yang baik agar pelanggan betah mendapatkan informasi tentang produk dan tertarik membelinya.

4. Keterampilan Presentasi

SPG juga perlu memiliki keterampilan dalam melakukan presentasi produk. Tidak heran jika mereka harus membuat presentasi semenarik mungkin tentang produk maupun layanan yang ingin ditawarkan. Hal ini juga erat kaitannya dengan kemampuan berkomunikasi.

Terlebih, dengan adanya keterampilan presentasi yang baik pastinya akan sangat membantu mereka dalam menarik perhatian para konsumen. Selain itu, akan lebih mudah pula dalam meningkatkan penjualan karena presentasi tersebut disukai oleh para pelanggan.

5. Kemampuan Pengetahuan Produk

Seorang SPG tentu perlu menguasai pengetahuan tentang produk mereka masing-masing. Dengan begitu, SPG dapat memberikan solusi sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan tersebut mengenai produk yang dijual atau dipromosikan itu sendiri. Tentu hal ini akan menarik perhatian para konsumen.

Dengan memiliki pemahaman yang baik, maka SPG lebih mudah dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan mereka terhadap produk. Selain itu, semakin efektif pula bagi pereka untuk menjalin hubungan secara positif sehingga lebih mudah dalam meningkatkan angka penjualan produknya.

6. Kemampuan Menjual

Saat seseorang bekerja sebagai SPG, maka mereka juga perlu memiliki kemampuan untuk menjual sebuah produk. Hal ini dapat diawali dengan memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan agar dapat memberikan solusi terbaik. Tentu semakin mudah dan efektif untuk mendapatkan penjualan produk.

Oleh sebab itu, setiap SPG perlu memperhatikan calon pelanggan mereka saat sedang berkomunikasi. Kemudian dengarkan dengan baik apa saja kebutuhan yang mereka ungkapkan. Kemudian berikan solusinya berdasarkan produk yang ingin dipromosikan.

7. Bekerja dalam Tim

Seorang SPG juga perlu memiliki kemampuan bekerja dalam sebuah tim. Yakni terhadap beberapa tim lainnya seperti rekan kerja, supervisor, dan sebagainya. Terutama dalam melakukan pemasaran sebuah produk agar semakin dipercaya oleh para pelanggan nantinya.

Mereka perlu memiliki kemampuan untuk bekerja sama satu dengan lain dan berkolaborasi dengan sebaik mungkin. Tentu saja hal ini akan membantu tim melaksanakan tugasnya secara efektif. Hal tersebut tidak lain agar dapat mencapai tujuan bersama yang sudah ditentukan. Termasuk memenuhi target penjualan produknya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai profesi dan gaji sales promotion girl yang bisa Anda ketahui. Pekerjaan ini sangat cocok bagi seseorang jika memang mereka menyukai dunia marketing atau pemasaran. Terlebih pekerjaan ini mengharuskan seseorang untuk berinteraksi langsung dengan banyak konsumen.