Gaji Artis, Keahlian, Tugas, dan Kepribadiannya

Gaji Artis

Jika membahas seputar dunia perfilman dan pertelevisian tentu tidak lepas dari gaji artis. Terlebih kebanyakan dari mereka memiliki gaya hidup yang glamour sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Terlebih ada banyak aktor maupun aktris yang sukses berawal dari dunia hiburan tersebut.

Mengenal Profesi Artis di Tanah Air

Saat menonton televisi, Anda tentu sudah tidak asing dengan para pemerannya. Nantinya akan ada artis yang memerankan tokoh utama sehingga cerita tersebut sangat menarik untuk ditonton. Lantas, seperti apa profesi artis tersebut? Sebelum mengetahui gaji artis, simak informasi selengkapnya di bawah ini:

Baca juga : Gaji Teknisi Pesawat

1. Pengertian Artis

Artis merupakan pemeran film yang merealisasikan skenario berdasarkan arahan produsen agar nantinya dapat ditampilkan kepada khalayak ramai. Mereka juga perlu meyakinkan penonton tentang apa yang ingin disampaikan sehingga pesan yang disampaikan dari sutradara dapat dipahami oleh penonton.

Hal tersebut perlu artis wujudkan dalam bentuk penghayatan dan keseriusan dalam bermain peran. Terlebih ada banyak kemampuan yang perlu artis kuasai agar mereka dapat memerankan tokoh utamanya. Mereka juga perlu memiliki komunikasi yang baik dan mampu bekerja sama dengan artis lainnya.

2. Pendidikan Artis

Apabila Anda tertarik untuk menjadi seorang artis, maka dapat menempuh gelar sarjana di bidang tertentu. Seperti Ilmu Komunikasi, Televisi dan Film, Sastra Indonesia, atau jurusan lainnya yang memang cukup relevan. Akan tetapi, tidak sedikit dari mereka yang hanya lulusan dari SMK atau SMK saja.

Untuk jurusan Televisi dan Film sendiri termasuk banyak peminatnya. Nantinya seseorang akan belajar mengenai teknik-teknik dalam pembuatan film hingga program siaran TV. Selain itu, mereka juga akan belajar tentang pembuatan story board, menulis skrip, sutradara, tata kamera, dan lain sebagainya.

3. Prospek Kerja Artis

Prospek kerja artis juga terbilang selalu terbuka setiap saja. Hal ini karena industri perfilman dan pertelevisian yang ada di tanah air selalu mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Terlebih jumlah layar bioskop juga semakin banyak. Begitu pula dengan jumlah penonton yang semakin meningkat.

Tidak heran jika potensi industri film dan TV di Indonesia akan semakin mengalami peningkatan. Hal ini juga didukung dengan investasi dan infrastruktur memadai di bidang tersebut. Nantinya, seorang artis memiliki peran penting dalam film terutama dalam menyampaikan ekspresi dan gerak tubuhnya.

4. Tempat Kerja Artis

Sebagian dari Anda mungkin masih kebingungan dimanakah tempat kerja aktor maupun aktris tanah air. Tentu saja mereka akan bekerja di industri pertelevisian atau perfilman. Mereka bahkan dapat bekerja secara independen. Beberapa artis juga dapat bergabung di manajemen artis.

Dengan begitu, akan lebih mudah bagi mereka bekerja sama dengan Production House untuk memproduksi filmnya. Terlebih artis juga memiliki peran penting dalam sebuah film. Agar tokoh dari film tersebut dapat diperankan dengan baik. Selain itu, mereka juga perlu berakting berdasarkan arahan sutradara.

5. Jam Kerja Artis

Pahami bahwa jam kerja artis sangat dipengaruhi oleh kualitas atau kinerja pekerjaannya sendiri. Umumnya mereka dapat bekerja hingga 14-20 jam setiap harinya. Tidak heran jika pekerjaan ini memerlukan aktivitas fisik yang cukup berat.

Selain itu, seseorang juga perlu memiliki kesehatan baik secara fisik maupun rohani. Mengingat proses shooting nantinya dapat dilakukan hingga berkali-kali. Terlebih jika menurut sutradara peran yang artis lakukan tersebut masih kurang bagus sehingga perlu melakukan adegannya lagi.

6. Jenjang Karir Artis

Sebelum mengetahui gaji artis, penting bagi Anda untuk memahami seperti apa jenjang karir profesi tersebut. Umumnya, seorang aktor atau aktris akan memulai karir mereka dari seorang amatir. Hingga akhirnya berhasil menjadi artis yang lebih senior di dunia perfilman dan pertelevisian tanah air.

Jika mereka masih termasuk sebagai artis yang baru saja mengawali karirnya, maka perlu melakukan casting atau audisi. Agar nantinya berhasil mendapatkan peran tertentu dalam sebuah film. Tidak heran jika seorang artis perlu mengawali karirnya dari awal hingga menjadi pemeran yang profesional di bidangnya.

Berapakah Nominal Gaji Artis?

Setiap artis yang bekerja nantinya akan dibayarkan melalui sistem honor untuk setiap episode. Hal ini berarti tidak lagi menggunakan istilah gaji artis yang diperoleh per bulan seperti pekerjaan atau profesi lainnya. Terlebih honor tersebut juga tergantung dengan jam terbang mereka masing-masing.

Jika masih termasuk sebagai pendatang awal, maka upah mereka hanya berkisar antara puluhan hingga ratusan ribu saja. Kemudian apabila mereka sudah naik daun atau populer maka honornya semakin meningkat. Untuk gaji artis di Indonesia sendiri cukup beragam.

Akan tetapi umumnya mulai dari Rp 500.000 sampai dengan Rp 300.000.000 per episode. Terlebih saat ini di Indonesia juga sudah ada banyak artis dengan bayaran cukup mahal. Sebut saja Raffi Ahmad yang honornya dapat mencapai Rp 75.000.000 sampai Rp 200.000.000.

Keahlian dan Keterampilan yang Perlu Dimiliki

Seorang artis pada dasarnya tidak hanya perlu memiliki penampilan yang menarik saja mengingat gaji artis terbilang cukup besar di tanah air. Tentu ada banyak keahlian maupun keterampilan perlu mereka miliki. Agar lebih jelas, simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

1. Keahlian tentang Emosi

Seorang artis perlu memiliki kekuatan emosi yang begitu bagus. Mereka bahkan perlu membangunnya dengan baik untuk dapat menunjukkan kualitas perannya.Terlebih beberapa tokoh tentunya perlu menampilkan emosi tertentu sesuai dengan adegan yang diperlukan.

Agar menghasilkan pertunjukan yang bagus dan profesional, maka mereka perlu menguasai penampilan emosi. Dengan begitu, akan semakin mudah dalam meyakinkan para penonton dalam memahami adegan yang mereka perankan sesuai arahan dari sutradaranya.

2. Penampilan Fisik

Seseorang yang berprofesi sebagai artis tentunya perlu memiliki penampilan fisik yang terjaga. Hal ini berarti tidak hanya dapat berpenampilan menarik saja. Akan tetapi mereka juga perlu memiliki gestur yang bagus. Tentu dapat menunjang kualitas aktor atau aktris itu sendiri secara fisik.

Mereka juga perlu memiliki attitude atau watak yang berkualitas untuk menunjang perannya masing-masing. Terlebih setiap artis tentunya dituntut untuk mampu memainkan banyak peran. Tentu hal ini memerlukan keahlian tersendiri terutama dalam hal gestur tubuhnya.

3. Keahlian Sandiwara

Artis juga perlu memiliki keahlian sandiwara yang baik. Terlebih mereka akan berperan untuk memainkan tokoh sesuai karakternya masing-masing. Tentu sangat penting bagi artis untuk percaya diri dalam memainkan peran tersebut. Mereka perlu bersandiwara sebaik mungkin sesuai karakter perannya.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengekspresikan diri melalui mimik wajah, ekspresi, ataupun intonasi bicara. Tentu perlu menyesuaikannya dengan karakter masing-masing. Mereka harus menjadi karakter sesuai arahan sutradara bukan diri mereka sendiri.

4. Keahlian Komunikasi

Seorang artis juga perlu pandai dalam menampilkan kata-kata dalam sebuah dialog. Terlebih mereka juga perlu mengontrol ucapan dengan baik agar sesuai dengan apa yang diperlukan di dalam naskahnya. Hal ini sangat penting agar penyampaian kata-kata tersebut mudah dipahami para penonton.

Tidak heran jika setiap artis perlu memiliki komunikasi yang bagus. Mereka juga perlu mengontrol pengucapan dialog dengan baik, mengatur intonasi, dan sebagainya agar dapat menunjang sebuah adegan yang diperlukan sesuai dengan naskahnya.

5. Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Saat menjalankan shooting di lapangan bisa saja mereka mengalami beberapa masalah. Tidak heran jika seorang artis perlu memiliki kemampuan dalam hal problem solving yang baik. Mereka perlu memahami apa saja masalah yang rumit ataupun sederhana kemudian mampu menyelesaikannya dengan baik.

Seorang artis juga perlu menyesuaikan tindakan yang mereka lakukan dengan orang lain. Mereka juga perlu mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Termasuk rekan kerja lainnya yakni sesama artis baik itu senior maupun junior agar lebih optimal dalam memainkan perannya masing-masing.

Tugas dan Tanggung Jawab Artis

Setelah memahami profesi dan gaji artis, tentu kurang lengkap rasanya apabila Anda masih belum memahami apa saja tugas dan tanggung jawabnya. Terlebih pastinya ada banyak orang yang ingin menjadi seorang artis terkenal di tanah air. Di bawah ini penjelasan lebih lengkapnya:

1. Bekerja sama dengan Sutradara

Seorang artis penting untuk bekerja sama dengan sutradara. Seorang sutradara nantinya akan mengarahkan adegan yang perlu mereka lalukan. Dengan arahan tersebut seorang artis mampu mendalami peran mereka sesuai kriteria atau karakter peran yang ada di dalam naskah.

Tanpa adanya sutradara, tentu saja artis tidak dapat melakukan evaluasi mengenai akting yang sudah mereka lakukan. Selain bekerja sama dengan sutradara, mereka juga perlu bekerja sama dengan komponen lainnya. Baik itu penulis naskah, rumah produksi, dan sebagainya sesuai kebutuhan di lokasi shooting.

2. Bekerja sama dengan Artis Lain

Artis juga perlu bekerja sama dengan sesama artis lainnya. Terlebih saat memerankan sebuah karakter tentu saja mereka tidak akan sendirian. Masih ada pemeran utama lainnya sehingga perlu menjalin hubungan yang baik terhadap mereka.

Seorang artis juga harus pandai beradaptasi dengan pemain baru. Baik itu artis-artis senior ataupun pendatang baru. Dengan begitu, penting bagi mereka untuk menjalin hubungan dengan baik. Tentu saja lebih mudah dalam memainkan beran nantinya.

3. Mempelajari Naskah

Tugas lainnya yakni mempelajari naskah terutama tentang karakter atau tokoh yang hendak mereka perankan. Selain itu, untuk kebutuhan lainnya mereka juga perlu memahami peran lain di dalam naskah. Tidak heran jika seorang artis perlu memiliki keahlian tersendiri dalam membawakan peran tersebut.

Mereka juga perlu melatih perannya sesuai naskah yang sudah ditentukan. Nantinya, peran tersebut akan dilihat dan dievaluasi oleh sutradara. Apakah nantinya sudah bagus atau masih kurang sesuai dengan naskah sehingga perlu memerankannya kembali.

4. Melakukan Riset

Artis juga memiliki tugas untuk melakukan riset terhadap peran yang ingin mereka mainkan nantinya. Hal ini sangat penting agar mereka semakin berhasil dalam membawakan peran tersebut. Terlebih setiap peran tentunya memiliki ciri khas dan karakter berbeda-beda satu dengan lainnya.

Dengan melakukan riset terlebih dahulu, maka semakin mudah bagi mereka untuk mendukung dan memainkan peran tersebut. Seorang artis juga perlu mempelajari apa saja karakter yang menjadi acuan dari peran tersebut sehingga perannya benar-benar dirasakan oleh para penonton.

5. Menghafalkan Dialog

Setelah mempelajari naskah lalu melakukan riset, maka seorang artis perlu menghafalkan dialog mereka. Tidak heran jika profesi ini memerlukan daya ingat yang cukup baik. Selain itu, mereka juga perlu memiliki kemampuan komunikasi bagus agar bisa mengucapkan dialog dengan lancar.

Mereka perlu menghafalkan dialog kemudian mengucapkannya tanpa membaca naskah sama sekali. Dialog ini nantinya juga akan diarahkan oleh sutradara. Selain itu, dalam mengucapkan dialog tersebut tentu perlu melakukan ekspresi terbaik sesuai karakter dengan intonasi yang sesuai.

6. Mengubah Penampilan Fisik

Seseorang yang ingin berprofesi menjadi artis maka tentu mereka perlu memahami apa saja risikonya. Pasalnya, terkadang perlu mengubah penampilan fisik mereka. Mulai dari berat badan, warna rambut, warna kulit, penampilan, dan masih banyak lagi lainnya.

Tentu mereka perlu melakukan pengubahan fisik tersebut sesuai dengan karakter yang diperankan nantinya. Hal ini berarti seorang artis perlu menyetujui tentang perubahan yang mereka lakukan demi profesionalitas di dunia kerja untuk menghibur para penonton nantinya.

7. Membawakan Peran dengan Baik

Artis juga perlu membawakan peran dengan sebaik mungkin. Terlebih, profesi ini juga mengharuskan seseorang untuk tidak hanya memerankan satu peran saja. Pasalnya, jika satu film sudah selesai maka tentu mereka perlu memproduksi film lainnya dengan peran berbeda.

Tidak heran jika penting bagi seorang artis untuk membawakan setiap peran dengan baik. Selain itu, mereka juga perlu meyakinkan setiap penonton dalam pembawaan peran tersebut. Agar nantinya dapat terhanyut dan dapat menghayati jalan cerita. Tentunya artis perlu memiliki kemampuan akting dalam hal ini.

Kepribadian yang Diperlukan Artis

Selain memiliki tugas dan tanggung jawab, seorang artis juga perlu memiliki kepribadian tertentu. Mengingat pekerjaan mereka akan berhadapan dengan banyak orang yang terlibat di rumah produksi nantinya. Oleh karena itu, ketahui selengkapnya pada penjelasan di bawah ini:

1. Aktif Mendengarkan

Wajib bagi setiap artis baik itu pemula maupun senior untuk aktif mendengarkan. Mereka perlu memiliki perhatian penuh pada perkataan orang lain. Baik itu artis lainnya, sutradara, dan sebagainya. Agar mereka bisa bekerja sama di dalam proses produksi film tersebut dengan sebaik mungkin.

Mereka juga perlu menyisihkan waktu untuk memahami apa saja poin yang mereka sampaikan. Tidak ada salahnya juga bagi artis untuk mengajukan sebuah pertanyaan jika terdapat hal-hal kurang jelas. Selain itu, penting juga agar tidak menyela pembicaraan saat waktu kurang tepat untuk bertanya atau menyampaikan pendapat.

2. Persuasi

Seorang artis juga perlu memiliki persuasi. Yakni kemampuan dalam membujuk orang lain agar mengubah pikiran dan perilaku mereka. Terlebih jika hal tersebut memang diperlukan dalam dunia akting agar peran dapat tersampaikan dengan sebaik mungkin.

Selain itu, artis juga perlu berbicara dengan baik kepada orang lain. Agar mereka dapat menyampaikan informasi secara efektif sesuai kebutuhan. Tentu saja hal ini menjadi bukti bahwa artis memang perlu memiliki kemampuan dan kepribadian yang cukup kompleks.

3. Dapat Belajar Hal Baru

Setiap artis juga perlu memiliki kesenangan untuk dapat belajar hal-hal baru. Mereka juga perlu belajar untuk mengambil keputusan jika terdapat masalah. Terlebih pekerjaan artis umumnya akan dilakukan di lapangan secara langsung. Kemudian berhadapan dengan para artis lainnya.

Tentu perlu waktu bagi mereka untuk belajar banyak hal dan beradaptasi. Tentunya sangat penting untuk memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Mereka perlu mudah bergaul dengan artis-artis lainnya agar bisa menciptakan hubungan baik terutama dalam mendukung perannya.

Itu tadi informasi lengkap mengenai profesi dan gaji artis yang ada di tanah air. Untuk menjadi seorang artis sendiri bukan hal yang mudah. Kebanyakan dari mereka akan mengawalinya dengan masuk ke manajemen artis dalam sebuah audisi. Beberapa juga mengawali karir mereka menjadi foto model.