7+ Pesona Alam Di Sekitar Ranu Bedali Lumajang

Ranu Bedali

Wisata alam Ranu Bedali adalah salah satu destinasi yang tidak boleh Anda lewatkan jika berkunjung ke Lumajang. Kawasan ini menyimpan banyak keindahan alam yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Terdapat jajaran pegunungan, hamparan rumput hijau, dan deretan pepohonan yang akan menambah kesejukan di danau ini.

Informasi Umum Ranu Bedali

Informasi Umum Ranu Bedali
Source: https://cdn2.tstatic.net/tribunnewswiki/foto/bank/images/Ranu-Bedali.jpg

Ranu Bedali adalah salah satu destinasi wisata alam berupa danau yang terletak di Kota Lumajang. Tempatnya berada di ketinggian 700 mdpl, luasnya sendiri mencapai 25 hektar dengan kedalaman danau sekitar 28 meter. Saat berkunjung kesini, Anda dapat melihat pemandangan alam yang indah.

Pepohonan hijau dan padang rumput di sekitarnya membuat suasana terlihat segar serta sejuk. Selain keindahan danaunya, di sekitar kawasan danau Bedali, terdapat air terjun yang tak kalah cantiknya. Air terjun tersebut memiliki air yang deras dan jernih. Air terjun ini menjadi tempat healing terbaik saat berkunjung ke Bedali.

Sedangkan untuk akses menuju danau sudah cukup banyak. Jadi, Anda tidak perlu lagi melalui jalur trekking yang berbahaya. Selain itu, di sini juga tersedia camping area yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan lebih lama bersama keluarga atau teman sambil menikmati panorama alam di sekitarnya.

Jam Buka Ranu Bedali

Jam Buka Ranu Bedali
Source: https://media.suara.com/pictures/970×544/2019/08/07/40119-instagram-ach-nizam.jpg

Untuk bisa mengunjungi destinasi wisata alam ini, Anda tidak perlu terburu-buru menentukan jadwal kunjungan, karena tempatnya buka selama 24 jam setiap harinya. Jadi, pengunjung akan lebih mudah jika ingin berkunjung di hari aktif sekalipun. Selain itu, tidak ada kegiatan lain yang akan terganggu.

Meskipun begitu, kebanyakan pengunjung melakukan kunjungan di pagi dan sore hari. Di pagi hari, mereka bisa melihat keindahan matahari terbit yang berada di sela-sela pegunungan serta menikmati hawa sejuk yang akan membuat pikiran menjadi lebih segar, sehingga bersemangat beraktivitas.

Sedangkan di sore hari, pengunjung bisa melihat keindahan sunset dan cuacanya juga tidak terlalu terik. Anda dapat menikmati waktu sore tersebut sambil berbincang hangat bersama keluarga di bawah langit senja. Tentu ini akan membuat waktu liburan terasa lebih menyenangkan serta tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk Ranu Bedali

Harga Tiket Masuk Ranu Bedali
Source: https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2021/02/04/dev-ranu-bedali-saingannya-ranu-kumbolo-di-semeru-2.jpeg?w=600&q=90

Setiap tempat wisata memiliki HTM berbeda-beda, sama halnya jika Anda berkunjung ke Ranu Bedali. Besaran tiket masuk yang harus pengunjung bayar yakni Rp5.000/orang. Sedangkan kalau membawa kendaraan, wisatawan perlu membayar biaya retribusi parkir.

Parkir motor sebesar Rp3.000, sedangkan mobil Rp5.000. Dengan HTM tersebut, Anda sudah bisa menikmati keindahan tempat wisata alam ini. Sekarang, tidak perlu bingung lagi jika ingin menghabiskan waktu liburan bersama seluruh anggota keluarga tanpa harus mengeluarkan banyak dana.

Fasilitas di Ranu Bedali

Fasilitas di Ranu Bedali
Source: https://memontum.com/wp-content/uploads/2020/07/Ranu-Bedali-Ranuyoso-Salah-Satu-Danau-Indah-di-Lumajang.jpg

Walaupun merupakan wisata alam, danau Bedali menyediakan beberapa fasilitas yang sangat memadai untuk menunjang kegiatan pengunjung selama berada di sini. Fasilitas-fasilitas tersebut berupa area parkir kendaraan yang cukup luas untuk menampung kendaraan wisatawan, warung wisata, dan toilet.

Selain itu, bagi mereka yang hendak menghabiskan waktu lebih lama di kawasan danau ini, di sini terdapat camping area. Sebelum berkunjung, pastikan sudah membawa tenda agar tidak kesulitan nanti jika ingin melakukan kegiatan berkemah bersama keluarga atau teman.

Tidak hanya itu, di sini juga terdapat café yang dapat memenuhi kebutuhan pengunjung berkaitan dengan makanan dan minuman. Sebelum itu, jangan lupa untuk membawa kebutuhan pribadi, seperti obat-obatan, serta lainnya.

Pesona Ranu Bedali

Pesona Ranu Bedali
Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/Ranu-Bedali-Lumajang.jpg

Pesona alam di kawasan wisata Ranu Bedali ini tentu tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, tak sedikit pengunjung menjadikannya tempat untuk menghabiskan waktu sendiri serta merelaksasikan pikiran sejenak agar pikiran kembali segar dan siap beraktivitas kembali. Berikut informasi mengenai pesona itu!

1. Keindahan Alam Ranu Bedali

Pesona pertama yang bisa Anda nikmati saat sampai ke kawasan Ranu Bedali adalah panorama pemandangan di sekitarnya. Tempat ini menyimpan keindahan yang sangat menakjubkan dengan hawa sejuk yang ikut membuat pikiran dan tubuh terasa lebih nyaman.

Di sini, terdapat pemandangan pegunungan yang cantik dan hamparan air hijau di danau. Jika berkunjung kesini, Anda bisa sejenak melepas rasa lelah serta melupakan hari-hari berat yang membuat pikiran penuh. Selain itu, tempat ini juga cocok menjadi destinasi wisata unggulan bersama keluarga.

2. Air Terjun

Berbeda dengan danau lain yang ada di sekitarnya, satu-satunya yang memiliki air terjun hanya Bedali. Pemandangan danau yang mengesankan ditambah dengan derasnya gemericik air yang jatuh dari atas tebing membuat suasana seperti sedang berada di dunia peri menjadi lebih nyata.

Namun, untuk bisa ke air terjun ini, Anda harus melanjutkan perjalanan yang cukup menantang karena belum banyak pengunjung yang datang. Jadi, harus memastikan kalau keadaan tubuh sedang fit saat berkunjung nanti.. Tenang saja, lokasinya tidak terlalu jauh dengan danau. Di sini, kondisi airnya juga deras, besar, dan jernih.

3. Spot Foto Menakjubkan

Liburan tanpa mengambil gambar di spot keren tentu akan terasa kurang. Jika berkunjung ke Ranu Bedali, Anda bisa berfoto di spot menakjubkan dengan latar belakang pemandangan pegunungan dan danau yang cantik. Di sini juga terdapat berbagai fasilitas yang akan siap membuat hasil gambar terlihat estetik.

Selain itu, karena asrinya tempat ini, membuat setiap sudut dari kawasan wisata cocok untuk Anda jadikan sebagai latar belakang pada foto. Oleh karena itu, jika ingin mengambil banyak gambar, pastikan membawa kamera yang dayanya sudah terisi penuh agar tidak terjadi kendala nantinya.

Alamat Menuju Ranu Bedali

Sebelum berkunjung, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu alamat dari destinasi wisata tersebut agar tidak terjadi kendala selama perjalanan nantinya. Ranu Bedali sendiri berada di Dusun Jatian, Desa Ranu Bedali, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat untuk mengunjungi tempat wisata ini karena akses jalannya juga sudah cukup bagus. Namun, sebelum itu tetap pastikan kondisi kendaraan agar tetap prima supaya perjalanan berjalan lancar tanpa adanya masalah yang timbul.

Rute Menuju Ranu Bedali

Rute Menuju Ranu Bedali
Source: https://goo.gl/maps/QGSDFnnxQfyjmvcA9

Bagi wisatawan yang berasal dari luar Kota Lumajang, pastinya masih tidak terlalu familiar dengan seluk beluk jalanan Lumajang. Oleh karena itu, pengunjung dapat menggunakan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone atau fitur GPS di dashboard mobil.

Cara kerja keduanya sama, yakni Anda hanya perlu menentukan tujuannya saja. Nantinya secara otomatis aplikasi dan fitur tersebut akan menunjukkan secara lengkap mengenai rutenya. Jadi, pengguna hanya perlu mengikuti arah panah hingga sampai ke tujuan.

Jika Anda bergerak dari pusat Kota Lumajang menuju tempat wisata ini, jarak tempuhnya adalah 30.7 km dengan waktu tempuh sekitar 50 menit melalui Jl. Merdeka Bodang dan Jl. Probolinggo – Wonorejo. Estimasi waktu tersebut berbeda-beda sesuai dengan kecepatan berkendara serta kondisi jalannya.

Itu tadi informasi berkaitan dengan pesona wisata alam Ranu Bedali yang bisa Anda jadikan sebagai tempat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman. Semoga artikel di atas dapat memberi gambaran secara detail kepada pembaca mengenai topik pembahasannya.