7+ Keindahan Ranu Pani di Lereng Semeru Lumajang

Ranu Pani

Lumajang memang surganya destinasi wisata alam yang masih terjaga keasriannya, salah satunya yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di kota ini adalah berkunjung ke Ranu Pani. Panorama pegunungan, keindahan danau, hingga sejuknya udara di sekitarnya akan membuat pikiran kembali segar.

Informasi Umum Ranu Pani

Informasi Umum Ranu Pani
Source: https://rimbakita.com/wp-content/uploads/2020/03/desa-ranu-pani.jpg

Ranu Pani adalah salah satu danau yang letaknya berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tepatnya berlokasi di desa terakhir bernama Ranu Pani dan seringkali menjadi pos pemberhentian bagi para pendaki yang ingin melakukan pendakian ke Mahameru serta Semeru.

Ketinggian danau ini berada di 2.100 mdpl dengan suhu yang cukup ekstrim bisa mencapai minus 4 derajat Celcius. Jadi, tak heran jika berkunjung kesini, Anda bisa melihat banyak pengunjung memakai pakaian hangat untuk melindungi kulit mereka dari hawa dingin yang menusuk hingga ke tulang.

Selain itu, pemandangan di danau ini juga sangat cantik karena ada banyak bunga-bunga bermekaran indah. Suku asli yang mendiami kawasan ini adalah Suku Tengger. Walaupun berada di lereng Gunung Semeru, tempat ini tidak pernah terkena hembusan abu vulkanik dari aktivitas aktif gunung tersebut.

Jam Buka Ranu Pani

Jam Buka Ranu Pani
Source: https://www.nativeindonesia.com/foto/ranu-pani/Pos-Terkahir-Menuju-Mahameru.jpg

Biasanya, setiap tempat wisata memiliki jam buka yang berbeda-beda, sehingga sulit bagi pengunjung menentukan jadwal kunjungan agar tidak bentrok dengan kegiatan mereka sehari-harinya. Beda halnya jika berkunjung ke Ranu Pani, karena termasuk ke dalam wisata alam, Anda bisa berkunjung kapanpun.

Tempat ini buka selama 24 jam setiap harinya. Jadi, sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat healing atau sejenak menghilangkan rasa penat setelah beraktivitas panjang setiap harinya. Selain itu, destinasi wisata ini juga bagus bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Harga Tiket Masuk Ranu Pani

Harga Tiket Masuk Ranu Pani
Source: https://www.agentwisatabromo.com/wp-content/uploads/2015/09/Ranu-Pane-Danau-Di-Kaki-Gunung-Semeru-2.jpg

Sebelum liburan, Anda harus menyiapkan budget atau dana untuk membayar biaya tiket masuk ke tempat wisata. Sama halnya jika ingin pergi liburan ke danau yang terletak di Lumajang ini. Supaya bisa menikmati keindahan alam di sekitarnya, wisatawan harus membayar biaya sekitar Rp19.000/orang.

Besaran harga tiket tersebut bisa berubah-ubah tergantung ketentuan dari pengelola. Dengan harga itu, Anda sudah bisa melihat keelokan alam di sekitar Ranu Pani. Mungkin wisatawan juga perlu membayar biaya retribusi parkir kendaraan di lahan parkir yang sudah tersedia.

Sebelum berkunjung, pastikan kondisi badan dalam keadaan fit agar tidak terkendala saat melakukan aktivitas di kawasan wisata ini.

Fasilitas di Ranu Pani

Fasilitas di Ranu Pani
Source: https://img.jatimpos.id/img/content/2019/09/08/7349/objek-wisata-ranu-pani-akan-dioptimalkan-Iwle81seqm.jpg

Walaupun merupakan tempat wisata alam, namun Ranu Pani sudah menyediakan fasilitas yang sangat memadai bagi para pengunjungnya. Jadi, Anda tidak perlu jauh-jauh untuk memenuhi kebutuhan selama berlibur di kawasan wisata ini. Adapun beberapa fasilitas tersebut seperti area parkir, homestay, dll.

Selain itu, di sini juga terdapat warung-warung makanan dan minuman, tempat penyewaan alat camping, hingga pemandu yang akan membantu Anda mendaki Mahameru. Semua fasilitas tersebut tentunya sangat membantu pengunjung, terutama mereka yang baru melakukan kunjungan ke tempat ini.

Selain itu, pastikan untuk membawa kebutuhan pribadi seperti obat-obatan, jaket, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga membawa kamera yang sudah terisi penuh dayanya supaya bisa menangkap gambar lebih banyak tanpa khawatir kehabisan daya nantinya.

Kegiatan di Ranu Pani

Kegiatan di Ranu Pani
Source: https://nahwatravel.co.id/wp-content/uploads/2022/04/Wisatawan-berkemah-di-pinggir-Ranupani.jpg

Tidak hanya ada satu kegiatan yang bisa Anda lakukan di Ranu Pani untuk membuat liburan terasa lebih menyenangkan, seru, dan tentunya tak terlupakan. Beberapa aktivitas tersebut, seperti camping, bersantai sambil menikmati keindahan alam, hingga mengunjungi desa. Berikut lebih jelasnya!

1. Camping

Bagi Anda yang suka melakukan kegiatan camping, danau ini cocok untuk dijadikan sebagai destinasi menghabiskan waktu liburan sambil berkemah. Wisatawan dapat bermalam di kawasan ini sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya. Saat pagi hari, mereka bisa melihat panorama sunrise yang cantik.

Jika Anda tidak memiliki perlengkapan untuk membangun tenda camping, tenang saja karena disini sudah tersedia penyewaan peralatan camping. Jadi, tidak perlu repot-repot membawa dari rumah. Tetapi, bagi wisatawan yang tidak tahan akan udara dingin, lebih baik mengurungkan niat bercamping di sini.

2. Menikmati Keindahan Alam

Kegiatan yang pastinya akan pengunjung lakukan di sini adalah menikmati keindahan alam di sekitarnya. Udara di tempat ini juga cukup sejuk, jadi sangat disarankan bagi pengunjung untuk memakai jaket tebal agar lebih nyaman beraktivitas. Apalagi jika ingin berada dekat di sekitar Ranu Pani.

Saking  dinginnya kawasan danau ini, airnya pernah membeku ketika Indonesia dilanda cuaca yang ekstrim hingga suhunya mencapai minus 4 derajat Celcius. Selain itu, pemandangan indah di sekitarnya juga bisa Anda jadikan sebagai latar belakang dalam pengambilan gambar, pasti hasilnya lebih estetik.

3. Mengunjungi Desa Terakhir

Kegiatan berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengunjungi desa terakhir. Mayoritas dari penduduk yang tinggal di kawasan danau adalah Suku Tengger. Di sini, terdapat lebih dari 1.200 penduduk yang dulunya tempat itu menjadi pelarian Majapahit, sehingga masih sangat kental sejarah dan budayanya.

Desa ini biasanya akan menjadi pos terakhir bagi mereka yang melakukan pendakian sebelum melanjutkan perjalanan ke Mahameru. Sedangkan mata pencaharian kebanyakan penduduk di tempat ini adalah petani sayuran, seperti wortel, kubis, kentang, hingga bawang prei.

Alamat Menuju Ranu Pani

Informasi selanjutnya yang perlu Anda ketahui berkaitan dengan tempat wisata ini adalah alamat lengkapnya. Apalagi bagi pengunjung yang berasal dari luar kota yang belum terlalu paham mengenai seluk beluk jalan di Lumajang. Ranu Pani sendiri terletak di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Akses menuju tempat ini cukup mudah bagi wisatawan, namun sebelum berkendara atau memulai perjalanan, pastikan untuk melakukan pengecekan pada kondisi kendaraan agar tetap prima. Mengingat jalurnya cukup berkelok. Jadi, harus ekstra hati-hati.

Rute Menuju Ranu Pani

Rute Menuju Ranu Pani
Source: https://goo.gl/maps/JASVvjqXzaKWjcDE8

Seperti yang sudah Anda ketahui, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat dan bisa memanfaatkan transportasi umum yaitu Tumpang Arjosari dengan jurusan Terminal Arjosari – Pasar Tumpang. Setelah sampai, lanjutkan perjalanan menggunakan jeep atau ojek.

Jeep akan mengantarkan Anda langsung ke Ranu Pani dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Jadi, tidak perlu repot-repot menggunakan ojek, apalagi pengendara jeep sudah pasti tahu seluk beluk jalan menuju kawasan wisata danau tersebut.

Namun, jika tetap ingin menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa memanfaatkan keberadaan aplikasi Google Maps yang akan membantu menunjukkan rute lengkap menuju tempat wisata tersebut. Cara kerjanya yakni dengan menentukan tujuan perjalanan, nantinya aplikasi akan menunjukkan rute menggunakan arah panahnya.

Itu tadi informasi berkaitan dengan pesona wisata alam Ranu Pani yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi untuk menghabiskan waktu liburan dan sejenak menghilangkan rasa penat setelah melakukan aktivitas padat sehari-harinya. Semoga artikel di atas dapat memberi info secara lengkap dan detail.