7+ Pesona Alam Ranu Regulo Lumajang

Ranu Regulo

Destinasi wisata alam yang ada di Lumajang cukup banyak, salah satunya adalah Ranu Regulo. Ini cocok untuk Anda jadikan sebagai tempat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Pemandangan indah danau dan pepohonan di sekitarnya akan membuat pikiran kembali segar.

Informasi Umum Ranu Regulo

Informasi Umum Ranu Regulo
Source: https://dynamic-media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-o/10/f2/74/72/danau-ranu-regulo.jpg?w=1200&h=1200&s=1

Ranu Regulo adalah destinasi wisata alam berupa danau yang terletak di Kabupaten Lumajang. Lokasi tepatnya berada di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di sini wisatawan dapat melakukan banyak kegiatan menyenangkan yang pastinya membuat liburan terasa lebih seru.

Tempatnya yang dikelilingi dengan perbukitan, pepohonan hijau, udara sejuk, pegunungan, akan membuat Anda merasa sedang berada di sebuah negeri dongeng. Selain itu, keindahan tersebut juga bisa terlihat dari warna air danau yang biru kehijauan, sehingga membuat panoramanya semakin cantik.

Kawasan ini berada di ketinggian tempat sekitar 2.100 mdpl dengan suhu mencapai 10 derajat Celcius. Jadi, tak heran saat berkunjung, Anda bisa merasakan cuaca dingin yang sangat menusuk hingga ke tulang. Tempat ini tentunya cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata bersama keluarga besar.

Jam Buka Ranu Regulo

Jam Buka Ranu Regulo
Source: https://asset.kompas.com/crops/rnDcPslgu29O-dC82ziQ49Fhn5I=/0x0:1800×1200/750×500/data/photo/2023/03/16/641314bfcdb76.jpg

Untuk bisa menikmati keindahan alam di sekitar danau ini, Anda bisa berkunjung kapanpun selama 24 jam setiap harinya. Jadi, tidak perlu bingung menentukan jadwal kunjungan yang tepat bersama keluarga karena selama tidak terjadi kerusakan atau penutupan.

Anda bisa berkunjung di hari aktif atau akhir pekan. Namun, kebanyakan wisatawan berkunjung di hari aktif agar tidak terlalu banyak pengunjung yang datang. Selain itu, sebaiknya berkunjung di pagi dan siang hari supaya dapat melihat keseluruhan tempat wisata dengan baik.

Harga Tiket Masuk Ranu Regulo

Harga Tiket Masuk Ranu Regulo
Source: https://img.okezone.com/content/2023/01/24/408/2752081/cantiknya-ranu-regulo-danau-indonesia-dengan-vibes-eropa-hm0b7w98VR.jpg

Untuk bisa menikmati keindahan tempat wisata alam ini, Anda bisa membayar biaya tiket masuk sebesar Rp29.000 saat Weekday, sedangkan Weekend Rp34.000. Namun, besaran HTM tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan dari pihak pengelola kawasan wisata.

Anda juga perlu membayar biaya retribusi parkir kendaraan sebesar Rp5.000/ motor, sedangkan mobil Rp10.000. Ini bisa dijadikan sebagai destinasi menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Walaupun tiketnya cukup pricey namun itu sebanding dengan berbagai keindahan yang bisa wisatawan nikmati.

Untuk menghemat biaya selama liburan, Anda juga bisa membawa camilan dari rumah atau bekal. Kemudian, santap bekal tersebut di tempat yang sudah tersedia. Pastikan untuk membawa sampahnya kembali pulang agar kawasan wisata tetap terjaga kebersihannya.

Fasilitas di Ranu Regulo

Fasilitas di Ranu Regulo
Source: https://asset.kompas.com/crops/wlJwrFJ1ZOO0OMk2onwmycWAxP4=/0x66:1000×732/750×500/data/photo/2023/01/23/63cdfcce7d171.jpg

Untuk fasilitas yang tersedia di tempat ini cukup memadai bagi pengunjung, seperti area parkir kendaraan dan juga kamar mandi. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan lain, Anda bisa membawanya dari rumah. Sedangkan di kawasan wisata, tidak terlalu banyak karena areanya yang cukup dalam di lereng Gunung Semeru.

Sebaiknya, bawalah bekal makanan, baik berat atau ringan untuk mengisi energi setelah melakukan perjalanan yang melelahkan melalui trekking menuju tempat wisata ini. Selain itu, pastikan kebutuhan logistik terpenuhi jika ingin melakukan kegiatan camping.

Tidak hanya itu, pastikan untuk membawa kebutuhan pribadi, seperti obat-obatan, selimut, jaket, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga menyediakan kamera yang dayanya sudah terisi penuh supaya dapat mengambil gambar dalam jumlah yang lebih banyak lagi.

Daya Tarik Ranu Regulo

Daya Tarik Ranu Regulo
Source: https://asset.kompas.com/crops/XZXw_vU0NeJDhVl9vZuYbF_nkGc=/0x0:1800×1200/750×500/data/photo/2023/03/17/6414134865349.jpg

Sama halnya dengan tempat wisata lain yang memiliki daya tarik tersendiri. Sama halnya dengan Ranu Regulo ini. Pastinya mampu menarik minat banyak wisatawan karena keunikannya. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai hal tersebut, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Keindahan Alam

Daya tarik yang paling utama pastinya keindahan alam di sekitar danau. Ada spot dengan area yang tanahnya relatif rendah dan cocok bagi pengunjung yang ingin mendirikan tenda. Permukaan air yang tenang, angin sepoi-sepoi, suara burung yang ikut membangun suasana alam, serta dinginnya udara menjadi tempat ini terasa seperti surga dunia.

Walaupun airnya tenang, pengunjung tidak boleh berenang di danau tersebut karena cukup dalam dan suhunya juga sangat dingin. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk menjaga kebersihan dari Ranu Pani. Sambil bersantai menikmati keindahan alam di sekitarnya, Anda bisa menyesap kopi untuk menghangatkan tubuh.

2. Camping di Tepi Danau

Untuk menikmati suasana alam lebih lama, Anda bisa membangun tenda kemah di kawasan wisata ini. terutama jika ingin melihat keindahan matahari terbit dan tenggelam yang tiada duanya. Momen tersebut banyak pengunjung nantikan karena sudah pasti sangat indah serta mempesona.

Oleh karena itu, sebelum berkunjung pastikan untuk membawa tenda kemah agar nanti tidak kesulitan jika ingin bermalam di sini. Selain itu, jangan lupa memakai jaket tebal karena udara dingin di tempat ini cukup menusuk hingga ke tulang atau bisa menggunakan selimut guna membantu melindungi tubuh.

3. Spot Foto Menarik

Tempat wisata ini menyediakan banyak spot foto menarik yang akan membuat hasil gambar Anda terlihat lebih estetik. Selain berkemah, wisatawan dapat menjadikan danau sebagai latar belakang dalam foto. Tidak hanya di situ saja, pepohonan hijau di sekitarnya juga bisa membuat suasana alam pada foto lebih terasa.

Bahkan karena keindahannya, tidak sedikit wisatawan menjadikannya sebagai tempat untuk berburu foto yang cantik, seperti untuk keperluan prewedding. Oleh karena itu, saat berkunjung jangan lupa membawa kamera yang sudah terisi penuh dayanya agar lebih leluasa mengambil gambar nantinya.

Alamat Menuju Ranu Regulo

Untuk bisa berkunjung ke tempat wisata ini secara lancar, maka Anda harus mengetahui alamat lengkap dari lokasi wisata ini. Ranu Regulo sendiri berada di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Akses ke tempat wisata alam ini sudah cukup bagus, jadi wisatawan tidak perlu lagi bingung jika ingin berkunjung kesini menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Selain itu, tidak usah khawatir akan terkendala selama perjalanan, seperti tersesat dan lain sebagainya jika menggunakan transportasi umum.

Rute Menuju Ranu Regulo

Rute Menuju Ranu Regulo
Source: https://goo.gl/maps/wrU3T7DoB9h1JgbY8

Jalanan menuju tempat wisata ini sudah sangat bagus karena beraspal. Jadi, wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua atau empat bahkan transportasi umum. Jika ingin menggunakan transportasi umum, nantinya Anda bisa berhenti di pemberhentian terakhir dan melanjutkan perjalanan memakai ojek.

Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi namun tidak terlalu familiar dengan seluk beluk jalan di Lumajang, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps di smartphone. Cara kerjanya yakni dengan menentukan tujuan wisata, nantinya pengguna hanya perlu mengikuti arah panah hingga sampai tujuan.

Jika bergerak dari Pusat Kota Lumajang ke tempat wisata ini, Anda membutuhkan estimasi waktu sekitar 1 jam 4 menit. Setelah sampai di area parkir wisata, wisatawan perlu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dengan jarak tempuh 2 km, sedangkan waktu tempuhnya sekitar 15 sampai 30 menit.

Itu tadi informasi mengenai pesona alam wisata Ranu Regulo yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Semoga artikel di atas dapat memberi informasi secara lengkap dan detail kepada pembaca mengenai topik pembahasannya.