7+ Spot Menarik di Pantai Dampar Lumajang

Pantai Dampar

Lumajang tidak henti-hentinya menyediakan tujuan wisata yang menawarkan keindahan alam di sekitarnya, salah satunya adalah Pantai Dampar. Bagi Anda yang belum menemukan destinasi tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, mungkin tempat ini bisa menjadi solusi tepatnya.

Informasi Umum Pantai Dampar

Informasi Umum Pantai Dampar
Source: https://www.pantainesia.com/wp-content/uploads/2018/07/pantai-bambang-760×428.jpg

Pantai Dampar adalah salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di Lumajang bersama keluarga. Suara ombak, keindahan pemandangan alam di sekitarnya, serta angin sepoi-sepoi yang menerpa wajah dapat menghilangkan rasa penat sejenak setelah melakukan perjalanan jauh.

Destinasi wisata satu ini sangat populer di kalangan wisatawan, baik lokal maupun luar. Apalagi keindahan alam di sekelilingnya mampu merelaksasikan pikiran dan jiwa dari rasa penat. Selain itu, ada banyak kegiatan yang bisa wisatawan lakukan untuk mengisi waktu liburan mereka.

Tidak hanya itu, karena masih belum banyak orang yang tahu mengenai destinasi wisata ini, jadi nuansa saat berkunjung akan terasa lebih nyaman karena Anda bisa merasa sedang berada di tempat pribadi. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung kesini saat berada di Kota Lumajang.

Jam Buka Pantai Dampar

Jam Buka Pantai Dampar
Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/Pantai-Dampar-Lumajang-Jawa-Timur.jpg

Untuk bisa mengunjungi sebuah tempat wisata tanpa adanya kendala, Anda harus mengetahui informasi berkaitan dengan jam operasional atau bukanya. Pantai Dampar sendiri buka selama 24 jam setiap harinya. Jadi, wisatawan dapat melakukan kunjungan kapanpun mereka inginkan.

Walaupun begitu, lebih banyak berkunjung di pagi dan sore hari saja. Di pagi hari udara masih sangat sejuk serta kondisi matahari tidak terlalu terik, sehingga akan lebih nyaman bagi keluarga menghabiskan waktu liburan di sini. Sedangkan di sore hari, Anda bisa melihat keindahan langit senja berpadu dengan birunya air laut.

Harga Tiket Masuk Pantai Dampar

Harga Tiket Masuk Pantai Dampar
Source: https://t-2.tstatic.net/tribunnewswiki/foto/bank/images/Pantai-Dampar-Lumajang.jpg

Untuk bisa menikmati keindahan alam di Pantai Dampar, wisatawan hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp5.000/orang, tentu itu sudah termasuk terjangkau. Apalagi jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan bersama seluruh anggota keluarga tanpa mengeluarkan dana besar.

HTM tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan dari pengelola tempat wisata, namun masih tetap terjangkau bagi wisatawan. Selain itu, wisatawan juga perlu membayar biaya retribusi parkir kendaraan, sebesar Rp3.000 untuk motor, sedangkan mobil Rp5.000.

Untuk menghemat biaya atau dana selama liburan, Anda bisa membawa bekal makanan ringan atau berat. Jadi, tidak perlu lagi membeli makanan di luar kawasan sebelum memasuki area tempat wisata Pantai Dampar ini. Jangan lupa membawa alas untuk duduk agar lebih nyaman.

Fasilitas di Pantai Dampar

Fasilitas di Pantai Dampar
Source: https://lumajangsatu.com/po-content/uploads/dampar-warung.jpeg

Guna mendukung kegiatan wisatawan selama liburan di tempat ini, pengelola sudah menyediakan fasilitas yang sangat memadai, mulai dari toilet atau kamar mandi umum, camping area, gazebo, tempat duduk, warung wisata, area memancing, lokasi parkir kendaraan, hingga pusat informasi pun ada di sini.

Anda juga bisa menghabiskan waktu bersama keluarga lebih lama di camping area dengan cara mendirikan tenda kemah. Namun, sebelum itu pastikan untuk mempersiapkan semua barang bawaan agar lebih gampang nantinya membangun tenda di area yang sudah tersedia.

Selain itu, sebelum berkunjung jangan lupa untuk membawa kebutuhan pribadi, seperti obat-obatan, pakaian ganti, dan juga kamera. Kamera tentunya sangat penting bagi Anda untuk mengabadikan kenangan selama liburan bersama keluarga di spot-spot instagenic yang tersedia di kawasan wisata ini.

Spot Wisata Pantai Dampar

Spot Wisata Pantai Dampar
Source: https://asset.kompas.com/crops/4whfQBnEaNI5XzYr2qBoRGT-Ins=/169×55:819×488/750×500/data/photo/2023/06/07/64807cd221429.png

Di sini tidak hanya tersedia satu spot wisata saja, namun ada berbagai spot yang bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk menambah pengalaman baru selama liburan. Sebelum berkunjung, wisatawan perlu mengetahui secara detail mengenai informasi tersebut. Berikut ulasan lengkapnya!

1. Camping Area

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan di tempat wisata ini lebih lama, bisa mendirikan tenda di area camping yang sudah tersedia. Jika ingin membangun tenda, pastikan posisinya berada jauh dari bibir pantai untuk menjaga keamanan dan keselamatan selama berkemah.

Selain itu, jangan lupa untuk menghadapkan tenda camping ke arah pantai supaya bisa melihat keindahan alam laut lepas dengan lebih leluasa. Disamping itu, sebelum melakukan kegiatan camping, pastikan kondisi cuaca pada saat itu mendukung, agar kegiatan dapat berjalan sesuai rencana.

2. Memancing

Bagi wisatawan yang suka atau memiliki hobi memancing, mungkin destinasi wisata satu ini bisa menjadi solusi paling baik. Mengapa? Karena di sini tersedia area memancing untuk pengunjung. Namun, jangan lupa membawa peralatan sendiri dari rumah supaya tidak melakukan pembelian lagi.

Tenang saja, area memancing yang tersedia di sekitar pantai ini sudah sangat terjaga keamanannya. Jadi, Anda bisa melakukan hobi tersebut dengan aman dan santai. Namun, pastikan untuk menggunakan peralatan yang aman bagi lingkungan serta ekosistem laut supaya tidak terjadi pencemaran.

3. Bersantai

Spot berikutnya yang akan membuat liburan Anda terasa lebih nyaman dan menyenangkan adalah di bawah pohon sambil menggelar tikar untuk berpiknik. Di sini, wisatawan bisa mengobrol santai bersama keluarga sambil menyesap hangatnya kopi atau teh serta menikmati pemandangan laut lepas di depannya.

Jika tidak membawa alas untuk duduk, Anda bisa duduk santai di gazebo. Kegiatan ini tentu sangat membantu mereka yang ingin merelaksasikan tubuh dan pikiran dari rasa penat kehidupan sehari-hari. Bahkan, tak sedikit pengunjung menjadikan Pantai Dampar sebagai tempat healing terbaik di Lumajang.

Alamat Menuju Pantai Dampar

Informasi berikutnya yang perlu wisatawan ketahui sebelum berkunjung kesini adalah alamat lengkapnya. Pantai Dampar berada di Gondoruso, Kalibendo, Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Akses jalan menuju tempat ini sudah sangat bagus karena beraspal.

Tidak perlu khawatir jika ingin berkunjung kesini, karena bisa menggunakan berbagai kendaraan, mulai dari roda dua atau empat. Namun, pastikan sebelum memulai perjalanan, kondisi kendaraan dalam keadaan prima untuk menghindari hal-hal negatif yang mungkin saja terjadi.

Rute Menuju Pantai Dampar

Rute Menuju Pantai Dampar
Source: https://goo.gl/maps/eFPYGu9Y6RDbRq6M8

Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota pastinya kebingungan menentukan rute yang akan mereka gunakan menuju tempat wisata ini. Oleh karena itu, sekarang Anda bisa memanfaatkan keberadaan aplikasi yang dapat membantu menunjukkan rute lengkap dan tercepat menuju destinasi wisata tersebut.

Aplikasi ini bernama Google Maps yang bisa Anda akses melalui smartphone. Cara kerjanya cukup mudah, yakni Anda hanya perlu menentukkan tujuan tempatnya. Nantinya, secara otomatis aplikasi akan menunjukkan rute tercepat menuju destinasi tersebut melalui arah panah.

Selain itu, tempat wisata ini juga cukup dekat dengan pusat kota Lumajang. Mungkin Anda hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam 4 menit dengan jarak tempuh 36.5 km melalui Jalan Gondoruso. Estimasi tersebut bisa berbeda-beda sesuai kondisi jalan dan kecepatan selama berkendara.

Demikianlah informasi berkaitan dengan pesona wisata alam Pantai Dampar yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga saat liburan di Lumajang. Sebelum liburan, pastikan kondisi tubuh tetap fit agar tidak terkendala selama berkegiatan serta semua rencana dapat direalisasikan secara keseluruhan.