13+ Daya Tarik Pantai Tlepuk Lumajang

Pantai Tlepuk

Bingung liburan kemana di Lumajang? Mungkin Pantai Tlepuk ini bisa menjadi salah satu solusi terbaiknya. Destinasi wisata satu ini banyak pengunjung rekomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga karena banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama dan tentunya menyenangkan.

Informasi Umum Pantai Tlepuk

Informasi Umum Pantai Tlepuk
Source: https://www.tempatwisata.pro/users_media/3088/1684-vemine.jpg

Pantai Tlepuk menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga sambil menikmati keindahan pemandangan di sekitarnya. Selain itu, sepanjang perjalanan menuju kawasan wisata ini, pengunjung bisa melihat perkebunan coklat.

Tidak hanya itu saja pemandangan yang tersedia, wisatawan juga bisa melihat tebing yang tinggi menjulang di perjalanan menuju tempat wisata satu ini. Dengan begitu, selama perjalanan, pengunjung tidak akan merasa bosan, bahkan dapat menambahkan pengalaman baru selama liburan.

Selain itu, ada banyak sekali kegiatan yang bisa pengunjung lakukan untuk mengisi waktu liburan agar lebih seru, menyenangkan, dan tentunya tak terlupakan. Saat sudah hampir sampai, pengunjung akan melihat sebuah rawa yang cocok dijadikan sebagai tempat memancing karena pasti banyak ikan di dalamnya.

Jam Buka Pantai Tlepuk

Jam Buka Pantai Tlepuk
Source: https://2.bp.blogspot.com/-YBeZ6NOdpYA/WHyKGcT2cLI/AAAAAAAAC-k/XUVSpf_gSvkaccH2ZEHachttc7yI-MhswCLcB/s1600/lu1.jpg

Anda bisa melakukan kunjungan kapanpun dari Senin sampai Minggu selama 24 jam. Jadi, tidak perlu lagi bingung menentukan jadwal berkunjung bersama keluarga jika sedang berada di Lumajang atau memulai perjalanan dari luar kota.

Namun, supaya liburan terasa lebih nyaman dan menyenangkan, lebih baik berkunjung di pagi dan sore hari, karena cuaca matahari tidak terlalu terik. Selain itu, jika melakukan kunjungan di pagi serta sore hari, Anda dapat melihat keindahan matahari terbit juga matahari terbenam.

Perhatikan, jika ingin berkunjung di hari libur atau akhir pekan, pastikan berangkat lebih pagi agar tidak terlalu ramai pengunjung. Karena setiap harinya tempat ini selalu ramai wisatawan, baik dari dalam maupun luar. Apalagi sekarang sudah semakin terkenal.

Harga Tiket Masuk Pantai Tlepuk

Harga Tiket Masuk Pantai Tlepuk
Source: https://1.bp.blogspot.com/-G30Ya9qEQ8I/V8LoNnicPaI/AAAAAAAAA8M/_kZ5fXiq-csMvzEeyZqkp73fL43AoTLvACLcB/w1200-h630-p-k-no-nu/pantai%2Bbambang.JPG

Jika Anda ingin pergi liburan bersama seluruh anggota keluarga tanpa harus mengeluarkan banyak dana, mungkin Pantai Tlepuk ini bisa menjadi solusinya. Pasalnya, wisatawan tidak perlu membayar biaya tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan pemandangan laut lepas di sini.

Mungkin wisatawan hanya perlu membayar biaya retribusi parkir kendaraan saja, rentan harganya sekitar Rp5.000 sampai Rp10.000 tergantung kendaraan yang Anda bawa. Jadi, pastikan untuk menyiapkan uang kecil agar pengelola tidak kesulitan mencari uang kembalian.

Fasilitas di Pantai Tlepuk

Fasilitas di Pantai Tlepuk
Source: https://www.tempatwisata.pro/users_media/3088/318830176_6420975374584847_851910867542170540_n.jpg

Untuk fasilitasnya sendiri sudah cukup memadai bagi wisatawan dan mampu mendukung kegiatan mereka selama liburan di Pantai Tlepuk. Adapun beberapa fasilitas umum yang tersedia, seperti tempat beristirahat setelah melakukan perjalanan panjang, toilet, home stay, spot foto, lahan parkir, dan lain-lain.

Bagi wisatawan yang hendak menghabiskan waktu liburan lebih lama bersama keluarga, di sini sudah tersedia homestay dengan fasilitas yang cukup memadai. Semua fasilitas tersebut hampir seluruhnya disediakan oleh warga setempat. Jadi, jangan sembarangan jika ingin menggunakannya.

Untuk mendukung kegiatan liburan agar lebih lancar, jangan lupa membawa kebutuhan pribadi, seperti obat-obatan, pakaian ganti jika perlu, dan juga kamera. Pastikan daya kamera terisi penuh supaya tidak terjadi kendala saat hendak mengambil foto, apalagi dalam jumlah banyak, mengingat disini terdapat banyak spot foto instagenic yang tersedia.

Daya Tarik Pantai Tlepuk

Daya Tarik Pantai Tlepuk
Source: https://cdn.visitlumajang.com/images/2022/01/e40035d4c60d3ca27f050f6a489a1b87.jpg

Setiap tempat wisata pastinya memiliki daya tarik tersendiri yang mampu membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung. Sama halnya dengan Pantai Tlepuk yang mempunyai keeksotisan berbeda dari pantai lain di Lumajang. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak ulasan lengkap di bawah ini!

1. Pemandangan Laut Lepas

Daya tarik paling utama di tempat ini tentunya pemandangan laut lepas yang tiada duanya. Anda bisa bersantai di bawah pepohonan sambil menikmati kopi hangat atau camilan dan menghadap ke arah lautan. Pengalaman ini tentu menjadi kegiatan yang tak terlupakan selama liburan.

Selain itu, destinasi wisata satu ini juga menjadi salah satu tempat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga sambil merelaksasikan pikiran dari rasa penat kegiatan sehari-harinya. Supaya kegiatan ini lebih nyaman, Anda perlu membawa alas untuk duduk, berupa karpet, plastik, atau lainnya.

2. Keberadaan Rawa

Bagi wisatawan yang gemar melakukan kegiatan memancing, Pantai Tlepuk menjadi destinasi wisata paling tepat. Mengapa? Karena di perjalanan, Anda akan melihat rawa yang cukup luas dan seringkali dijadikan sebagai tempat untuk memancing bagi pengunjung.

Selain itu, ada banyak jenis ikan di dalamnya yang akan membuat kegiatan memancing lebih seru dan menyenangkan. Hasil tangkapan dari memancing tersebut bisa Anda bakar di pinggir pantai. Tentu ini akan membuat liburan menjadi tak terlupakan. Namun, jangan lupa untuk membuang sampah di tempatnya agar lingkungan sekitar wisata tetap bersih.

3. Bonsai Alami

Keeksotisan dari pantai ini bukan hanya karena pemandangan laut lepasnya saja, namun juga banyaknya bonsai alami yang tumbuh di sekitar pantai. Bagi mereka yang suka dengan tanaman satu ini, pasti sangat suka berkunjung ke destinasi wisata Pantai Tlepuk ini.

Keindahan bonsai alami dan pantai membuat tempat tersebut terlihat lebih eksotis. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa berteduh di bawah bonsai untuk melihat pemandangan indah laut lepas tanpa harus kepanasan. Oleh karena itu, jangan lupa membawa alas duduk supaya kegiatan lebih nyaman.

Alamat Menuju Pantai Tlepuk

Informasi berikutnya yang perlu pengunjung ketahui sebelum melakukan kunjungan ke tempat wisata satu ini adalah lokasi lengkapnya. Pantai Tlepuk berada di Desa Gondoruso, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang. Letaknya tidak terlalu jauh dari Pantai Bambang yang juga destinasi unggulan.

Akses menuju tempat wisata ini sudah cukup bagus bagi wisatawan yang membawa kendaraan roda dua atau empat. Jadi, tidak perlu lagi khawatir jika ingin berkunjung kesini. Meskipun begitu, tetap siapkan seluruh kebutuhan serta pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima agar tidak terkendala selama perjalanan.

Rute Menuju Pantai Tlepuk

Rute Menuju Pantai Tlepuk
Source: https://goo.gl/maps/jozK4EWG8zYkAibw9

Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota dan tidak mengetahui secara lengkap atau detail rute menuju tempat wisata ini, bisa menggunakan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone. Caranya yakni dengan menentukan tujuan wisata, nantinya Anda hanya perlu mengikuti arah panah yang muncul.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat meminimalisir terjadinya kendala seperti tersesat selama perjalanan. Bisa juga menggunakan transportasi umum dan berhenti di titik terakhir, lalu melanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau berjalan kaki sambil berolahraga bersama keluarga.

Anda bisa bergerak dari pusat Kota Lumajang dengan jarak tempuh 37.9 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 8 menit melalui Jalan Gondoruso. Estimasi tersebut bisa berbeda-beda tergantung kecepatan pengunjung dalam berkendara dan kondisi jalan pada saat berkunjung.

Itu tadi informasi berkaitan dengan daya tarik Pantai Tlepuk yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata bersama keluarga saat berada di Lumajang. Pastikan sebelum berkunjung kondisi badan sedang fit agar lebih lancar melakukan berbagai kegiatan selama liburan tersebut.