11+ Pesona Wisata Alam Air Terjun Manggisan Lumajang

Air Terjun Manggisan

Air Terjun Manggisan Lumajang menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi jika sedang berada di Kota ini. Keindahan tempatnya akan membuat tubuh dan pikiran terasa lebih rileks sehingga siap kembali menjalani hari padat keesokannya, serta bisa dijadikan rekomendasi tempat liburan bersama keluarga.

Informasi Umum Air Terjun Manggisan

Informasi Umum Air Terjun Manggisan
Source: https://cdn.visitlumajang.com/images/2022/03/0b41895c63cb3adcd6e0fb663934f4bc.jpg

Lumajang memang tidak habis-habisnya menyediakan destinasi wisata alam yang mempesona serta memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah Air Terjun Manggisan ini. Setiap harinya, tempat ini mampu menarik banyak wisatawan baik lokal maupun luar karena keindahan tempatnya.

Selain itu, pemandangan di sekitarnya yang masih sangat unik serta terjaga membuat siapapun takjub saat mengunjunginya. Untuk ketinggian curugnya sendiri, yakni sekitar 55 meter dengan aliran air yang cukup deras, sehingga suara gemuruhnya dapat membuat pikiran terasa lebih tenang.

Namun, untuk bisa ke tempat wisata ini, Anda harus berjalan kaki cukup jauh terlebih dahulu. Namun, rasa lelah tersebut akan hilang setelah sampai di kawasan wisata alam ini. Disini juga terdapat banyak spot foto menarik yang dapat membuat hasil gambar terlihat lebih estetik.

Jam Buka Air Terjun Manggisan

Jam Buka Air Terjun Manggisan
Source: https://www.gemasulawesi.com/wp-content/uploads/2023/06/Snapinsta.app_242210883_1038777186943104_5316990875407974159_n_1024-1-1.jpg

Beberapa waktu lalu, Air Terjun Manggisan ini ternyata juga sangat viral di jagat dunia maya. Oleh karena itu, banyak pengunjung luar yang melakukan kunjungan ke tempat wisata satu ini. Jadi, tak heran jika sekarang tampilannya sudah semakin cantik dan cocok dijadikan sebagai tempat menghabiskan waktu liburan.

Untuk bisa menikmati keindahan alam di sekitarnya, Anda dapat melakukan kunjungan kapanpun selama 24 jam setiap harinya. Jadi, tidak perlu lagi bingung menentukan jadwal berkunjung dengan kegiatan sehari-harinya. Selain itu, tidak perlu terburu-buru di perjalanan nantinya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Manggisan

Harga Tiket Masuk Air Terjun Manggisan
Source: https://cdn2.tstatic.net/travel/foto/bank/images/air-terjun-manggisan-lumajang.jpg

Informasi berikutnya yang perlu Anda ketahui sebelum berkunjung yakni berkaitan dengan HTM atau Harga Tiket Masuk kawasan wisata ini. Wisatawan hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 di weekdays, sedangkan weekend tarifnya berubah menjadi Rp7.000/ orang.

Namun, besaran biaya tiket masuk tersebut bisa berubah-ubah setiap waktu tergantung ketentuan dari pengelola, tetapi tetap terjangkau. Jadi, Anda tidak perlu lagi bingung jika ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga walaupun budget atau dananya sedikit.

Selain itu, wisatawan juga mungkin perlu membayar biaya retribusi parkir kendaraan agar kendaraan tetap aman dan tidak usah mencari lahan parkir terlalu jauh dari kawasan wisata yang nantinya akan membahayakan. Mungkin rentan harganya mulai dari Rp2.000 sampai Rp5.000 saja.

Fasilitas di Air Terjun Manggisan

Fasilitas di Air Terjun Manggisan
Source: https://2.bp.blogspot.com/-AI5-1kXzd0I/V_cgthbG-wI/AAAAAAAABDA/aLfF_4DfFhwCg-2UIp3FbecjocNbqVRGACLcB/s1600/mangg.jpg

Karena kepopulerannya beberapa waktu lalu, pengelola tempat wisata ini sudah mengoptimalkan ketersediaan fasilitas yang akan mendukung kegiatan wisatawan selama berlibur di sini. Adapun beberapa fasilitas yang bisa wisatawan gunakan, seperti area parkir luas, kantin, toilet umum, dan tempat pemancingan.

Jadi, bagi Anda yang suka atau memiliki kegemaran memancing, tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi terbaik menyalurkan hobi tersebut. Dengan begitu, dapat dipastikan kalau liburan akan terasa lebih menyenangkan, seru, dan tentunya tak terlupakan, apalagi jika bersama keluarga.

Sebelum melakukan kunjungan, pastikan untuk menyiapkan segala keperluan pribadi, seperti obat-obatan, pakaian ganti jika perlu, bekal makanan ringan atau berat, dan kamera. Kamera tentu sangat penting agar Anda lebih leluasa mengambil gambar dengan resolusi yang lebih bagus nantinya.

Pesona Air Terjun Manggisan

Pesona Tempat Wisata
Source: https://direktoripariwisata.id/imgunit/6667.jpg

Setiap destinasi wisata alam pastinya memiliki pesona tersendiri yang membuat tempat tersebut terkenal di kalangan masyarakat. Sama halnya seperti Air Terjun ini. Anda dapat melihat seluruh keindahan alam dalam satu tempat. Berikut informasi lebih jelas mengenai hal tersebut!

1. Keindahan Alam

Pesona yang pertama pastinya keindahan alam dari tempat wisata yang cukup tinggi ini. Anda bisa melihat pemandangan cantik dari air terjun yang bertingkat-tingkat dari bawah. Mendengarkan derasnya kucuran air yang bisa membuat pikiran kembali jernih dan segar, apalagi setelah melakukan perjalanan panjang.

Anda juga bisa duduk santai di bebatuan yang ada di bawah air terjun bersama keluarga sambil menyesap hangatnya kopi untuk menghangatkan badan dari sejuknya hawa di sekitar tempat wisata. Selain itu, karena suasananya yang sangat asri, pengunjung dapat merasakan sedang berada di dunia fantasi.

2. Tebing Cantik

Selain air yang indah, Anda juga bisa melihat keindahan tebing cantik yang menjadi tempat air meluncur dari atas. Bebatuan yang berwarna hitam mengkilat membuat suasana di sekitar tempat menjadi lebih asri. Bahkan, ini seringkali menjadi spot favorit para pengunjung untuk mengambil foto.

Selain itu, Anda juga bisa melihat pemandangan pepohonan yang rimbun selama perjalanan menuju tempat ini. Tidak hanya itu, jalur trekking yang cukup sulit akan menambah pengalaman selama liburan menjadi lebih menantang, seru, dan tentunya menyenangkan bersama keluarga maupun teman.

3. Jernihnya Kolam

Setelah melakukan perjalanan yang cukup melelahkan dan jauh, Anda bisa langsung menyegarkan tubuh dengan cara berenang di area kolam air terjun. Kondisi air yang jernih serta bersih akan membuat tubuh kembali segar, sehingga siap melanjutkan kegiatan lain selama liburan tersebut.

Tenang saja, untuk kolamnya tidak terlalu dalam, sehingga sangat aman bagi wisatawan yang ingin bermain air di area tersebut. Meskipun begitu, jangan lupa untuk memastikan apakah keadaan tubuh sedang fit atau tidak guna menghindari terjadinya kendala selama berkegiatan liburan.

Alamat Menuju Air Terjun Manggisan

Sebelum berkunjung, Anda perlu mengetahui di mana lokasi wisata alam tersebut berada agar dapat menentukan rute secara tepat sehingga dapat meminimalisir terjadinya hambatan seperti tersesat. AirĀ  terjun ini terletak di Desa Kandangan, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Akses jalan menuju tempat ini sudah cukup bagus, namun medan yang perlu dilalui oleh wisatawan dari area parkir cukup sulit. Jadi, selalu pastikan kondisi tubuh tetap fit dan penuhi segala keperluan pribadi Anda agar tidak terjadi masalah selama melakukan kunjungan.

Rute Menuju Air Terjun Manggisan

Rute
Source: https://goo.gl/maps/218TVSC555eRAnpb6

Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota, pasti sedikit kesulitan menentukan rute yang tepat menuju tempat wisata tersebut. Oleh karena itu, untuk memudahkan perjalanan, sebaiknya gunakan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone guna membantu menunjukkan arah secara lengkap.

Cara kerjanya sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu menentukan destinasi tujuan. Nantinya, secara otomatis aplikasi tersebut akan memunculkan secara lengkap rute menuju kawasan wisata. Oleh karena itu, tidak perlu lagi khawatir berkunjung ke tempat wisata alam ini.

Jika Anda bergerak dari pusat kota Lumajang menuju tempat wisata ini, jarak tempuhnya yakni 9.9 km dengan waktu tempuh sekitar 23 menit melalui Jalan Merdeka Bodang. Estimasi tersebut bisa berbeda-beda tergantung kecepatan dan kondisi jalan pada saat itu.

Itu tadi informasi berkaitan dengan pesona alam wisata Air Terjun Manggisan Lumajang yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar tempat yang harus dikunjungi bersama keluarga. Semoga artikel di atas dapat memberi gambaran secara detail dan lengkap kepada pembaca mengenai topik pembahasannya.