9+ Pesona Keindahan Goa Tetes Lumajang

Goa Tetes

Goa Tetes adalah salah satu tempat wisata yang ada di Lumajang, destinasi ini berada di sekitar kawasan Air Terjun Tumpak Sewu. Ini menjadi objek wisata yang harus Anda kunjungi bersama keluarga saat liburan ke Lumajang dan nikmati berbagai keindahan alam yang tersaji di sana.

Informasi Umum Goa Tetes

Informasi Umum Goa Tetes
Source: https://akulibur.com/wp-content/uploads/2021/11/goa-tetes-lumanjang.png

Goa Tetes menjadi tempat wisata yang sangat populer di Lumajang karena keindahan ornamen-ornamen goa yang bisa Anda lihat dari luar. Air yang mengalir melewati bebatuan tersebut membuat panorama kecantikannya mampu membuat siapapun terpesona.

Selain itu, gua ini juga terbentuk secara alami, sehingga tak heran jika banyak wisatawan kagum akan keindahan tersebut. Tidak hanya itu saja, Anda dapat menikmati pesona air terjun yang terletak tidak jauh dari lokasi objek wisata satu ini.

Untuk menuju tempat ini, Anda harus melalui jalur trekking yang cukup sulit, namun tenang saja, semua itu akan terbayarkan dengan penuh saat sudah sampai tepat di kawasan wisata tersebut. Jadi, sebelum berkunjung selalu pastikan kondisi tubuh tetap fit agar lebih siap menjalankan liburan sesuai rencana.

Jam Buka Goa Tetes

Jam Buka Goa Tetes
Source: https://cdn2.tstatic.net/tribunnewswiki/foto/bank/images/Goa-Tetes.jpg

Sebelum berkunjung, Anda juga perlu mengetahui informasi mengenai jam operasional dari tempat wisata tersebut agar dapat menentukan jadwal kunjungan dengan tepat. Objek wisata satu ini buka dari pukul 07.25 sampai 16.00 WIB setiap harinya.

Jadi, wisatawan dapat melakukan kunjungan kapanpun mereka mau. Namun, kebanyakan orang berkunjung di pagi dan siang hari karena pencahayaan menuju kawasan wisata masih sangat bagus, sehingga tidak menyulitkan selama perjalanan, apalagi jalurnya cukup ekstrem.

Selain itu, jika berkunjung di pagi hari, Anda bisa merasakan kesejukan udara sekitar dan disambut dengan angin sepoi-sepoi yang menerpa wajah dengan lembut. Jadi, usahakan melakukan kunjungan di pagi dan siang hari saja agar tidak terjadi hambatan selama liburan.

Harga Tiket Masuk Goa Tetes

Harga Tiket Masuk Goa Tetes
Source: https://www.journeyera.com/wp-content/uploads/2018/11/goa-tetes-waterfall-lumajang-east-java-1081.jpg

Kawasan wisata alam ini sudah pengelola maksimalkan sebagai objek wisata unggulan yang ada di Lumajang. Jadi, untuk bisa menikmati keindahan alam di sekitarnya, Anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp10.000/ orang, baik melakukan kunjungan di hari aktif atau libur.

Selain itu, wisatawan juga perlu membayar biaya retribusi parkir kendaraan yang berbeda sesuai jenis kendaraan yang wisatawan gunakan, untuk motor biayanya sebesar Rp3.000, sedangkan mobil Rp5.000. Sekarang, tidak perlu lagi mengeluarkan terlalu banyak dana jika ingin liburan bersama keluarga besar.

Fasilitas di Goa Tetes

Fasilitas di Goa Tetes
Source: https://tempatwisataindonesia.id/wp-content/uploads/2017/03/Legenda-Goa-Tetes-Lumajang.jpg

Karena merupakan destinasi wisata alam, mungkin tempat ini belum menyediakan terlalu banyak fasilitas memadai yang bisa pengunjung gunakan. Wisatawan dapat memanfaatkan fasilitas, seperti lahan parkir, toilet umum, tempat beribadah, warung, dan lain sebagainya saat berada di pemukiman warga.

Jadi, sebelum pergi berkunjung ke tempat wisata ini, pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan pribadi, seperti obat-obatan, pakaian ganti, jaket, bekal, dan kamera. Pastikan membawa bekal secukupnya, jika sudah bawa sampah dari bekal tersebut pulang agar kawasan wisata tetap bersih.

Selain itu, Anda juga perlu membawa kamera dalam kondisi daya terisi penuh agar lebih leluasa mengambil gambar sesuai keinginan di berbagai spot menarik dan tentunya instagramable di tempat ini. Bukan hanya itu saja, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit sebelum melakukan kunjungan.

Pesona Goa Tetes

Pesona Goa Tetes
Source: https://dynamic-media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-o/07/53/96/1e/tetes-cave.jpg?w=1200&h=-1&s=1

Kawasan wisata ini tentunya memiliki pesona atau daya tarik tersendiri yang mampu menarik minat banyak wisatawan, baik lokal maupun luar. Sebelum melakukan kunjungan, Anda perlu mengetahui informasi mengenai hal tersebut agar dapat merencanakan barang bawaan nantinya. Berikut ulasannya!

1. Berada di Bawah Air Terjun

Pesona pertama yang bisa Anda lihat di tempat wisata ini adalah keberadaan goa yang tepat berada di bawah air terjun membuat tampilannya terlihat lebih eksotis, unik, dan tentunya indah. Jika ingin melihat goa, maka wisatawan harus memposisikan diri lebih dekat karena aliran air terjun menutupi mulut goa.

Dari aliran tersebutlah nama Goa Tetes diperoleh oleh masyarakat sekitar. Karena air terjun masuk hingga ke dalam goa melalui celah bebatuan pada goa tersebut. Pemandangan indah ini tidak akan Anda temukan di tempat lainnya. Jadi, jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung kesini.

2. Kesegaran Air Terjun

Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, saatnya Anda menyegarkan kembali kondisi tubuh dengan merasakan kesegaran air terjun dari tempat ini. Pemandangan air terjun yang memiliki bentuk bertingkat-tingkat membuat alirannya cukup deras.

Selain itu, kondisi air di tempat ini juga sangat jernih dan bersih karena mengandung kapur. Anda bisa menikmati kesegaran dari air tersebut di kolam air terjunnya yang berada di tingkat paling bawah. Tidak hanya itu, kola mini juga aman bagi wisatawan karena tidak terlalu dalam.

3. Keindahan Goa

Goa tetes sendiri adalah sebuah ceruk yang terbentuk secara alami oleh alam, sehingga membuat aliran air dari air terjun menerobos masuk ke dalam celah bebatuan tersebut. Anda dapat memasuki area atau bagian dalam dari goa dan melihat keindahan ornamen bebatuan yang sangat cantik.

Saat memasuki area goa, Anda bisa melihat stalaktit dan stalagmit yang memiliki corak mengagumkan. Di bagian langit-langitnya juga keindahan tersebut dapat terlihat dengan jelas. Bahkan, beberapa tumbuhan pun ada di dalamnya yang membuat keeksotisan tempat ini lebih terasa.

4. Pemandangan Sekitar Goa

Keindahan yang terpancar dari tempat ini bukan hanya di bagian dalam goa saja, melainkan di luarnya. Deretan pepohonan hijau yang tinggi menjulang membuat keasrian tempat ini makin terlihat. Anda bisa duduk santai sambil melihat keindahan alam tersebut dengan nyaman.

Selain itu, tempat ini juga berada di ketinggian, sehingga udara sejuk yang ada di sekitarnya bisa Anda rasakan secara langsung. Suara air yang mengalir melintasi bebatuan goa akan memberikan kesan sedang berada di dunia fantasi yang menenangkan tentunya.

Alamat Menuju Goa Tetes

Sebelum melakukan kunjungan, Anda harus mengetahui secara lengkap lokasi tempat wisata itu berada agar dapat menentukan rute dengan tepat serta akurat, sehingga bisa meminimalisir hambatan, seperti tersesat. Lokasi Goa Tetes yakni di Dusun Besuk cukit, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Rute Menuju Goa Tetes

Rute Menuju Goa Tetes
Source: https://goo.gl/maps/KjXBqj2ZFC3AgL9Y8

Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota pastinya kebingungan menentukan rute yang tepat menuju tempat wisata ini. Oleh karena itu, untuk menghindari adanya kendala seperti tersesat, sebaiknya gunakan aplikasi Google Maps yang dapat menunjukkan rute tercepat dan lengkap menuju destinasi.

Jika Anda bergerak dari pusat Kota Lumajang menuju tempat wisata ini, jarak tempuhnya adalah 45.8 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 46 menit melalui Jalan Nasional III. Estimasi tempuh tersebut bisa berubah sesuai dengan kecepatan berkendara pengunjung dan kondisi jalan pada saat itu.

Itu tadi informasi berkaitan dengan pesona wisata alam Goa Tetes Lumajang yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan bersama keluarga. Semoga artikel di atas dapat memberi gambaran secara detail dan luas kepada pembaca.