7+ Daya Tarik Pantai Watu Godeg Lumajang

Pantai Watu Godeg

Pantai Watu Godeg adalah destinasi wisata alam yang berada di Lumajang. Tempat ini juga cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga saat akhir pekan. Keindahan alam di sekitarnya akan membantu menghilangkan rasa penat sejenak serta mengembalikan kembali kesegaran pada tubuh.

Informasi Umum Pantai Watu Godeg

Informasi Umum Pantai Watu Godeg
Source: https://1.bp.blogspot.com/-MXGDXzL5Ff8/V-4kK12Bz_I/AAAAAAAAAU4/gj8Zuk9BWxMYAfWGRbCx4hULPkTfKighgCLcB/s1600/godeg.png

Pantai Watu Godeg menjadi salah satu tempat wisata yang menawarkan keindahan alam berupa pantai yang mampu menarik minat wisatawan, baik lokal maupun internasional. Selain itu, pemandangan di sekitar kawasan wisata ini cocok dijadikan sebagai tempat menghabiskan waktu liburan keluarga.

Asal nama yang unik dari pantai ini berasal dari dua suku kata, yakni waktu yang berarti batu, sedangkan godeng memiliki arti bergoyang. Jika keduanya digabungkan artinya adalah batu yang bergoyang. Tentu ada kisah dari pengambilan nama tersebut yang terjadi dulu sekali.

Bekas peristiwa unik tersebut bisa Anda lihat dari batu besar yang berada di sekitar pantai dengan ukuran yang lumayan besar dan tinggi. Jika sedang pasang, batu besar ini akan terlihat seperti bergoyang karena terjangan ombak, sehingga membuat pemandangannya pun terlihat menakjubkan.

Jam Buka Pantai Watu Godeg

Jam Buka Pantai Watu Godeg
Source: https://asset-2.tstatic.net/surabaya/foto/bank/images/watu-godek_20151024_185951.jpg

Sebelum melakukan kunjungan, wisatawan perlu mengetahui terlebih dahulu informasi mengenai jam operasional dari tempat wisata tersebut agar dapat menentukan jadwal kunjungan dengan baik supaya tidak mengganggu kegiatan pada sehari-harinya.

Namun, tenang saja, jika ingin berkunjung ke pantai ini, Anda dapat melakukan kunjungan selama 24 jam setiap harinya. Jadi, tidak perlu lagi bingung menentukan jadwal yang sesuai dengan kegiatan sehari-harinya. Apalagi kalau hanya ingin mampir sebentar setelah melaksanakan perjalanan cukup panjang.

Meskipun begitu, sebaiknya lakukan kunjungan di pagi dan sore hari saja. Di pagi hari, Anda bisa merasakan kesejukan alam sekitar serta angin sepoi-sepoi dari pantai yang menerpa wajah. Sedangkan di sore hari, keindahan matahari terbenamnya akan membuat takjub siapapun yang melihatnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Godeg

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Godeg
Source: https://static.republika.co.id/uploads/images/inline/j_Jelajah_Lumajang_-_Pantai_Gedek_dan_Pantai_Watu_Godek.jpg

Setiap tempat wisata pastinya memiliki HTM yang berbeda-beda atau Harga Tiket Masuk. Untuk bisa menikmati keindahan alam pantai dari Watu Godeg ini, Anda harus membayar biaya tiket sebesar Rp5.000/orang. Tentu itu adalah harga yang sangat terjangkau.

Apalagi jika Anda ingin pergi liburan bersama keluarga tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak biaya atau dana selama liburan tersebut. Selain itu, mungkin wisatawan juga perlu membayar biaya retribusi parkir kendaraan dengan rentan harga mulai dari Rp3.000 sampai Rp5.000 saja.

Fasilitas di Pantai Watu Godeg

 

Fasilitas di Pantai Watu Godeg
Source: https://www.tempatwisata.pro/users_media/3088/E%20Pantai%20Watu%20Godeg%203.jpg

Untuk mendukung kegiatan wisatawan selama menghabiskan liburan di tempat ini, di sini sudah tersedia beberapa fasilitas umum yang cukup memadai, seperti rest area yang berada di kawasan pantai, toilet umum, lahan parkir yang tentunya luas, dan juga tempat beribadah.

Untuk warung dan penginapan, mungkin Anda akan menemukannya di sepanjang jalan menuju tempat wisata ini. Jika ingin menghemat pengeluaran selama liburan, cobalah membawa bekal, baik makanan ringan atau berat. Kemudian, jangan lupa membawa karpet sebagai alas duduk.

Selain itu, Anda juga harus membawa perlengkapan pribadi seperti obat-obatan, kamera, pakaian ganti jika perlu. Kondisi kamera harus penuh dayanya agar lebih mudah mengambil banyak gambar di berbagai spot foto instagramable serta menarik yang ada di tempat wisata satu ini.

Daya Tarik Pantai Watu Godeg

Daya Tarik Pantai Watu Godeg
Source: https://www.tempatwisata.pro/users_media/3088/Watu-Godeg-aininalmira.wordpress.jpg

Bagi Anda yang berkeinginan untuk melakukan kunjungan ke tempat wisata ini, maka perlu mengetahui daya tarik yang tersedia agar dapat merencanakan berbagai kegiatan selama liburan tersebut. Berikut informasi lebih lengkap mengenai daya tarik di Pantai Watu Godeg!

1. Keindahan Pantai

Keindahan pantai menjadi daya tarik utama yang tempat ini tawarkan kepada wisatawan yang datang berkunjung. Tidak sedikit orang suka dengan pemandangan pantai karena terasa menenangkan. Anda bisa menggelar karpet sebagai alat untuk sejenak melepas penat dan menikmati keindahan alam tersebut.

Jadi, jika ingin liburan bersama keluarga, cobalah untuk membawa alas yang lebih lebar dan beberapa bekal. Di sini, Anda dan keluarga bisa berpiknik sambil menikmati keindahan alam pantai yang akan membuat pikiran kembali segar, sehingga lebih bersemangat melakukan kegiatan padat keesokannya.

2. Batu Bergoyang

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Watu Godeg dan menjadi faktor pengambilan namanya adalah keberadaan batu bergoyang. Anda bisa melihat ilusi batu tersebut saat air sedang pasang karena terbawa ombak. Suara ombak yang menerjang karang pun akan terasa lebih menenangkan.

Meskipun batu ini terlihat biasa saja, namun tidak sedikit wisatawan berkunjung ke sini hanya untuk melihat fenomena tersebut. Anda juga bisa berjalan-jalan santai mengelilingi batu yang lokasinya sedikit dekat dengan bibir pantai, jadi tidak akan terlalu membahayakan bagi wisatawan.

3. Tempat Foto Instagenic

Liburan tanpa mengambil gambar memang kurang lengkap, apalagi jika tempat yang Anda kunjungi mampu menawarkan keindahan alam yang tiada duanya. Selain itu, ada banyak spot foto yang bisa wisatawan gunakan sebagai latar belakang, mulai dari pasir hitam, batu besar, hingga panorama pantai.

Anda juga bisa menghasilkan gambar yang menarik serta dapat membuat tampilan akun instagram atau sosial media lainnya terlihat lebih cantik. Jadi, jangan lupa untuk membawa kamera yang bagus ke tempat ini agar hasilnya memiliki resolusi yang luar biasa.

Alamat Menuju Pantai Watu Godeg

Sebelum berkunjung, Anda harus mengetahui secara jelas mengenai alamat atau lokasi dari tempat wisata ini supaya bisa menentukan rute yang tepat, terutama bagi wisatawan yang berasal dari luar kota. Pantai Watu Godeg ini berlokasi di Desa Bulurejo, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang.

Akses menuju tempat wisata ini cukup bagus dan keseluruhan jalan rata-rata beraspal. Jadi, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat tanpa harus khawatir terkendala mengenai rutenya. Meskipun begitu, tetap pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan bagus.

Rute Menuju Pantai Watu Godeg

Rute Menuju Pantai Watu Godeg
Source: https://goo.gl/maps/hxTCnd4QZipdVxLD8

Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota dan belum terlalu paham mengenai seluk beluk jalan yang ada di Lumajang, bisa menggunakan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone atau fitur GPS di dashboard mobil. Keduanya memiliki cara kerja yang sama.

Pengguna hanya perlu menentukan tempat tujuan mereka. Nantinya, secara otomatis dua aplikasi tersebut akan menunjukkan rute tercepat dan terlengkap menuju tempat wisata serta kondisi jalannya pada saat itu. Cara ini dapat meminimalisir terjadinya kendala, seperti tersesat selama perjalanan.

Jika Anda bergerak dari pusat Kota Lumajang menuju tempat wisata ini, jarak tempuhnya adalah 69.9 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 49 menit melalui Jalan Merdeka Bodang. Estimasi tersebut bisa berubah tergantung kecepatan berkendara dan kondisi jalan pada saat itu.

Itu tadi informasi berkaitan dengan daya tarik wisata alam Pantai Watu Godeg Lumajang yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar tempat liburan untuk dihabiskan bersama keluarga. Semoga artikel di atas dapat memberi gambaran lengkap dan detail kepada pembaca mengenai topik pembahasannya.