9+ Pesona Keindahan Coban Sriti Lumajang

Coban Sriti

Lumajang menjadi salah satu kota yang banyak menawarkan destinasi wisata alam untuk masyarakat kunjungan bersama keluarga atau teman-teman, seperti Coban Sriti. Tempat ini menyediakan keindahan air terjun yang berada dekat di Gunung Semeru dan airnya pun dari kawasan gunung tersebut.

Informasi Umum Coban Sriti

Informasi Umum Coban Sriti
Source: https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2019/02/14/1050663/540×270/keindahan-air-terjun-coban-sriti-nan-megah-dan-perawan-di-lumajang.jpg

Anda bisa melihat keindahan Coban Sriti ini dari ketinggian. Kawasannya berbentuk seperti lingkaran yang dikelilingi dengan tebing dan pepohonan pinus rimbun nan hijau membuat tempat tersebut terlihat sangat asri. Selain itu, aliran dari air terjun berasal dari Sungai Lengkong.

Ketinggian air terjunnya sendiri mencapai 120 meter dan menjadi salah satu kawasan wisata air terjun yang paling tinggi di Indonesia. Tidak hanya itu, keindahannya juga terlihat jelas karena tebing-tebing yang berjejer di sebelah kanan serta bagian kirinya dengan ketinggian mencapai 150 meter.

Namun, sayangnya wisatawan tidak diperbolehkan berenang di area kolam air terjun karena cukup membahayakan sebab aliran airnya keras. Jadi, Anda hanya boleh bermain air di aliran sungainya saja untuk melindungi diri dari kejadian yang mungkin saja terjadi selama liburan.

Jam Buka Coban Sriti

Jam Buka Coban Sriti
Source: https://www.nativeindonesia.com/foto/2020/10/Coban-Sriti-Disebut-Juga-Coban-Wolu.jpg

Untuk menikmati keindahan alam yang ada di sekitar air terjun ini, Anda bisa melakukan kunjungan selama 24 jam setiap harinya. Mengingat belum ada keputusan resmi mengenai jam buka serta tutupnya, sebab pengelolaannya masih belum terlalu optimal.

Namun, sebaiknya Anda berkunjung saat cuaca sedang bagus supaya debit air terjun tidak terlalu deras dan penerangan menuju tempat tersebut masih baik. Apalagi jika ingin pergi liburan bersama keluarga, pastinya ingin pendakian tersebut berjalan sesuai keinginan.

Harga Tiket Masuk Coban Sriti

Harga Tiket Masuk Coban Sriti
Source: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2022/02/273275640-523987472262091-9087451254360922601-n-3f470419c48481a410869607195370a0-2e9b7279c58edb5c57d5e9083500ac73.jpg

Informasi selanjutnya yang harus Anda ketahui jika ingin berkunjung ke kawasan wisata Coban Sriti adalah harga tiket masuknya. Mengingat setiap tempat wisata memiliki besaran biaya tiket masuk berbeda-beda, jadi wisatawan perlu mempersiapkan budget yang pas untuk melakukan kunjungan.

Untuk bisa berkunjung kesini, wisatawan hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp10.000/ orangnya. Selain itu, wisatawan juga harus mengeluarkan uang membayar biaya retribusi parkir kendaraan sebesar Rp5.000. Jadi, satu kali kunjungan hanya Rp15.000 saja.

Tentu itu merupakan nominal yang sangat terjangkau karena Anda dapat melihat keindahan dari tempat wisata alam ini tanpa batas. Untuk menghemat biaya pengeluaran selama liburan, jangan lupa membawa bekal, baik makanan ringan atau berat dan bawa sampahnya agar tempat ini terjaga kebersihannya.

Fasilitas di Coban Sriti

Fasilitas di Coban Sriti
Source: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2022/02/71698290-821340091632928-7612321038566808804-n-3f470419c48481a410869607195370a0-4b805efc7dabd0715883e1aff635815f.jpg

Untuk fasilitasnya belum lengkap karena tempat ini sendiri merupakan kawasan wisata alam. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan selama liburan, Anda bisa mendapatkannya di pemukiman setempat sebelum berjalan kaki ke area air terjun, misalnya seperti area parkir, toilet, warung makan, dan tempat beribadah.

Jadi, pastikan semua kebutuhan Anda sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum melakukan kunjungan. Selain itu, pastikan juga untuk membawa keperluan pribadi, seperti obat-obatan, pakaian ganti jika perlu, dan kamera yang kondisi dayanya penuh agar lebih leluasa mengambil gambar nantinya.

Selain itu, sebelum berkunjung pastikan kondisi badan dalam keadaan fit agar perjalanan menuju tempat wisata tidak terhalang apapun dan tidak menimbulkan masalah nantinya.

Pesona Keindahan Coban Sriti

Pesona Keindahan Coban Sriti
Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/Spot-Wisata-di-Coban-Sriti.jpg

Setiap tempat wisata alam pastinya memiliki keindahan tersendiri, sama halnya dengan Coban Sriti yang juga menawarkan pesona keindahan tiada duanya. Jadi, Anda akan sangat dimanjakan jika berkunjung kesini. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak ulasan lengkap di bawah ini!

1. Pesona Air Terjun

Pesona yang pertama dan bisa wisatawan temukan langsung saat sampai di kawasan wisata ini adalah kecantikan air terjunnya. Ketinggian air terjun yang mencapai 120 meter dengan debit air yang cukup besar membuat suara gemuruh air yang jatuh terasa lebih menenangkan dan mampu melepas penat.

Tempat ini juga banyak pengunjung rekomendasikan sebagai tempat menghabiskan waktu sendirian setelah lelah melakukan berbagai aktivitas padat sehari-harinya. Anda bisa duduk santai di atas bebatuan sambil menikmati hangatnya kopi di tengah udara sejuk di kawasan ini.

2. Tebing Tinggi

Panorama keindahan yang tersedia bukan hanya air terjunnya saja, melainkan juga deretan tebing yang berdiri kokoh dan bahkan ada pepohonan tumbuh di sela-sela tebing tersebut membuat pemandangan alam yang sangat asri lebih terasa. Anda dapat melepas rasa penat selama perjalanan setelah sampai.

Selain itu, tempat wisata ini juga menjadi yang tertinggi di Indonesia. Jadi, tidak perlu lagi keluar negeri untuk bisa menikmati keindahan alam tiada duanya, cukup ke Coban Sriti yang berada di Lumajang. Bagi para pecinta petualang, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengunjungi air terjun ini.

3. Spot Foto Menarik

Tidak sedikit wisatawan melakukan kunjungan ke tempat ini hanya untuk mengambil gambar yang mereka suka. Selain itu, ada banyak spot foto menarik yang bisa Anda jadikan sebagai latar belakang untuk mempercantik hasil gambar agar lebih cocok jika ingin mengunggahnya di laman akun sosmed.

Adapun beberapa latar belakang yang bisa Anda gunakan, seperti air terjun, tebing, pepohonan, hingga jalur menuju air terjun ini. Tenang saja, jalurnya sudah cukup aman karena tersedia pagar bambu sebagai tempat wisatawan meletakkan tangan mereka selama meniti jalan menuju tempat wisata satu ini.

Alamat Menuju Coban Sriti

Sebelum berkunjung, Anda perlu mengetahui secara lengkap informasi mengenai alamat Coban Sriti berada agar dapat menentukan rute tepat menuju tempat wisata satu ini. Air terjun ini berlokasi di Dusun Pronojiwo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Akses jalan menuju tempat ini cukup bagus, jadi Anda tidak perlu lagi bingung ingin menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Meskipun begitu, tetap pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima agar lebih lancar dalam melakukan perjalanan jauh menuju kawasan wisata ini.

Rute Menuju Coban Sriti

Rute Menuju Coban Sriti
Source: https://goo.gl/maps/1LiW17x7beRRHyEy9

Selanjutnya, berkaitan dengan rute menuju Coban Sriti. Jika Anda bergerak dari pusat kota Lumajang, bisa menggunakan Jalan Nasional Lumajang – Malang, kemudian arahkan kendaraan melalui jalur tersebut hingga sampai ke Pronojiwo. Setelah itu, wisatawan akan berhenti di lahan parkir yang tersedia.

Kemudian, melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju air terjun ini. Estimasi waktunya sekitar 15 menit tergantung kondisi jalan pada saat itu. Selama perjalanan tersebut, Anda harus berhati-hati karena jalurnya memiliki kemiringan yang cukup tajam dan di bagian sisi kanan kirinya terdapat jurang.

Jika Anda masih bingung menuju tempat wisata ini, terutama bagi wisatawan yang berasal dari luar kota, bisa menggunakan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone. Aplikasi ini berguna untuk menunjukkan rute tercepat dan kondisi jalan pada saat itu hingga pengguna sampai ke tujuan.

Itu tadi informasi berkaitan dengan pesona keindahan Coban Sriti di Lumajang yang bisa Anda jadikan opsi kunjungan bersama keluarga atau teman saat akhir pekan tiba. Semoga artikel di atas dapat memberi gambaran secara detail kepada pembaca mengenai topik pembahasannya.