11+ Daya Tarik Air Terjun Kabut Pelangi Lumajang

Air Terjun Kabut Pelangi

Lumajang menjadi salah satu kota yang menyediakan banyak destinasi wisata alam di Jawa Timur. Selain itu, keasriannya sudah sangat terkenal hingga ke telinga wisatawan yang berasal dari luar negara. Anda juga bisa menjadikan tempat ini sebagai destinasi menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Informasi Umum Air Terjun Kabut Pelangi

Informasi Umum Air Terjun Kabut Pelangi
Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/Air-Terjun-Kabut-Pelangi-Lumajang.jpg

Sebelum mengetahui informasi detail mengenai tempat wisata ini, Anda juga perlu mengetahui latar belakang pengambilan namanya. Sesuai dengan namanya, air terjun ini seringkali memunculkan pelangi, sehingga warga setempat pun menamainya sebagai air terjun kabut pelangi.

Pelangi di tempat ini terjadi karena membiasnya air terjun saat bertemu cahaya matahari. Namun, Anda tidak bisa menikmati pelangi itu setiap saat, karena hanya muncul beberapa waktu saja. Tidak perlu kecewa, karena keindahan alam di sekitar tempat ini juga akan memanjakan mata pengunjung.

Air terjunnya memiliki ketinggian yang cukup fantastis, yakni sekitar 100 meter. Sedangkan lokasi tempat wisata berada di ketinggian mencapai 1.229 mdpl. Jadi, saat berkunjung wisatawan dapat merasakan sejuknya udara sekitar yang dapat membuat rasa penat setelah melakukan banyak kegiatan hilang.

Jam Buka Air Terjun Kabut Pelangi

Jam Buka Air Terjun Kabut Pelangi
Source: https://wisatamilenial.com/wp-content/uploads/2021/11/Air-Terjun-Kabut-Pelangi-Lumajang-Image-From-@galuh_as.adi_w.jpg

Karena termasuk ke dalam kawasan wisata alam, Anda bisa melakukan kunjungan kapanpun dari Senin sampai Minggu dari pukul 07.00 sampai 17.30 WIB. Jadi, tidak perlu bingung lagi menentukan waktu berkunjung dan menyesuaikan jadwal kegiatan sehari-harinya karena sudah pasti lebih mudah.

Meskipun begitu, banyak wisatawan melakukan kunjungan di pagi dan siang hari agar pencahayaan mataharinya masih terlihat dengan terang sehingga membantu menerangkan rute menuju tempat wisata tersebut. Selain itu, berkunjunglah saat cuaca bagus agar debit air tidak terlalu deras.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kabut Pelangi

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kabut Pelangi
Source: https://www.travelloratour.com/wp-content/uploads/2019/10/Wisata-Air-Terjun-Kabut-Pelangi-Lumajang.jpg?x56355

Setiap tempat wisata pastinya memiliki harga tiket masuk yang berbeda-beda, sama halnya jika Anda hendak berkunjung ke Air Terjun Kabut Pelangi ini. Wisatawan perlu membayar biaya sebesar Rp5.000/ orang. Sedangkan untuk biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk motor saja.

Selain biaya di atas, Anda tidak perlu membayar biaya lainnya. Jadi, berkunjung kesini bisa dijadikan sebagai solusi untuk menghabiskan waktu liburan lebih menyenangkan bersama keluarga tanpa mengeluarkan budget terlalu banyak. Untuk perbekalan, di sini sudah ada beberapa warung.

Anda juga bisa membawa perbekalan berkaitan dengan makanan, baik makanan ringan atau berat agar tidak terlalu banyak mengeluarkan dana saat liburan nantinya. Pastikan untuk memperhitungkan segala kebutuhan supaya tidak terjadi kendala selama melakukan kegiatan liburan tersebut nantinya.

Fasilitas di Air Terjun Kabut Pelangi

Fasilitas di Air Terjun Kabut Pelangi
Source: https://ksmtour.com/media/images/articles16/air-terjun-kabut-pelangi-lumajang-jawa-timur.jpg

Untuk fasilitas, sudah ada cukup beberapa fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan wisatawan selama berkunjung ke tempat wisata alam satu ini. Adapun beberapa fasilitas umum yang bisa pengunjung gunakan, seperti lahan parkir kendaraan yang luas dan warung makan di sepanjang rute menuju air terjun.

Untuk fasilitas lain seperti toilet, tempat beribadah, penginapan, dan lain sebagainya mungkin bisa Anda temukan di sepanjang jalan menuju kawasan wisata tersebut. Oleh karena itu, sebelum berkunjung sebaiknya jangan lupa untuk membawa kebutuhan pribadi, seperti obat-obatan, pakaian ganti, dan lainnya.

Selain itu, jangan lupa juga membawa kamera supaya Anda lebih leluasa mengambil gambar dalam resolusi yang lebih bagus dan tentunya tidak akan kehabisan daya terlalu cepat. Bukan hanya itu saja, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima saat hendak melakukan kunjungan ke tempat wisata ini.

Daya Tarik Air Terjun Kabut Pelangi

Daya Tarik Air Terjun Kabut Pelangi
Source: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2022/02/20220227-175324-329ae2b286ff7799fbbec7d4597d307a-8c5e8273426077f51117b4a6747a73cf.jpg https://wisatamilenial.com/wp-content/uploads/2021/11/Air-Terjun-Kabut-Pelangi-Lumajang-Image-From-@galuh_as.adi_w.jpg

Air terjun kabut pelangi ini menyediakan daya tarik yang unik dan memukau bagi wisatawan, sehingga tak heran jika tempat ini selalu ramai pengunjung, terutama saat akhir pekan. Bagi Anda yang baru saja ingin merencanakan kunjungan, ketahui informasi lengkap mengenai hal tersebut di bawah ini!

1. Panorama Air Terjun

Daya tarik paling utama di tempat ini adalah panorama air terjunnya yang sangat cantik. Debit air yang cukup deras membuat suara gemuruhnya terasa lebih menenangkan. Tak heran jika banyak orang menjadikannya sebagai tempat menghilangkan rasa penat setelah beraktivitas sehari-harinya.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menyantap beberapa hidangan yang dibeli di warung-warung sebelumnya di tempat ini. Namun, jangan lupa untuk membawa sampahnya kembali pulang agar lokasi wisata tetap terjaga kebersihannya, sehingga lebih banyak lagi wisatawan akan melakukan kunjungan.

2. Spot Foto Menarik

Air terjun ini menjadi destinasi pilihan yang bisa Anda jadikan sebagai tempat berburu foto aesthetic dengan latar belakang yang pastinya memukau. Ada banyak spot foto cantik yang dapat wisatawan gunakan, seperti air terjun, bebatuan, tebing tinggi, pepohonan, bahkan pelangi jika beruntung.

Jadi, jika berkunjung kesini, jangan lupa untuk mengisi daya pada kamera hingga full agar lebih leluasa mengambil gambar dalam jumlah yang lebih banyak. Selain itu, menggunakan kamera membantu Anda mendapatkan hasil foto dengan resolusi yang lebih bagus

3. Perpaduan Pelangi dan Air Terjun

Daya tarik berikutnya yakni adanya pelangi yang bisa Anda lihat ketika berkunjung di waktu yang tepat. Selain itu, pelangi ini juga berada dekat di area air terjun. Jadi, wisatawan dapat melihat keindahan pelangi dan air terjun secara sekaligus yang tentunya akan membuat waktu liburan terasa menyenangkan.

Oleh karena itu, coba tentukan jadwal kunjungan saat cuaca sedang bagus dan ada cukup banyak sinar matahari yang bisa area tersebut dapatkan. Dengan begitu, lebih mudah bagi Anda melihat panorama keindahan pelangi sambil duduk santai di atas bebatuan yang ada di bawah air terjun.

Alamat Menuju Air Terjun Kabut Pelangi

Informasi berikutnya yang perlu Anda ketahui berkaitan dengan alamat lengkap dari tempat wisata ini agar bisa dengan mudah menentukan jadwal kunjungan bersama keluarga nantinya. Air Terjun Kabut Pelangi ini berlokasi di Mulyoharjo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Akses menuju tempat ini sudah bagus karena dekat dengan pusat kota. Jadi, Anda tidak perlu lagi bingung hendak melakukan kunjungan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Rute Menuju Tempat Wisata

Rute Menuju Tempat Wisata
Source: https://goo.gl/maps/TSSaGZ3HKwwyBMdy6

Untuk bisa ke tempat wisata ini, Anda dapat mengambil jalur Jl. Raya Lumajang – Malang, dengan jarak tempuh sekitar 1 kilometer dari Polisi Sektor Pronojiwo. Setelah itu, wisatawan perlu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menempuh rute yang cukup menantang ke tempat tersebut.

Selain itu, medan yang cukup ekstrim karena wisatawan perlu melalui perbukitan yang cukup terjal juga menjadi tantangan tersendiri selama perjalanan. Namun, semua itu akan terbayarkan jika sudah sampai di Air Terjun Kabut Pelangi karena rasa penat akan hilang sebab keindahannya.

Bagi wisatawan yang tidak terlalu tahu mengenai rute menuju tempat wisata tersebut, bisa menggunakan aplikasi Google Maps untuk membantu menunjukkan rute tercepat dan lengkapnya.

Itu tadi informasi berkaitan dengan daya tarik Air Terjun Kabut Pelangi yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau tepat. Semoga artikel di atas dapat memberi gambaran secara detail kepada pembaca mengenai topik pembahasannya.