7+ Keindahan Wisata di Desa Oro-Oro Ombo Lumajang

Oro-Oro Ombo

Tidak hanya menyediakan destinasi wisata saja, namun Lumajang juga memberikan akses yang sangat mudah kepada para pengunjung untuk menikmati keindahan alam di sekitar desa, salah satunya di Oro-Oro Ombo. Ini merupakan desa yang terletak di kawasan Gunung Semeru.

Informasi Umum Desa Oro-Oro Ombo

Informasi Umum Desa Oro-Oro Ombo
Source: https://www.superlive.id/storage/superadventure/2019/03/08/3e481a6787f4.jpg

Oro-Oro Ombo adalah salah satu desa yang berada di Lumajang. Banyak orang mengenal desa ini sebagai tempat untuk menikmati keindahan Gunung Semeru tanpa harus melakukan pendakian. Selain itu, kawasan ini juga memiliki suasana yang sangat sejuk karena berada di area pegunungan.

Panorama yang tiada duanya akan membuat siapapun yang berkunjung kesini merasa nyaman karena dapat melupakan sejenak rasa penat dan beban pikiran karena kegiatan sehari-harinya. Tidak hanya itu, hamparan padang rumput yang ikut menyambut selama perjalanan akan terasa menenangkan.

Tak heran jika banyak wisatawan menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman di tempat ini. Apalagi kawasan ini jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang memuakkan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan berkunjung kesini saat berada di Lumajang dan nikmati pemandangan indah di sekitarnya.

Jam Buka Desa Oro-Oro Ombo

Jam Buka Desa Oro-Oro Ombo
Source: https://assets-a1.kompasiana.com/items/album/2022/10/24/whatsapp-image-2022-10-24-at-01-17-38-635585824addee07b36fdbc2.jpeg?t=o&v=770

Anda bisa berkunjung ke desa ini kapanpun karena tempat ini buka selama 24 jam, setiap harinya. Namun, supaya lebih sesuai dengan peraturan kunjungan, sebaiknya lakukan kunjungan di pagi dan sore hari saja. Di pagi hari, udara terasa masih sangat segar dan tentunya sejuk serta bisa melihat Gunung Semeru secara jelas.

Sedangkan di sore hari, Anda bisa melihat keindahan matahari tenggelam dan langit senja yang menyatu menjadi satu membuat panorama di sekitarnya terasa lebih menenangkan. Pastikan juga berkunjung saat cuaca sedang bagus agar dapat melihat dengan jelas pemandangan Gunung Semeru.

Selain itu, jangan lupa untuk memastikan kondisi badan dalam keadaan prima saat berkunjung agar tidak terjadi kendala selama melakukan kegiatan liburan ke tempat ini.

Harga Tiket Masuk Desa Oro-Oro Ombo

Harga Tiket Masuk Desa Oro-Oro Ombo
Source: https://lumajangsatu.com/po-content/uploads/oro-oro-ombo.jpeg

Untuk bisa menikmati keindahan alam yang tersedia di desa ini, Anda tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Jadi, tempat ini bisa dijadikan sebagai solusi terbaik menghabiskan waktu liburan bersama seluruh anggota keluarga besar tanpa harus menghabiskan terlalu banyak dana.

Mungkin Anda hanya perlu membayar biaya retribusi parkir kendaraan karena lahan parkirnya berada di pemukiman warga setempat. Rentan harga yang harus wisatawan bayarkan antara Rp3.000 sampai Rp5.000 saja sesuai dengan jenis kendaraannya.

Fasilitas di Desa Oro-Oro Ombo

Fasilitas di Desa Oro-Oro Ombo
Source: https://statik.tempo.co/data/2020/02/17/id_915769/915769_720.jpg

Karena termasuk ke dalam kawasan wisata berupa area pedesaan, tentu sudah ada banyak fasilitas yang tersedia di tempat ini untuk mendukung kegiatan wisatawan selama liburan. Adapun beberapa fasilitas umum tersebut, seperti toilet, tempat beribadah, lahan parkir, warung wisata, dan lain-lain.

Jadi, Anda tidak perlu lagi membawa bekal terlalu banyak dari rumah, kecuali ingin menghemat pengeluaran selama liburan. Selain itu, tidak usah bingung mencari lahan parkir untuk memarkirkan kendaraan selama melakukan kegiatan liburan di kawasan wisata satu ini, sebab sudah tersedia area cukup luas.

Meskipun begitu, jangan lupa untuk membawa kebutuhan pribadi, berupa obat-obatan, pakaian ganti jika perlu, jaket, bekal, dan kamera. Kamera ini sangat berguna bagi Anda untuk mengabadikan setiap momen keindahan alam yang tersaji di kawasan wisata ini supaya dapat menghasilkan gambar resolusi baik.

Keindahan Wisata di Desa Oro-Oro Ombo

Keindahan Wisata
Source: https://www.superlive.id/storage/superadventure/2019/03/08/87ccb22b71bc.jpg

Tidak hanya menawarkan suasana pedesaan yang masih sangat asri saja, namun tempat ini juga menyediakan beberapa panorama alam yang tidak bisa Anda temukan di tempat lainnya. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, simak ulasannya di bawah ini!

1. Kegagahan Gunung Semeru

Dari Oro-Oro Ombo, Anda bisa melihat kegagahan Gunung Semeru yang berdiri kokoh di tempatnya. Padahal, wisatawan tidak perlu mendaki gunung untuk menikmati panorama indah alam tersebut. Namun, untuk menikmati keindahannya secara jelas, sangat dianjurkan berkunjung di pagi dan sore hari.

Di waktu tersebut, udara akan terasa sangat segar dan matahari tidak terlalu terik. Selain itu, Anda bisa dengan mudah melihat keindahan gunung serta matahari tenggelam yang bersembunyi di baliknya. Jadi, jangan sampai berkunjung saat cuaca sedang mendung karena gunung pastinya tertutup awan.

2. Area Persawahan

Untuk mengembalikan lagi kesegaran pikiran dan tubuh, Anda bisa berkunjung kesini guna melihat pemandangan hijau area persawahan yang tentunya akan sangat menyegarkan bagi mata. Wisatawan akan terasa lebih menyatu dengan alam apalagi jika sawah padi sudah berubah menguning.

Tempat ini cocok bagi Anda untuk merelaksasikan sejenak rasa penat dan pikiran yang penuh akan kegiatan padat dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, hamparan hijau area persawahan dengan perpaduan keindahan alamnya membuat siapapun terpesona saat melihatnya.

3. Pemandangan Cantik Selama Perjalanan

Tidak hanya saat sampai di kawasan wisata saja Anda bisa menikmati keindahan alam tersebut, selama perjalanan, udara sejuk akan ikut menemani untuk membuat pikiran kembali segar dan bersemangat melakukan berbagai kegiatan yang pastinya membuat waktu liburan terasa lebih menyenangkan.

Anda bisa melihat hamparan persawahan yang menghijau, padang rumput, dan gagahnya Gunung Semeru dari kejauhan. Jadi, jika berkunjung kesini jangan lupa untuk membawa kamera agar dapat lebih leluasa mengambil gambar sesuai keinginan serta dalam jumlah yang lebih banyak tentunya.

Alamat Menuju Desa Oro-Oro Ombo

Informasi berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan jika ingin berkunjung ke suatu tempat wisata yang tidak pernah dikunjungi sebelumnya adalah mengetahui alamat lengkapnya. Desa Oro-Oro Ombo ini terletak di Oro-Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur.

Akses menuju tempat sudah cukup bagus, jadi wisatawan tidak perlu lagi khawatir jika ingin melakukan kunjungan ke destinasi wisata alam satu ini, baik menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Keduanya akan sangat membantu hingga sampai ke tujuan.

Rute Menuju Desa Oro-Oro Ombo

Rute Menuju Destinasi Wisata
Source: https://goo.gl/maps/sPpMQo7JYwrpCoay6

Berikutnya, wisatawan juga perlu mengetahui secara lengkap rute menuju tempat wisata, terutama bagi mereka yang berasal dari luar kota. Untuk memfasilitasi hal tersebut, coba gunakan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone atau fitur GPS yang ada di dashboard mobil.

Cara kerja keduanya hampir sama, Anda hanya perlu menentukan tujuan atau destinasi tempat yang ingin dikunjungi. Setelah itu, aplikasi akan menampilkan secara lengkap rute menuju tempat tersebut dan kondisi jalannya, apakah macet atau tidak. Jadi, pengguna hanya perlu mengikuti arah panah saja.

Jika Anda bergerak dari pusat Kota Lumajang menuju tempat ini, jarak tempuhnya adalah 35.3 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 22 menit. Estimasi tersebut tentu berbeda-beda sesuai dengan kecepatan saat berkendara dan kondisi jalan pada saat itu.

Itulah informasi mengenai pesona keindahan destinasi wisata alam desa Oro-Oro Ombo Lumajang yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar tempat yang harus dikunjungi saat berada di Lumajang. Semoga artikel ini dapat memberi gambaran secara detail kepada pembaca mengenai topik pembahasannya.