49+ Mengetahui Prospek, Peluang, dan Gaji Penyanyi di Indonesia

gaji penyanyi

Penyanyi merupakan salah satu profesi yang sangat eksis di seluruh negara bahkan di Indonesia. Tentu saja untuk menjadi penyanyi modal pertama yang harus seseorang siapkan adalah suara bagus dan merdu. Kebanyakan profesi ini selalu menjadi sorotan karena penampilannya. Lalu Berapakah gaji penyanyi dan bagaimana peluang profesi ini di Indonesia.

Baca juga : Gaji Dokter Gigi

Mengetahui Deskripsi Penyanyi

Hampir semua orang mungkin sudah tahu definisi dari seorang penyanyi. Profesi ini memang banyak orang impikan dan menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji menggiurkan jika sukses. Meskipun orang sudah tidak asing dengan profesi penyanyi, banyak yang belum tahu definisinya.

Penyanyi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sebuah pekerjaan yang pekerjaannya menyanyikan lagu. Karena peradaban dan kehidupan manusia terus berkembang, maka sekarang penyanyi pun mengalami perkembangan.

Penyanyi terdiri dari beberapa jenis seperti penyanyi solo atau sendirian dan duet atau berdua. Bahkan sekarang trennya adalah penyanyi grup atau paduan suara. Untuk penyanyi tradisional sendiri di Indonesia cukup eksis dan bisa Anda temukan dengan mudah seperti sinden.

Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Penyanyi

Dalam menjalankan pekerjaan ini, seorang penyanyi mendapatkan beberapa tanggung jawab dan tugas. Sama halnya dengan pekerjaan lain, tugas dan tanggung jawab ini merupakan hal yang harus penyanyi lakukan. Apalagi gaji penyanyi sekarang besar tentu tugasnya juga cukup menantang. Berikut adalah beberapa tugas dari seorang penyanyi.

  • Melatih suara atau vokal
  • Melatih pernapasan untuk meningkatkan karir
  • Menyampaikan pesan dari lagu dengan baik kepada penonton atau pendengar
  • Menyanyikan nada sesuai irama dan karakter vokal masing masing
  • Tampil secara impresif dan memberikan kesan kepada penonton
  • Membawakan lagu dengan menghayati dari sisi emosi

Kualifikasi Seorang Penyanyi yang Harus Dimiliki

Sebagai seorang penyanyi tentu saja Anda harus memahami dan mempelajari dengan baik beberapa ketentuannya. Kualifikasi penyanyi ini mengacu pada bagaimana seseorang menyampaikan sebuah lagu dengan karakteristik sendiri, berikut adalah kualifikasi seorang penyanyi.

  • Mampu melihat dan membaca notasi musik ( not Balok )
  • Karakter vokal dan suara yang indah serta khas (berbeda dengan penyanyi lainnya)
  • Pita suara dan tenggorokan harus lentur tidak tegang
  • Menyayati sebuah lagu
  • Dapat merasakan irama dan tempo lagu sendiri ketika bersenandung
  • Memiliki sebuah kharisma yang menarik orang
  • Mampu menguasai panggung
  • Memiliki musikalitas dan dapat memainkan alat musik
  • Dapat menampilkan bahasa tubuh selaras dengan irama saat bernyanyi
  • Bekerja sama dengan tim label
  • Bekerja sama dengan panitia, kru, dan juga host
  • Mampu mencerna dan meng interpersonal dengan baik
  • Menjaga pola makan dan fisik serta mental
  • Punya mental tangguh dalam menghadapi berbagai orang
  • Selalu siap berkarya

Pendidikan yang Bisa Seorang Penyanyi Ambil

Terdapat beberapa jurusan pendidikan yang seseorang dapat tempuh apabila ingin meniti karir di dunia entertainment sebagai penyanyi. Selain mengetahui prospek, peluang, dan gaji penyanyi, hal ini juga penting. Jurusan ini dapat menjadi batu loncatan agar Anda semakin mudah mendapatkan pekerjaan di dunia tarik suara, berikut adalah beberapa jurusannya.

1. Jurusan Seni Musik

Untuk beberapa universitas dengan fokus pendidikan musik, ada jurusan kuliah seni musik. Jurusan ini merupakan sebuah bidang ilmu yang membantu Anda dalam memahami lebih dalam berbagai pengetahuan tentang musik baik alat musik, teknik suara, dan lain sebagainya.

Apabila Anda ingin menjadi seorang penyanyi dari jurusan ini, tentu saja mempelajari pengetahuan mengenai teknik bernyanyi dan pengolahan suara adalah keputusan tepat. Jurusan ini dapat memberikan informasi tersebut dengan sangat baik.

2. Les Vokal

Les vokal sebenarnya bukan pengetahuan yang Anda dapatkan dari pendidikan formal di bangku kuliah. Ilmu mengenai les vokal ini bisa seseorang dapatkan di beberapa kursus bernyanyi, dan kebanyakan les vokal ini berada di bawah naungan beberapa dosen di universitas berbasiskan musik.

Dengan kata lain dengan mempelajari teknik vokal, Anda dapat memiliki suara yang sangat indah dan bagus. Setidaknya seseorang dapat memiliki pemahaman mendalam mengenai nada sehingga bernyanyi dengan suara fals bisa terhindarkan.

3. Jurusan Mengenai Audio Engineering

Selanjutnya ada jurusan audio engineering yang dapat membantu seseorang memahami lebih dalam mengenai rekayasa music. Dalam jurusan ini Anda akan mempelajari bagaimana mengelola dunia musik dari penyanyi, band dari balik layar.

Misalnya saja ada seorang penyanyi yang ingin merekam musik atau suara. Untuk menciptakan harmoni yang pas jurusan ini memiliki peran yang sangat besar. Tidak heran jika para penyanyi juga terkadang mengambil jurusan ini untuk memperdalam pengetahuannya.

Gaji Penyanyi Seorang Penyanyi di Indonesia

Seperti Anda tahu, penyanyi merupakan sebuah profesi yang mendapatkan penghasilan dengan sistem pembayaran honor. Memang seorang penyanyi tidak memiliki sistem gaji seperti para pekerja, akan tetapi sekali mendapatkan bayaran maka penghasilannya bisa cukup besar. Berikut adalah gaji penyanyi berdasarkan penyanyi terkenal

  • Rhoma Irama gajinya sekitar Rp. 100.000.000 sampai Rp. 300.000.000
  • Brisia Jodie gajinya sekitar Rp. 40.000.000
  • Inul Daratista Rp. 100.000.000 sampai Rp. 300.000.000
  • Syahrini gajinya sekitar Rp. 250.000.000
  • Ayu Ting-Ting Rp. 100.000.000 sampai Rp. 200.000.000
  • Via Vallen Rp. 150.000.000
  • Judika Rp. 125.000.000
  • Agnez Mo Rp. 150.000.000 (per 2 lagu)
  • Rossa Rp. 350.000.000 sampai Rp. 500.000.000
  • Tulus Rp. 50.000.000

Prospek Kerja Seorang Penyanyi dan Tempat Bekerjanya

Sama halnya dengan pekerjaan lainnya seorang penyanyi tentu memiliki jenjang dalam berkarir. Tentu saja jenjang karir dari pekerjaan satu dan lainnya sangatlah berbeda. Selain itu tempat penyanyi untuk melakukan aksinya juga beraneka ragam, berikut adalah jenjang atau prospek kerja serta tempat bekerjanya para penyanyi.

1. Prospek dan Jenjang Karir seorang Penyanyi

Seorang penyanyi nasibnya sangat bergantung pada karyanya sebagaimana seorang seniman. Misalnya Anda belum membuat ataupun menciptakan album atau lagu maka karir tidak akan berkembang. Namun sebaliknya karir bisa melejit jika lagu berhasil orang sukai.

Ketika Anda sudah membuat banyak lagu dan album, tidak perlu semuanya akan tetapi ada beberapa yang hits, maka karir seorang penyanyi pun akan meningkat. Hal ini akan berdampak pada kepopuleran dan mendapatkan berbagai job lainnya seperti di undang ke TV, acara, dan lain sebagainnya.

2. Dimanakah Seorang Penyanyi bekerja ?

Sebagai seorang penyanyi tentu tempat bekerja bergantung pada di mana Anda menghibur. Penyanyi adalah seorang penghibur, dengan kata lain tempat bekerja atau menampilkan performa sangat fleksibel. Bisa saja tampil di stasiun tv, panggung, lapangan dan stadion.

Beberapa penyanyi pemula juga terkadang menghabiskan waktu karir awalnya di kafe. Terkadang penyanyi juga harus siap tampil di berbagai kondisi seperti outdoor maupun indoor. Menariknya lagi apabila ada event ulang tahun maka akan banjir job baik dari dunia entertainment ataupun lainnya.

Kiat Sukses Menjadi Seorang Penyanyi yang Sukses dan Profesional

Penyanyi merupakan sebuah profesi yang memang menjadi pekerjaan dengan gaji yang luar biasa besar. Tidak heran jika banyak orang menginginkan posisi ini dan berusaha keras menjadi seorang penyanyi yang baik. Selain mengetahui prospek, peluang, dan gaji penyanyi, hal ini juga penting. Berikut adalah kiat sukses menjadi penyanyi sukses.

1. Memahami Apa saja yang Harus Penyanyi Profesional Lakukan

Untuk bisa mencapai level penyanyi profesional dengan job besar, seseorang tidak dapat memperolehnya dengan mudah. Ada beberapa hal perlu Anda lakukan sehingga bisa mencapai level ini seperti rutin dan giat berlatih.

Seorang penyanyi profesional bisa memiliki banyak fans dan pekerjaan pastinya melalui berbagai hal luar biasa. Misalnya saja berlatih keras dengan memperhatikan teknik vokal serta menjaga suara. Membiasakan diri di atas panggung juga menjadi salah satu perihal penting.

2. Menemukan Motivasi untuk Menjadi yang Terbaik

Seorang pekerja seni seperti penyanyi biasanya memerlukan sebuah motivasi untuk bisa menjadi penyanyi terbaik. Terkadang para penyanyi ini akan menghadapi berbagai permasalahan luar bisa yang tidak orang biasa hadapi.

Untuk melewati semua hal tersebut, motivasi menjadi kunci penting sehingga penyanyi tidak mudah menyerah. Mendapatkan motivasi ini bisa datang dari siapa saja dari diri sendiri maupun orang lain tergantung pengalaman masing masing.

3. Terus Menikmati Proses dalam Karir

Berbeda dari para pekerja biasa, penyanyi memiliki jenjang karir yang susah orang terbaik. Untuk menjadi penyanyi profesional memang tidak instan. Apabila Anda ingin bertahan di industri tarik suara ini maka ketekunan dan kesabaran jadi kunci utama.

Menikmati segala proses yang akan Anda lalui sebagai seorang penyanyi merupakan keputusan paling tepat. Tidak perlu terburu buru ingin menjadi terkenal atau ngetop. Fokuslah pada karya dan nikmati semua prosesnya. Gaji penyanyi akan semakin besar secara perlahan lahan.

4. Tidak Bosan dalam Mengasah Kemampuan

Salah satu kunci sukses dalam industri tarik suara ini adalah kemampuan dalam bernyanyi dengan cara melatihnya. Penyanyi yang baik tentu akan berlatih keras agar suara tetap bisa merdu dengan berbagai metode tentunya baik menjaga makanan atau lainnya.

Tidak hanya kemampuan bernyanyi yang harus Anda pelajari melainkan juga kenyamanan dan ketenangan di atas panggung. Usahakan untuk tetap tenang ketika perform di atas panggung. Buatlah porsi latihan yang memiliki jadwal terperinci sehingga lebih mudah.

5. Siap Menampilkan Performa Terbaik

Penyanyi harus memiliki kepercayaan tinggi agar bisa tampil di depan banyak penonton. Berbicara soal performa tentunya Anda tidak bisa tampil seadanya. Harus siap dalam berbagai kondisi dan siap menampilkan yang terbaik.

Dalam dunia tarik suara ada beberapa event bisa Anda ikuti untuk mendongkrak popularitas dan kesuksesan. Misalnya saja ada lomba menyanyi atau ajang ajang pencarian bakat. Beberapa event ini bisa menjadi sebuah tolak ukur dan batu loncatan karir seorang penyanyi.

6. Pantang Menyerah

Sebagai seorang penyanyi memiliki sifat pantang menyerah sangatlah penting. Hal ini perlu Anda perhatikan dan juga tanam baik baik. Apabila ada orang yang mengatakan jika dunia para penyanyi ini mudah itu tidaklah benar.

Kehidupan para penyanyi ini sangatlah keras apalagi sudah masuk ke industri profesional. Akan ada banyak tuntutan harus Anda hadapi dalam melewati dunia ini. Maka dari itu, sikap pantang menyerah menjadi salah satu hal yang harus seseorang tanamkan baik baik.

Beberapa Hal yang Harus Penyanyi Lakukan agar Suara Merdu dan Bagus

Meskipun beberapa penyanyi sudah memiliki suara sangat merdu, akan tetapi beberapa metode pelatihan tetap menjadi menu utama apra penyanyi ini. Tujuan adalah satu yaitu untuk bisa konsisten dan menciptakan berbagai karya serta perform sebaik mungkin. Berikut hal penting yang harus penyanyi lakukan agar suara tetap merdu.

1. Berlatih Seperti Seorang Atlet

Terdapat sebuah kesamaan dari para atlet dan penyanyi ketika sudah memasuki dunia profesional. Tuntutan dari publik memang menjadi salah satu alasan kenapa penyanyi harus selalu tampil sempurna. Untuk mewujudkan hal ini tidak lain tidak bukan adalah dengan berlatih.

Memiliki suara merdu memang tidak mudah, khusus para penyanyi melatih pernafasan menjadi salah satu kuncinya. Latihlah suara dan pernapasan Anda ketika sudah menjadi seorang penyanyi untuk bisa tampil sempurna di depan penonton.

2. Melakukan Pemanasan Setiap Kali ingin Nyanyi

Mungkin hal ini banyak orang tidak tahu apalagi jika bukan seorang penyanyi. Apabila karir Anda sebagai penyanyi sudah terbuka, maka pastikan untuk melatih suara dengan cara melakukan pemanasan setiap kali ingin tampil atau bernyanyi.

Pemanasan sebelum bernyanyi ini sangatlah penting, karena apabila tidak melakukannya bisa saja otot di tenggorokan tidak siap. Pemanasan bisa Anda lakukan dengan mudah salah satunnya mengolah kalimat A-E-I-O-U sambil menggerakan bibir dan dagu. Selain mengetahui prospek, peluang, dan gaji penyanyi, hal ini juga penting.

3. Memastikan Postur Tubuh Sudah Benar

Hal penting yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah posisi dan postur tubuh. Usahakan untuk bisa tampil dengan sempurna sehingga suara bisa mengalir dengan baik. Jika postur tubuh tidak sesuai maka beberapa nada dapat keluar dengan suara tidak merdu.

Posisi terbaik untuk bernyanyi adalah dengan mengenakan punggung. Apabila berdiri kaki harus benar benar terbuka lebih sehingga kuda kuda jadi pas. Hal ini akan membantu Anda dalam mengeluarkan suara terbaik.

4. Melantunkan Suara dengan Kemampuan Maksimal

Hal penting selanjutnya harus Anda perhatikan adalah kekuatan atau power. Untuk bisa tampil maksimal usahakan agar suara dapat keluar secara maksimal. Pastikan juga mengetahui batas kemampuan karena ini sangat krusial.

Kebanyak penyanyi karena ingin tampil maksimal lupa batasan dirinya. Misalnya dalam pengambilan nada tinggi, ingatlah sampai nada berapa Anda mampu. Jangan sampai mengambil terlalu tinggi suara sehingga menjadi falas.

5. Semaksimal Mungkin Menghindari Aktivitas Perusak Pita Suara

Sebagai seorang penyanyi Anda harus cerdas dalam menjaga pita suara. Terdapat beberapa hal yang dapat menggagalkan seorang penyanyi salah satunya adalah rusaknya pita suara. Ketika sudah memutuskan untuk menjadi penyanyi maka harus menjaga pita suara dengan baik.

Beberapa perilaku seperti berteriak atau berbicara dengan suara terlalu kencang secara efektif bisa merusak pitas seseorang. Memakan makanan tidak benar juga dapat merusak pita suara seorang. Maka dari itu harus benar benar teliti akan hal ini.

6. Menjaga Makanan

Hal penting selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah makanan dan minuman. Sebagai seorang penyanyi aset paling berharga adalah suara. Masalahnya banyak penyanyi gugur karena tidak mampu menjaga makanan dan minumannya. Beberapa makanan dan minuman bisa merusak performa seorang penyanyi.

Untuk terhindar dari hal ini jelas, Anda harus bisa menjaga makanan. Pastikan mengkonsumsi makanan sehat seperti sering minum air putih, memakan vitamin A, C, dan E hingga memakan buah buah serta sayur mayur. Semakin sehat makanan seorang penyanyi maka suara dan performanya bisa maksimal.

Demikian informasi mengenai prospek, peluang, dan gaji penyanyi di indonesia. Dengan mengetahui hal ini mungkin Anda mulai memantapkan diri untuk menjadi seorang penyanyi. Meskipun banyak rintangannya, profesi ini memiliki prospek masa depan begitu cerah.