3+ Cara Mirror HP ke Laptop dengan Mudah

Cara mirror Hp ke Laptop

Beberapa orang mungkin bingung dengan cara mirror HP ke laptop. Cara ini sangat bermanfaat untuk orang orang yang memiliki tayangan atau video di HP dan ingin menampilkannya ke laptop. Biasanya hal seperti ini digunakan ketika ingin nonton film bersama temana tau keluarga tanpa harus streaming dari laptop.

Baca juga : Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor

Mengenal Aplikasi Mirroring

Beberapa tahun terakhir ini mulai banyak pengguna yang mencari cara bagaimana membagikan tayangan pada layar ke laptop. Tentu tujuannya adalah untuk mendapatkan dimensi tayangan yang lebih besar. Berdasarkan hal itu maka munculan aplikasi mirroring yang dapat membantu Anda berbagi layar.

Mengenal aplikasi mirror

1. Apa Itu Aplikasi Mirroring

Aplikasi mirroring adalah sebuah program yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan layar HP pada layar laptop. Tentunya tidak hanya laptop melainkan juga bisa pada layar TV atau monitor yang lebih besar. Melalui aplikasi ini maka pengguna akan mendapatkan tayangan dengan dimensi lebih besar.

Biasanya orang menggunakan aplikasi mirroring untuk keperluan presentasi. Terkadang mereka juga menggunakan tv atau monitor lebih besar untuk scroll sosial media. Tentunya akan jadi lebih puas apabila melihat berbagai konten di sosial media menggunakan layar yang lebih besar.

2. Cara Menggunakan Aplikasi Mirroring

Penggunaan aplikasi mirroring memang mudah, namun tetap banyak orang yang belum mengerti. Secara umum, penggunaan aplikasi ini berawal dari mengunduh aplikasinya. Kemudian pengguna harus memastikan bahwa device atau laptop juga memiliki fitur mirroring.

Setelah itu pengguna bisa langsung mengoperasikan aplikasi, koneksikan dengan laptop. Kini pengguna hanya perlu memilih video atau aplikasi apa yang ingin mereka buka dan turut tayang pada layar besar. Misalnya seperti tayangan video dari galeri menonton film, atau membuka aplikasi biasa.

3. Apakah Semua HP bisa Melakukan Mirroring ke Laptop

Kemunculan teknologi ini memang sangat bermanfaat untuk banyak orang. Namun sayangnya tidak semua laptop atau HP bisa menerapkan sistem itu. Terlebih lagi perangkat lawas yang tidak lagi mendapatkan pembaruan sistem. Jadi jika Anda ingin membagikan tontonan layar maka juga perlu memperhatikan perangkatnya.

Adapun perangkat yang bisa melakukan mirroring biasanya adalah perangkat keluaran 5 tahun terakhir. Namun pastikan bahwa perangkat itu juga masih mendapatkan pembaruan sistem secara rutin. Jika tidak mendapat pembaruan maka tetap tidak bisa melakukan mirroring.

4. Cara Memilih Aplikasi Mirroring yang Tepat

Tentunya Anda juga mengetahui bahwa aplikasi mirroring ini tersedia banyak versi. Setiap versi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada juga versi yang tidak cocok untuk perangkat A dan sebaliknya. Maka dari itu pengguna harus memilih aplikasi yang tepat untuk masing-masing perangkat.

Adapun cara memilihnya ialah menyesuaikan dengan kebutuhan perangkat. Misalnya membutuhkan aplikasi yang hanya mirroring atau kebutuhan lainnya. Selain itu pengguna juga bisa memilih aplikasi berdasarkan kelebihan dan kekurangan yang ada di setiap versinya.

Berbagai Cara Mirror HP Ke Laptop

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan mirroring ke laptop, baik itu menggunakan aplikasi atau tidak. Misalnya seperti melalui fitur mirroring langsung dari setiap perangkat, ada juga yang menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai setiap cara-cara yang ada.

tutorial mirror

1. Cara Mirror HP Ke Laptop Tanpa Aplikasi

Di zaman modern ini, ada beberapa perangkat yang mendukung fitur mirroring. Misalnya seperti Acer, Iphone, macbook, dan lain sebagainya. Tentunya setiap perangkat juga memiliki panduan pengguna yang berbeda. Namun pengguna bisa coba melakukan cara umum berikut untuk mirroring hp dan laptop.

  • Buka menu start
  • Cari aplikasi connect
  • Buka aplikasi connect
  • Langsung tersedia informasi perangkat yang aktif
  • Masuk ke pengaturan smartphone 
  • Cari pengaturan wireless
  • Klik wireless display
  • Aktifkan menu wireless display
  • Ponsel akan melakukan pemindaian
  • Pilih perangkat dengan nama yg sama dengan laptop
  • Koneksikan kedua perangkat

Itulah cara sederhana melakukan mirroring dari HP ke laptop tanpa menggunakan aplikasi. Namun cara ini hanya berlaku untuk windows 10 dan 11. Mungkin beberapa sistem perangkat laptop lain juga bisa melakukannya namun tetap memiliki cara yang berbeda.

2. Cara Mirror HP Ke Laptop dengan Screen Mirror

Selain menggunakan cara mirror HP ke laptop di atas, pengguna juga dapat memilih bantuan aplikasi. Misalnya seperti aplikasi Screen Mirror, salah satu apk yang juga banyak orang gunakan untuk membagikan tayangan layar. Penggunaan aplikasi ini pun mudah, berikut panduan lebih lanjutnya.

  • Unduh aplikasi Screen Mirror di HP
  • Nyalakan hotspot di HP
  • Sambungkan laptop dengan hotspot HP
  • Buka situs screen mirror pada laptop
  • Scan barcode yang tersedia di layar melalui aplikasi HP
  • Kemudian HP akan langsung memproses share screen

Demikian cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk share screen atau mirroring layar di laptop. Aplikasi ini memiliki tata cara penggunaan yang mudah. Pastinya setiap pengguna, bahkan yang baru sekalipun akan langsung bisa menggunakannya. Mereka tidak perlu mencari bantuan dari teknisi ahli.

3. Cara Mirror HP Ke Laptop Menggunakan Vysor

Vysor juga merupakan aplikasi untuk screen mirror dengan penggunaan mudah. Aplikasi ini bisa menjadi pilihan kedua apabila pengguna tidak bisa menggunakan cara sebelumnya. Bantuan apk ini juga tersedia di semua perangkat sehingga tidak sulit menemukannya, berikut panduan lebih lanjut.

  • Unduh dan install aplikasi vysor pada HP
  • Buka browser chrome di laptop
  • Buka ekstensi vysor 
  • Kemudian hubungkan ekstensi itu dengan HP menggunakan kabel USB
  • Jika sudah maka laptop akan otomatis mendeteksi keberadaan HO

Apabila laptop sudah terhubung secara otomatis dengan HP maka pengguna bisa langsung memilih tayangan yang mereka inginkan. Melalui cara mudah ini maka tidak perlu bingung lagi jika ingin menonton tayangan pada layar lebih besar. Namun ketahuilah bahwa aplikasi ini hanya tersedia di laptop atau hp, tidak dengan TV.

4. Cara Mirror HP Ke Laptop Menggunakan AirDroid

Ada lagi pilihan aplikasi bantuan untuk screen mirror lainnya yaitu AirDroid. AirDroid itu sendiri merupakan sebuah aplikasi ponsel dan desktop. Tentunya aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengelola smartphone secara jarak jauh. Berikut panduan lebih jelas untuk mengoperasikan airdroid.

  • Download dan install aplikasi airdroid
  • Lakukan pendaftaran akun airdroid
  • Masuk ke situs resmi airdroid lewat browser di laptop
  • Pastikan kedua perangkat sudah terhubung dengan jaringan internet yang sama
  • Kemudian pengguna bisa menggunakan akun airdroid dari aplikasi atau situs resmi
  • Jika sudah terhubung maka bisa langsung lakukan screen mirroring

Demikian tentang tutorial sederhana tentang penggunaan Airdroid. Semoga bisa menjadi acuan mudah untuk screen mirroring. Mulai dari membagikan tayangan film, kartun, scroll sosial media, dan lain sebagainya.

Itulah sedikit tentang cara mirror HP ke laptop yang bisa Anda ketahui. Semoga bisa membantu banyak orang, terutama yang belum mengetahui informasi ini. Jangan lupa untuk memastikan bahwa setiap perangkat memiliki sistem operasi yang mendukung.