Air Terjun Jarakan Magetan: Lokasi dan Harga Tiket Masuknya

Air Terjun Jarakan Magetan

Air Terjun Jarakan Magetan adalah pilihan lain apabila Anda ingin berwisata. Terlebih akses menuju lokasi juga tidak terlalu sulit. Anda bisa menikmati perjalanan dengan pemandangan berupa perkebunan sayur milik masyarakat setempat. Tentu bisa jadi kegiatan liburan sekaligus berpetualang yang seru.

Sekilas Tentang Air Terjun Jarakan Magetan

Air Terjun Jarakan Magetan
Source: https://wisatamagetan.files.wordpress.com/2020/09/air-terjun-jarakan-magetan.jpg

Anda dapat berkunjung ke Air Terjun Jarakan yang sudah sangat populer bagi masyarakat Magetan. Selama menuju lokasi, maka akan disambut dengan udara khas pegunungan. Air terjun ini sendiri sudah memiliki kolam kecil dengan pasir di dalamnya.

Saat melihatnya di siang hari, maka seolah-olah seperti memantulkan cahaya kuning keemasan. Tidak heran jika banyak yang menyebutnya juga dengan nama “Kolam Pasir Mas”. Anda dapat memanfaatkan kolam tersebut untuk mandi atau bermain air bersama pengunjung lainnya.

Terlebih tempat wisata ini juga sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap bagi para pengunjung. Tentu semakin betah berlama-lama di lokasinya. Seperti adanya tempat untuk beristirahat, area parkir yang nyaman, kamar mandi, bahkan mushola untuk beribadah agar tidak terlewat.

Alamat Air Terjun Jarakan Magetan

Air Terjun Jarakan Magetan
Source: https://www.tempatwisata.pro/users_media/3092/p_3761454538715962417359_0_8f0ab8a6161ffdc9379678320a636f49.jpg

Tempat wisata ini berlokasi di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Keberadaannya sendiri termasuk rangkaian dari tiga buah air terjun di desa tersebut. Untuk Air Terjun Jarakan terletak di paling tengah. Sedangkan yang paling atas adalah Air Terjun Pundak Kiwo.

Adapun yang paling bawah yakni Air Terjun Watu Ondo. Hingga saat ini sendiri tempat wisata ini menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat lokal dan luar daerah apabila ingin berwisata. Keberadaannya pun sudah dikembangkan langsung oleh Pemkab Magetan.

Untuk air terjunnya sendiri memiliki ketinggian sekitat 35 meter. Pengunjung bisa melihat langsung pemandangan alam eksotis yang ada di sekitarnya saat berada di lokasi. Terlebih sekelilingnya juga ada banyak tumbuhan hijau sehingga sangat cocok untuk menyegarkan pikiran.

Akses Menuju Wisata Air Terjun Jarakan

Air Terjun Jarakan Magetan
Source: https://bentengmagetan.files.wordpress.com/2012/08/air-terjun-jarakan-1.jpg

Agar Anda dapat menuju lokasi wisata Air Terjun Jarakan, maka dapat memanfaatkan kendaraan pribadi. Baik itu roda empat maupun roda dua. Akan tetapi, apabila sudah menjumpai jalan berbatu, maka usahakan untuk jalan kaki saja agar lebih aman.

Pengunjung nantinya bisa menempuh perjalanan dengan pemandangan htan pinus sekitar 2 jm jaraknya. Selama di perjalanan Anda juga dapat menemukan air terjun lainnya. Yakni Air Terjun Watu Ondo dan Pundak Kiwo. Tersedia juga Sendang Banyumas dan petilasan yang dikenal dengan sebutan Watu Ongko.

Jika masih bingung untuk akses menuju lokasi, maka Anda bisa bertanya kepada masyarakat setempat untuk memberikan rute jalan. Agar lebih praktis, maka tidak ada salahnya apabila memanfaatkan panduan dari Google Maps yang ada di ponsel.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Jarakan Magetan

Source: https://indonesiatraveler.id/wp-content/uploads/2021/04/Magetan-Air-Terjun-Jarakan-ada-di-kaki-Gunung-Lawu-Photo-by-GatotSuharno.png

Anda dapat berkunjung ke Air Terjun Jarakan kapan saja karena selalu buka setiap harinya selama 24 jam penuh. Tentu berlibur ke tempat ini tidak hanya bisa dilakukan di akhir pekan saja. Untuk harga tiket masuknya pun sangat terjangkau bagi para wisatawan. Yakni hanya sekitar Rp 5.000 saja.

Setiap pengunjung bisa datang ke lokasi untuk menikmati kesegaran air di sekitarnya. Udara yang ada juga sangat sejuk dan segar. Tidak heran jika tempat ini bisa jadi pilihan terbaik untuk relaksasi setelah lelah beraktivitas seharian di tempat kerja.

Pastinya para pengunjung akan melihat langsung pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Terlebih jika ingin berlibur di area hutan yang masih asri dan hijau. Kawasan tersebut juga akan berpadu dengan birunya langit sehingga akan memberikan pengalaman tersendiri saat liburan nanti.

Aktivitas Seru di Air Terjun Jarakan Magetan

Source: https://www.tempatwisata.pro/users_media/3092/jhkj.jpg

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Air Terjun Jarakan. Hingga saat ini sendiri lokasi tersebut sudah banyak dijadikan tujuan oleh para wisatawan untuk menikmati waktu liburan mereka. Supaya tidak ketinggalan langsung saja simak di bawah ini:

1. Menikmati Keindahan Air Terjun

Anda dapat menikmati keindahan air terjun secara langsung di tempat ini. Tentunya sangat cocok untuk menyegarkan pikiran dan sejenak beristirahat dari kesibukan perkotaan. Suasana yang ada di sekitarnya juga benar-benar masih terjaga dan alami.

Tentu membuat siapa saja akan semakin betah untuk berlibur. Tempat tersebut juga sudah menyediakan area beristirahat bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana di sekitar air terjun. Anda juga dapat menemukan beberapa warung penjual di sekitarnya.

2. Mandi di Kolam Air Terjun

Air Terjun Jarakan Magetan
Source: https://wisatamagetan.files.wordpress.com/2020/09/air-terjun-jarakan-magetan.jpg

Agar berlibur di Air Terjun Jarakan semakin seru, maka jangan lupa untuk mandi di dalam kolam airnya. Walaupun ukurannya tidak terlalu luas akan tetapi pengunjung tetap bisa merasa puas untuk menikmati kesegaran air di tempat wisata ini.

Terlebih, tempat tersebut juga sudah memiliki kamar mandi umum yang bisa Anda manfaatkan untuk berganti pakaian. Tentu akan lebih aman dan nyaman sehingga jangan lupa untuk membawa baju ganti apabila ingin mandi atau sekedar basah-basahan.

3. Bermain Air di Pinggir Kolam

Apabila Anda tidak ingin mandi di dalam kolam air terjun, maka tidak mengapa. Cukup bermain air dan basah-basahan di pinggir kolam tersebut. Dengan begitu, bisa merasakan langsung seperti apa kesegaran dan kesejukan dari air yang ada di dalamnya.

Udara di sekitarnya juga sangat nyaman dan asri. Ada banyak jenis pohon tumbuh subur di sekitar air terjun tersebut sehingga tidak perlu khawatir akan merasa kepanasan. Pastinya pengunjung akan merasa semakin betah untuk bermain di pinggir kolam.

4. Bersantai di Gazebo

Tempat wisata ini menyediakan gazebo yang cocok untuk Anda jadikan tempat bersantai dan beristirahat. Terlebih sebelumnya sudah menempuh perjalanan cukup jauh ke lokasi ini sehingga cukup terasa melelahkan. Dengan adanya gazebo tentu akan lebih nyaman bersantai.

Anda juga dapat melihat langsung indahnya pemandangan alam di sekitar. Pengunjung juga bisa mampir ke warung-warung penjual di sekitarnya untuk menikmati makanan maupun minumannya. Jika perlu, tidak ada salahnya apabila ingin membawa bekal sendiri dari rumah untuk dinikmati di tempat ini.

5. Mengambil Gambar Air Terjun yang Indah

Air Terjun Jarakan memang bisa jadi pilihan terbaik apabila Anda ingin menikmati wisata alam yang indah. Oleh sebab itu, jangan lewatkan untuk mengambil gambar pemandangan di sekitarnya. Cukup manfaatkan saja kamera handphone masing-masing saat ingin mengabadikan momen liburan ini.

Air terjun ini sendiri juga bisa menjadi target foto terbaik. Anda dapat mengambil gambar air terjun tersebut atau menjadikannya sebagai latar belakang saat ingin berfoto bersama. Jangan lupa juga mengabadikan momen saat mandi atau bermain air di sekitar kolam tersebut agar liburan semakin seru dan menyenangkan.

Kini Anda dapat menjadikan Air Terjun Jarakan Magetan sebagai tujuan wisata saat berkunjung ke kabupaten ini. Lokasinya yang masih begitu alami dan terjaga tentu mengundang siapa saja yang ingin menikmati pemandangan alam menyegarkan dan indah.