9+ Solusi Untuk Laptop Tidak Ada Suaranya

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Ada Suaranya

Ada berbagai penyebab mengapa laptop tidak ada suaranya. Mulai dari sistem yang rusak, volume yang rendah, atau kesalahan pada pengaturan windows. Berdasarkan penyebab itu maka solusinya pun juga berbeda-beda. Bahkan laptop juga bisa harus masuk ke rumah service dan mendapat penanganan lebih lanjut.

Baca juga : Cara Mirror HP ke Laptop

Berbagai Penyebab Laptop Tidak Ada Suaranya

Hal yang wajar bagi perangkat apabila mengalami kerusakan pada beberapa bagian. Misalnya seperti keyboard, speaker, layar, atau sistem operasi. Setiap kerusakan juga pastinya memiliki penyebab dan solusinya masing-masing. Berikut penjelasan lebih lanjut terkait penyebab dari setiap kerusakan.

Berbagai Penyebab Laptop Tidak Ada Suaranya

1. Volume yang Rendah atau Mati

Terkadang pengguna bisa lupa tentang pengaturan volumenya masing-masing. Terlebih jika satu perangkat digunakan oleh orang banyak. Mungkin saja pengguna sebelumnya mengubah besar kecilnya volume. Tentu hal seperti itu bisa membuat suara tidak terdengar bagi pengguna selanjutnya.

Ini merupakan penyebab dasar mengapa laptop tidak bisa mengeluarkan suara. Maka dari itu penting bagi pengguna laptop atau komputer untuk senantiasa mengecek pengaturan volume mereka sebelum memutar lagu atau video. Jika sudah mengeceknya maka bisa mengetahui apakah suaranya terdengar atau tidak.

2. Speaker Internal yang Rusak

Setiap perangkat pasti memiliki sistem speaker internal, baik itu berupa software dan hardware. Ketika speaker internal ini rusak maka wajar saja tidak bisa mengeluarkan suara. Namun pada beberapa kasus kerusakan, pengguna bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus pergi ke jasa service.

Namun ada juga kasus kerusakan yang parah, bahkan harus ganti komponen hardware. Penilaian besar kecil kerusakan ini hanya bisa dilakukan oleh tenaga ahli. Artinya pengguna tetap harus pergi ke jasa service. Namun jika Anda memiliki teman atau bahkan menguasai ilmunya sendiri maka bisa perbaiki sendiri.

3. Windows yang Mengirimkan Audio ke Beda Perangkat

Terkadang ada perangkat laptop yang pernah atau sudah tersambung ke perangkat speaker lain. Kemudian perangkat itu berada dalam ruangan berbeda atau jarak jauh. Walaupun demikian, sistem laptop tetap bisa mengirimkan sinyal suara ke perangkat yang salah sehingga tidak terdengar suara utama.

Berdasarkan hal ini maka penting bagi pengguna untuk memperhatikan sambungan perangkat. Biasanya di bagian notifikasi bluetooth atau wifi, pastikan tidak ada perangkat lain yang tersambung. Kemudian cek kembali film atau suara yang ingin Anda putar, apakah suaranya sudah terdengar di sumber utama atau belum.

4. Gangguan Akibat Peningkatan Audio

Setiap perangkat pasti akan mengalami banyak peningkatan sistem, baik itu internal atau eksternal. Ketika sedang terjadi peningkatan maka pengguna akan merasakan halangan atau kendala saat menggunakannya. Misal peningkatan di bagian audio, maka suara dari laptop bisa saja tidak terdengar.

Tentunya peningkatan kualitas audio ini hanya berlangsung sebentar, maksimal 1 hari. Jika lebih dari 1 hari maka ada kemungkinan terjadi kerusakan sistem. Maka dari itu jika suara tidak keluar lebih dari 1 hari maka pengguna wajib membawanya ke tempat service.

5. Pembaruan Sistem Operasi Bertentangan dengan Driver Audio

Dari waktu ke waktu pasti perangkat akan mengalami pembaruan sistem operasi. Ketika update ini terjadi maka ada beberapa hal yang tidak bisa pengguna gunakan. Misalnya seperti audio, bisa saja tidak mengeluarkan suara untuk beberapa saat. Pasalnya sistem operasi sedang mengunduh atau install versi terbaru.

Selain itu bisa juga update sistem operasi yang terjadi tidak sesuai dengan sistem driver audio yang ada. Ketika hal ini terjadi maka wajar saja suaranya tidak bisa keluar atau terdengar dengan sempurna. Jika Anda mengalami hal ini maka penanganannya bisa langsung pergi ke tempat service.

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Ada Suaranya

Pengguna tidak perlu panik apabila suara pada laptop tidak terdengar. Anda dapat melakukan beberapa cara sederhana yang ada. Mulai dari cek pengaturan, perbarui driver, atau pengaturan speaker. Melalui beberapa cara ini maka speaker bisa berfungsi kembali, berikut panduan lebih lengkapnya.

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Ada Suaranya

1. Cek Pengaturan Enable Disable Speaker

Pengaturan enable atau disable speaker memang bisa mempengaruhi kemampuan device untuk mengeluarkan suara. Maka dari itu penting bagi pengguna untuk mengeceknya. Adapun cara ceknya mudah, pengguna bisa langsung mengikuti panduan sederhana berikut.

  • Klik menu start
  • Cari control panel
  • Masuk ke aplikasi control panel

Cek Pengaturan Enable Disable Speaker

  • Klik menu hardware and sound

Cek Pengaturan Enable Disable Speaker

  • Kemudian pilih menu sounds

Cek Pengaturan Enable Disable Speaker

  • Klik kanan pada daftar speaker yang ada
  • Klik opsi enable

Setelah pengguna klik opsi enable ini maka artinya speaker itu sudah aktif kembali. Seharusnya kini sudah bisa mendengarkan suara dari laptop tanpa bantuan speaker yang ada. Jika belum bisa terdengar maka ada beberapa pengaturan atau sistem yang terganggu, bisa cek panduan selanjutnya.

2. Update Driver Audio di Device Manager

Driver adalah sejenis sistem atau alat yang membantu laptop untuk menerjemahkan bahasa perintah pada perangkat lain. Misalnya jika sistem operasi memerintahkan menyalakan audio maka driver bertugas menerjemahkan perintah yang ada. Berikut atat cara update driver audio dengan mudah.

  • Klik logo windows yang ada di keyboard
  • Cari device manager

Update Driver Audio di Device Manager

  • Klik dua kali pada bagian sound, video and game controller

Update Driver Audio di Device Manager

  • Kemudian akan muncul daftar speaker yang tersedia di laptop

Update Driver Audio di Device Manager

  • Klik kanan pada salah satu speaker itu
  • Click update driver

Update Driver Audio di Device Manager

  • Tunggu proses pembaruan berlangsung

Demikian tata cara update driver yang bisa Anda ketahui dengan mudah. Ketika proses update driver sudah selesai maka pengguna bisa langsung mengatur speaker atau suara yang ingin keluar. Jangan lupa juga untuk cek volume, jika sudah benar maka suara juga akan terdengar.

3. Cek Pengaturan Default pada Speaker

Pengaturan default adalah bagian pengaturan untuk mengatur sistem bawaan. Misanya seerti speaker, pada dasarnya speaker bawaan laptop lah yang akan menjadi default. Namun terkadang ada pengguna yang sudah mengatur speaker tambahan sebagai pengeras suara default, berikut cara cek dan ubahnya.

  • Klik tombol star
  • Ketik dan cari control panel
  • Masuk ke halaman control panel
  • Kemudian klik hardware and sound

Cek Pengaturan Default pada Speaker

  • Klik menu sound

Cek Pengaturan Default pada Speaker

  • Akan terbuka jendela baru
  • Masuk ke opsi speaker

Cek Pengaturan Default pada Speaker

  • Klik tombol set default

Cek Pengaturan Default pada Speaker

  • Pilih ok
  • Cek speaker, apakah sudah mengeluarkan suara atau belum

Itulah cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengubah speaker default pada laptop. Setelah memastikan pengaturan ini benar, maka pengguna bisa coba test speaker. Putar lagu atau film, pastikan volume sudah pas atau terdengar. Jika tidak ada suara yang keluar maka ada kemungkinan kerusakan lainnya.

4. Pasang Ulang Driver Audio

Sebelumnya penulis sudah menyampaikan tentang update driver. Namun pada kasus lain mungkin saja ada kebutuhan pasang ulang driver audio yang baru. Biasanya hal ini berkaitan dengan driver yang rusak atau memang sudah usang. Berikut tata cara pemasangan ulang driver audio yang ada.

  • Buka device manager
  • Masuk ke menu sound video, and game controller

Pasang Ulang Driver Audio

  • Klik kanan pada nama perangkat speaker yang muncul

Pasang Ulang Driver Audio

  • Pilih menu uninstall

Pasang Ulang Driver Audio

  • Kemudian klik ok
  • Restart laptop
  • Windows akan melakukan pemasangan ulang perangkat secara otomatis
  • Jika pemasangan sudah selesai maka seharusnya sudah mengeluarkan suara

Itulah cara mengatasi laptop tidak ada suaranya melalui pemasangan ulang driver audio. Pengguna tidak perlu mengunudh dan install driver secara manual. Serahkan semua tugas itu hanya pada sistem operasi windows. Pastikan =laptop juga sudah tersambung dengan wifi ketika melakukan pemasangan ulang.

5. Gunakan Speaker Eksternal

Ketika semua cara yang sudah penulis jelaskan tidak memberikan hasil maka pengguna bisa langsung coba gunakan speaker eksternal. Hal ini memang merepotkan karena pengguna harus membeli tambahan speaker secara terpisah. Namun speaker itu sendiri bisa Anda ganti menjadi earphone.

Di sisi lain, penggunaan speaker tambahan seperti ini tetap akan memberikan sisi untung. Salah satunya suara yang keluar bisa jadi lebih besar dan berkualitas. Beda dengan menggunakan speaker biasa, pastinya tidak memiliki kualitas yang sama dengan speaker eksternal.

6. Restart Windows Audio

Tentunya masih ada cara lain untuk mengatasi suara yang tidak keluar pada perangkat laptop. Pengguna bisa coba restart windows audio yang mana hampir sama dengan pemasangan ulang driver audio. Tata caranya pun mudah, pengguna bisa langsung mengikuti panduan berikut.

  • Masuk ke windows
  • Cari services

Restart Windows Audio

  • Pilih windows audio 

Restart Windows Audio

  • Klik kanan 
  • Pilih menu restart

Restart Windows Audio

Setelah klik restart maka laptop akan otomatis melakukan restart audio dalam beberapa saat. Ketika proses restart sudah selesai maka pengguna bisa langsung coba tes speaker. Jika ada suara yang keluar maka speaker sudah bisa Anda gunakan kembali. Kini pengguna tidak perlu beli atau gunakan speaker tambahan.

7. Ganti Sample Rate

Sample rate dalam audio adalah sebuah jumlah sampel yang tersedia dalam satu detik dan satuanya adalah Hz atau hertz. Pengguna bisa coba ganti sample rate ketika speaker tidak bisa mengeluarkan suara. Cara mengubahnya pun sangat mudah, berikut penjelasan lebih lengkap mengenai tata caranya.

  • Klik sounds di bagian bawah kanan layar
  • Kemudian klik sounds
  • Akan muncul tab sounds
  • Klik menu speakers
  • Klik properties
  • Masuk ke halaman speakers properties
  • Pilih salah satu sample rate yang ada
  • Klik ok
  • Selesai

Apabila sara masih belum terdengar maka ulangi cara di atas hingga bisa mengeluarkan suara. Pasalnya ada kemungkinan besar sistem laptop tidak cocok dengan sample rate yang barusan pengguna ganti. Namun jika semua sample rate sudah Anda coba dan masih tidak mengeluarkan suara maka artinya ada masalah lain.

8. Nonaktifkan Enhancement

Enhancement adalah sebuah fitur yang bisa membuat suara lebih baik dan biasanya pengaturan ini tersedia di perangkat laptop dan ponsel. Pengguna bisa coba cek dan ubah pengaturan enhancement ketika perangkat tidak mengeluarkan suara. Berikut panduan mudah untuk menonaktifkan enhancement.

  • Klik ikon speaker di kanan bawah layar
  • Klik sounds
  • Pilih speaker 
  • Kemudian klik properties
  • Klik enhancement
  • Klik disable all sounds effects
  • Klik ok

Demikianlah cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menonaktifkan enhancement. Ketika pengguna sudah menonaktifkannya maka seharusnya laptop sudah bisa mengeluarkan suara. Namun apabila masih terjadi kendala, tentunya itu berarti ada kerusakan pada bagian laptop lainnya.

9. Cek Troubleshoot Windows

Troubleshoot adalah serangkaian langkah untuk meminimalkan berbagai potensi masalah yang mungkin bisa terjadi. Sistem atau pengaturan ini memungkinkan laptop untuk menemukan berbagai sumber masalah pada komputer. Berikut tata cara mudah mengecek masalah melalui troubleshoot.

  • Masuk ke menu start
  • Ketik dan cari sounds settings

Cara Mencegah Laptop

  • Klik open
  • Kemudian pilih troubleshoot di bagian tab sounds

Cara Mencegah Laptop Cara Mencegah Laptop

  • Akan ada pilihan driver audio
  • Klik next
  • Muncul pop up yang mengatakan we’re going to try something
  • Klik play test sounds
  • Dengarkan tes sounds dengan seksama
  • Kemudian laptop akan menampilkan hasil scanning

Pada hasil scanning itu akan tertera berbagai alasan mengapa laptop tidak bisa mengeluarkan suara. Melalui daftar penyebab itu maka pengguna bisa memperbaikinya satu per satu. Jika pengguna tidak mengerti maka bisa coba langsung pergi dan minta bantuan teknisi ahli.

10. Gunakan Tombol Kombinasi

Mengatasi laptop yang tidak mengeluarkan suara juga bisa menggunakan kombinasi tombol. Namun ini hanya berlaku untuk beberapa kasus. Misalnya seperti ada tombol yang tidak sengaja terklik dan menyebabkan suara mati. Untuk mengembalikannya, pengguna bisa klik tombol FN dan F1 atau F2.

Selain itu pengguna juga bisa klik FN dengan kombinasi F3 hingga F5. Namun bukan berarti pengguna bisa klik semua tombol F. Anda hanya perlu memilih salah satu yang memiliki logo atau tanda speaker di bawahnya. Biasanya pada laptop atau keyboard komputer ini ada pada angka F8 dengan loggo speaker tercoret.

11. Install Ulang Windows

Solusi terakhir untuk menyelesaikan masalah ketiadaan suara pada laptop ini adalah install ulang windows. Namun perhatikanlah bahwa solusi ini hanya terjadi apabila pengguna dan teknisi ahli tetap tidak bisa memperbaiki sistem suara. Install ulang windows itu sendiri juga bukan hal yang mudah.

Pengguna harus membawanya ke tempat service dan biakan teknisi laptop yang bekerja. Pasalnya install ulang windows ini sendiri membutuhkan jaringan internet yang cepat dan juga file sistem operasi windows itu sendiri. Jika penggunaan menginstall ulang windowsnya sendiri, khawatir terjadi kegagalan.

Cara Mencegah Laptop Tidak Ada Suaranya

Setiap sistem atau perangkat pastinya membutuhkan perawatan maksimal tentu tujuannya agar tidak mudah rusak dan membutuhkan biaya perbaikan. Demikian pula pada speaker, pengguna laptop harus melakukan beberapa cara agar seperti berikut.

Cara Mencegah Laptop

1. Hindari Menggunakan Volume Besar

Penggunaan volume besar pada laptop memang bisa membuat aksi mendengarkan lagu atau film jadi lebih seru. Namun hal ini juga dapat memicu terjadinya kerusakan pada speaker. Ketika hal ini dilakukan dalam jangka waktu panjang maka speaker laptop akan pecah dan mengeluarkan suara buruk.

Apabila speaker sudah pecah maka solusinya hanya menggunakan speaker internal atau ganti speaker internal. Padahal terkadang ada laptop yang tidak bisa mengubah speaker internal. Artinya pengguna harus membawa speaker eksternal kemanapun mereka pergi dan butuhkan.

2. Hindari Goncangan dan Beban Berat Pada Laptop 

Goncangan atau beban berat di atas laptop tentu bisa merusak komponen di dalamnya. Artinya ada kemungkinan komponen speaker bergeser atau bahkan rusak. Hasilnya suara tidak bisa keluar atau mengalami perubahan kualitas.

Sayangnya hal-hal seperti ini terkadang luput dari pengecekan pengguna. Terlebih jika pengguna tidak peka atau jarang merawat laptopnya sendiri. Lambat laun suara akan memiliki kualitas yang buruk atau bahkan tidak keluar.

Demikian tentang cara mengatasi laptop tidak ada suaranya. Semoga bisa membantu banyak orang, terutama yang tidak terlalu mengerti dengan kendala dan masalah pada laptop. Jangan lupa untuk terus merawat laptop sebaik mungkin agar tidak terjadi kendala berat di lain waktu.