Pemandian Dewi Sri Magetan: HTM, Lokasi, dan Jam Operasional

Pemandian Dewi Sri Magetan

Pemandian Dewi Sri Magetan adalah salah satu wisata yang memiliki banyak keunikan. Area tersebut bahkan sudah dinaungi langsung oleh Badan Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur. Tentu wajib bagi Anda untuk mengunjunginya bersama keluarga atau orang terdekat lainnya saat berada di Magetan.

Sekilas Tentang Pemandian Dewi Sri Magetan

Pemandian Dewi Sri
Source: https://asset.kompas.com/crops/0POlmv2ur1lTRZMeW3QPw9ca4fo=/0x64:747×562/750×500/data/photo/2023/05/08/6458897db7835.jpg

Pemandian Dewi Sri atau yang lebih dikenal dengan nama Petirtaan Dewi Sri merupakan salah satu obyek wisata bersejarah di Kabupaten Magetan dengan pesona sangat memikat. Sebelum memasuki tahun 1990, masyarakat setempat menganggapnya sebagai punden atau tempat yang sangat keramat.

Akan tetapi, setelah melewati tahun 1990 mulai dilakukan pemugaran sehingga dibentuklah area pemandian seperti sekarang ini. Tentu wisata ini terbuka untuk setiap masyarakat saat ingin berkunjung. Jika mengaitkannya dengan mitologi Jawa, maka Dewi Sri adalah dewi yang memberikan kehidupan bagi masyarakat setempat.

Tidak heran jika banyak yang menyebutnya dengan sebutan sumber kehidupan. Tempat wisata ini sendiri sudah memiliki banyak fasilitas bagi para pengunjung. Seperti area parkir yang nyaman, rest area untuk bersantai dan beristirahat, tempat beribadah, hingga kamar mandi apabila ingin buang air kecil maupun besar.

Alamat Pemandian Dewi Sri Magetan

Anda dapat mengunjungi tempat wisata ini di Desa Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Setiap pengunjung bisa datang kapan saja sesuai keinginan mereka. Agar tidak terlalu panas maka bisa datang di pagi atau sore hari. Tentu bisa jadi wisata pilihan apabila ingin berlibur bersama keluarga.

Tempat ini juga bisa jadi lokasi wisata wisata bersejarah bagi para pengunjung. Terdapat area pemandian yang cukup besar. Apabila ingin berkunjung ke tempat ini, maka pastikan tetap menjaga kebersihan lingkungan di sekitarnya. Usahakan menghindari untuk membuang sampah sembarangan.

Terlebih tempat tersebut sudah asri sehingga akan sayang jika wisatawan buang sampah tidak pada tempatnya. Tentu hal ini sangat penting untuk membantu menjaga kelestarian wisata tersebut. Anda juga bisa mengabadikan momen di sekitar pemandian agar liburan semakin seru dan menyenangkan.

Akses Menuju Lokasi Wisata Pemandian

Pemandian DewiI Sri
Source: https://beritajatim.com/wp-content/uploads/2022/08/IMG-20220820-WA0058.jpg

Untuk dapat menemukan alamat wisata ini, maka Anda perlu mengetahui akses menuju lokasinya terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir karena akses menuju tempat tersebut sangat mudah. Apabila sedang berada di Kabupaten Magetan, maka bisa melalui Jalan Samudra.

Tidak hanya itu, para pengunjung juga bisa menuju lokasi melalui Jalan Madiun sebagai jalur alternatifnya. Anda bisa memanfaatkan kendaraan pribadi baik itu motor maupun mobil. Apabila ingin menggunakan kendaraan umum maka pastikan berhenti di pemberhentian terdekat.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan menggunakan ojek. Tempat wisata ini sendiri buka setiap hari sehingga tidak perlu khawatir apabila ingin berkunjung kapan saja. Pastikan mengajak orang-orang terdekat agar liburan terasa semakin nyaman dan tidak mudah bosan. Tentu berlibur akan terasa lebih seru.

HTM Wisata Pemandian Dewi Sri Magetan

Pemandian Dewi Sri
Source: https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2018/02/26/5065e5e3-d619-4fe1-9030-38221a335ead_169.jpeg?w=620

Berkunjung ke tempat wisata ini, maka Anda tidak memerlukan biaya yang mahal. Setiap pengunjung bahkan hanya perlu menyiapkan biaya tiket masuk sekitar Rp 20.000 saja. Kemudian jangan lupa juga untuk menyisihkan biaya parkir kendaraan yang digunakan untuk menuju ke lokasi.

Untuk parkir motor sendiri biayanya sekitar Rp 3.000 saja. Sedangkan jika menggunakan mobil maka biayanya sekitar Rp 5.000. Anda bisa berkunjung kapan saja sesuai keinginan. Pastikan berwisata ke tempat ini dalam keadaan tubuh yang sehat agar lebih nyaman untuk menghabiskan waktu.

Soal fasilitas wisata yang ada di dalamnya juga sudah tidak perlu Anda khawatirkan. Terlebih tempat ini memang sudah dikelola langsung oleh badan wisata setempat. Begitu sampai di lokasi, maka para pengunjung bisa memanfaatkan tempat istirahat di sekitarnya untuk bersantai setelah lelah melakukan perjalanan.

Jam Operasional Pemandian Dewi Sri

Source: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjatim/wp-content/uploads/sites/33/2018/03/P1110834.jpg

Setiap pengunjung bisa datang ke wisata Pemandian Dewi Sri dengan memperhatikan jam operasionalnya. Yakni mulai pukul 09.00 pagi sampai dengan 17.00 sore. Anda bisa menikmati keindahan alam yang konon katanya air di tempat ini dapat menyembuhkan penyakit.

Terlebih area Petirtaan Dewi Sri tersebut sudah ada sejak zaman Mataram Hindu atau Mataram Kuno. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya tulisan di atap miniatur artefaknya. Tentu bisa jadi wisata bersejarah yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke Kabupaten Magetan.

Anda juga bisa menemukan penjaga area pemandian tersebut untuk menggali lebih banyak informasi tentang sejarahnya. Tentu bisa mendapatkan lebih banyak pengetahuan secara langsung dari sumbernya. Hal ini juga dapat menjadi pengalaman menarik saat berlibur.

Aktivitas Menarik di Pemandian Dewi Sri Magetan

Source: https://beritajatim.com/wp-content/uploads/2021/08/1-182.jpg

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di area Pemandian Dewi Sri. Tempat ini bahkan sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Baik itu dari masyarakat lokal ataupun luar daerah karena daya tariknya memang cukup kuat. Agar tidak ketinggalan simak selengkapnya di bawah ini:

1. Melihat Area Pemandian Dewi Sri

Source:  https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2018/02/26/9f180f13-5280-49c2-828a-6b06e55bf4e0_169.jpeg?w=620

Begitu sampai ke Pemandian Dewi Sri, maka Anda bisa melihat langsung keindahan area tersebut. Terdapat kolam dengan luas sekitar 400 meter persegi. Untuk kedalaman kolamnya sediri mencapai 6 meter. Terdapat pula 15 anak tangga di dalamnya.

Kolam ini juga memiliki arca wanita yang mengeluarkan air. Selain itu, di area kolam juga terdapat ikan-ikan yang dianggap keramat oleh penduduk setempat. Terdapat pula mitos yang beredar di kalangan warga lokalnya yakni jika mengambil ikannya maka bisa saja mendapatkan musibah.

2. Melihat Berbagai Penemuan Arkeologi

Saat berkunjung ke tempat ini, maka Anda tidak hanya akan menemukan area kolam pemandian saja. Akan tetapi juga ada beberapa penemuan arkeologi di sekitarnya. Seperti miniatur rumah atau sandung sebanyak 7 buah, fragmen arca 7 buah, palung batu 1 buah, sumur kuno 1 buah, hingga fragmen yoni 1 buah.

Selain itu, terdapat pula lumbung baru sebanyak 4 buah serta fragmen kemuncak 1 buah. Tentu hal ini bisa menjadi pengetahuan unik yang hanya dapat ditemukan di tempat wisata ini. Tidak heran jika sangat cocok apabila ingin berwisata ke tempat bersejarah di Kabupaten Magetan.

3. Menyaksikan Festival Kuras Sumber Air Dewi Sri

Tahukah Anda bahwa tempat wisata ini juga kerap mengadakan Festival Kuras Sumber Air Dewi Sri. Hal ini dilakukan oleh para warga setempat sehingga bisa jadi salah satu obyek budaya yang menarik di tempat ini. Adapun festival tersebut bertujuan sebagai ritual bersih desa setiap tahunnya.

Umumnya aktivitas ini akan dilakukan setiap hari Jumat Pahing tepatnya pada bulan Muharam. Ritualnya sendiri dilakukan dengan beberapa proses. Seperti membersihkan patung Dewi Sri di tengah kolam, menguras kolam, kemudian memindahkan ikan-ikan ke penampungan utama terlebih dahulu.

Itu tadi ulasan lengkap mengenai wisata Pemandian Dewi Sri Magetan. Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai salah satu wisata paling bersejarah saat berada di Jawa Timur. Lokasinya pun sangat mudah ditemukan dan jika kesulitan maka tidak ada salahnya apabila memanfaatkan Google Maps.