Gunung Blego Magetan, Wisata Telaga Tanpa Air yang Unik

Gunung Blego Magetan

Gunung Blego Magetan adalah salah satu destinasi menarik yang wajib Anda kunjungi. Sangat cocok bagi para pengunjung apabila ingin berwisata sekaligus berpetualang menjelajahi alam sekitar. Tentu pemandangan alamnya sangat asri dan segar sehingga cocok untuk berlibur.

Tentang Wisata Gunung Blego Magetan

Gunung Blego Magetan
Source: https://asset.kompas.com/crops/9RR37InNRMwELMvAWI_aPAhsX0A=/0x0:1650×1100/750×500/data/photo/2021/06/08/60bf2150cf65d.jpg

Gunung Blego memiliki ketinggian sekitar 996 meter di atas permukaan laut. Para pengunjung dapat naik ke atas puncaknya dengan pemandangan menarik. Salah satunya yaitu lubang raksasa yang seolah-olah seperti telaga tetapi tidak ada airnya. Tidak heran jika hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan.

Masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Telaga Wurung. Hal ini karena area tersebut mirip telaga tetapi tidak memiliki air. Untuk diameter lubang telaga tersebut mencapai 800 meter. Nama Telaga Wurung sendiri berarti telaga yang batal. Arti kata wurung dalam bahasa Jawa memang batal.

Bagian telaga ini sendiri merupakan bekas kawah dari gunung itu sendiri. Adapun saat ini dasar lubang tersebut dijadikan sebagai area perkebunan dan persawahan. Tentu pengunjung bisa menjangkaunya dengan mudah. Tidak perlu repot jalan kaki sampai ke puncak tetapi bisa menggunakan sepeda motor.

Alamat Gunung Blego Magetan

Untuk dapat sampai ke puncak gunung, maka Anda perlu mendaki dengan waktu tempuh sekitar 15-30 menit. Alamat wisata ini sendiri ada di Desa Trosono, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Anda dapat nak ke atas gunungnya dengan jalan kaki maupun naik motor/mobil jika kuat menanjak.

Adapun jalur pendakiannya sebagian besar terdiri dari batu atau makadam. Arahnya juga cukup menanjak sehingga sangat penting bagi para wisatawan untuk berhati-hati saat mendaki. Terlebih hanya ada satu jalan di Desa Trosono untuk naik menuju wisata puncak Gunung Blego tersebut.

Setelah sampai di puncaknya, maka Anda akan melihat area seperti telaga tanpa air. Di sekitar area tersebut dijadikan sebagai area persawahan dan perkebunan hijau sehingga sangat subur dan hijau. Tentu bisa jadi pemandangan alam menakjubkan yang sangat unik dan beda dari biasanya.

Rute Menuju Lokasi Wisata Gunung Blego

Gunung Blego Magetan
Source: https://asset.kompas.com/crops/eR8zSseJA9v–xqBjGcFivTfjJM=/0x0:1650×1100/750×500/data/photo/2021/06/08/60bf2346ddd3a.jpg

Anda dapat mencapai destinasi wisata Gunung Blego, salah satunya yakni melalui Desa Trosono, Kecamatan Parang, Kab. Magetan, Provinsi Jawa Timur. Untuk jarak desa ini dengan pusat kota sendiri sekitar 17 km. Sedangkan untuk waktu tempuh yang diperlukan yakni sekitar setengah jam saja.

Para pengunjung dapat berangkat dari pusat kota lalu ambil arah menuju Jl. Magetan – Goranggareng. Kemudian setelah Dinas Tenaga Kerja dan Taman Carat pastikan langsung belok ke arah kanan mengikuti Jalan Raya Parang. Ikuti terus jalan tersebut dengan jarak tempuh sekitar 14 km.

Adapun waktu tempuhnya sekitar 20 menit saja. Setelah itu, terdapat pertigaan mentok lalu belok ke kanan. Ikuti jalan tersebut dengan jarak sekitar 280 meter. Kemudian akan ada pertigaan lagi lalu belok ke arah kiri. Tentu tidak lama akan menjumpai Desa Trosono. Lalu jalan sekitar 2,5 km dan dapatkan petunjuk ke Gunung Blego.

Jalur Pendakian ke Gunung Blego Magetan

Gunung Blego Magetan
Source: https://getlost.id/wp-content/uploads/2023/02/Rizqy-Purbo-W..jpg

Terdapat beberapa jalur pendakian yang bisa Anda lalui untuk naik ke puncak Gunung Blego. Tepatnya yakni lewat Sombo. Sayutan, dan Trosono. Jika melewati jalur Sayutan maka akan melalui jalur perkebunan milik warga setempat. Para pengunjung juga dapat membawa kendaraan mereka sampai atas melalui jalur Desa Trosono.

Akan tetapi, akan ada banyak tanjakan curam sehingga sangat cocok jika menggunakan mobil atau motor trail. Tidak hanya itu, jalur tersebut juga hanya sampai ke area Telaga Wurung saja. Jika ingin terus melanjutkan perjalanan, maka Anda dapat berjalan kaki terlebih dahulu dengan waktu sekitar 15-20 menit.

Hingga akhirnya dapat sampai ke area paling tinggi dari Gunung Blego tersebut. Masyarakat setempat sendiri menyebutnya dengan nama Pertapan. Jika melalui jalur Sombo, maka bisa meliat pemandangan di sepanjang jalan karena akan ada banyak pohon cemara. Adapun jarak tempuhnya sekitar 7 km atau selama 1,5 jam.

Harga Tiket Masuk Gunung Blego Magetan

Source: https://neserike.files.wordpress.com/2018/01/dsc_3238.jpg?w=1024

Untuk berkunjung ke Gunung Blego yang ada di Kabupaten Magetan, maka Anda tidak memerlukan biaya tiket masuk. Pasalnya, destinasi wisata alam ini dapat dikunjungi secara gratis. Tentu sangat cocok sebagai pilihan wisata yang sangat hemat karena tidak perlu membayar tiket masuk.

Akan tetapi, pastikan untuk tetap menyiapkan biaya parkir kendaraan. Untuk jenis mobil sendiri biaya parkirnya sekitar Rp 10.000 sedangkan motor Rp 5.000. Gunung ini sendiri bisa jadi pilihan wisata alternatif jika Anda sudah berhasil mendaki Gunung Lawu.

Pasalnya, ukuran puncaknya tidak terlalu tinggi. Berbeda dengan Gunung Lawu yang memerlukan banyak tenaga dan waktu untuk sampai ke puncak. Tempat wisata ini sendiri tetap bisa dikunjungi dengan pemandangan alam di sekitar yang tidak kalah indah untuk diabadikan.

Aktivitas Seru Gunung Blego Magetan

Source: https://2.bp.blogspot.com/-kQ–6F6MIck/WioYZ_dYuGI/AAAAAAAAhfo/wVWe25xzE2UtmR5PQZqMASmVePeNSCI6n0ACLcBGAs/s640/puncak%2Bgunung%2Bblegoo.jpg

 

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat memilih untuk berwisata ke Gunung Blego. Terlebih lokasinya sangat sejuk dan hijau sehingga sangat cocok untuk melihat pemandangan sekitar dari atas puncaknya secara langsung. Di bawah ini aktivitas seru selengkapnya:

1. Mendaki Puncak Gunung Blego

Anda dapat menemukan banyak keseruan saat mendaki Gunung Blego agar sampai ke puncak. Terlebih ada tiga jalur yang bisa pengunjung pilih sesuai dengan keinginan masing-masing. Agar lebih seru maka bisa melewati jalur Sombo. Nantinya ada banyak hutan pinus sebelum sampai ke arah puncaknya.

Jika berasal dari Kabupaten Ponorogo, maka Anda bisa melewati jalur Trosono karena jaraknya lebih dekat. Pengunjung bahkan dapat menuju puncak menggunakan motor. Akan tetapi pastikan tetap berhati-hati karena areanya berupa jalan makadam dan cukup curam.

2. Melihat Telaga Wurung

Tempat wisata ini memang sangat cocok apabila Anda memiliki hobi mendaki. Tentu tidak terlalu sulit untuk menaklukkan puncak Gunung Blego tersebut karena memang tidak setinggi Gunung Lawu. Saat sudah sampai ke puncaknya, maka para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan Telaga Wurung.

Yakni sebuah area seperti telaga tetapi tidak memiliki air. Justru area tersebut terdiri dari perkebunan dan persawahan. Tentu wajib untuk mengabadikan momen di atas puncak termasuk area Telaga Wurung tersebut. Pasalnya, pemandangan ini jarang ada di gunung-gunung lainnya.

3. Camping

Gunung Blego juga sangat populer untuk melakukan camping di area puncaknya. Tentu bisa jadi pilihan terbaik apabila Anda ingin bermalam langsung di ketinggian. Pastinya bisa melihat pemandangan alam di sekitar yang sangat indah sehingga bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Akan tetapi, pastikan Anda membawa perlengkapan camping sendiri dari rumah. Jangan lupa juga untuk membawa perbekalan yang cukup agar tidak kelaparan saat melakukan aktivitas tersebut. Pemandangan alam di malam hari pastinya sangat menarik dengan langit yang penuh bintang-bintang.

Itu tadi destinasi wisata Gunung Blego Magetan yang wajib untuk Anda kunjungi. Tentu bisa jadi salah satu opsi menarik apabila berwisata ke daerah Magetan. Terlebih agar sampai ke puncaknya tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga sehingga sangat cocok untuk menjadikannya sebagai lokasi liburan terbaik.