7+ Pesona Wisata Punden Clelek dan Sumber Clelek Magetan

Punden Clelek dan Sumber Clelek

Punden Clelek dan Sumber Clelek merupakan pilihan terbaik apabila Anda ingin berwisata. Terlebih berlibur ke tempat ini tidak memerlukan banyak biaya. Tentu bisa merencanakan untuk mengunjunginya bersama teman, pasangan, atau keluarga. Lokasinya sendiri ada di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Sekilas Tentang Punden Clelek dan Sumber Clelek

Punden Clelek dan Sumber Clelek
Source: https://www.tempatwisata.pro/users_media/3092/154508126_427790968488660_3069367337487252080_n_1.jpg

Merupakan salah satu objek wisata yang bisa Anda temukan di Magetan. Punden Clelek sendiri berupa tiga buah benda cagar budaya yang berada di bawah pohon besar. Tepatnya di bagian tepi dari Sumber Clelek. Benda tersebut berupa arca dan dua miniatur rumah. Tentu sangat menarik untuk melihatnya langsung.

Untuk kondisi arcanya sendiri memang cukup rusak karena sudah ada sejak lama. Tidak hanya itu, arca tersebut juga masih bisa Anda kenali dengan baik. Pasalnya, terdapat belalai dan sifat duduknya yang dikenal dengan nama Ganesha. Yakni dewa berkepala gajah dengan dua telapak kaki bertemu di bagian tengahnya.

Ganesha sendiri merupakan dewa dari agama Hindu yang dipercaya sebagai simbol ilmu pengetahuan, pembasmi kejahatan, bahkan dewa perang. Anda bisa melihat langsung arca tersebut yang memiliki ukuran tidak terlalu besar. Tidak ada salahnya juga apabila ingin mengambil gambar memakai kamera ponsel.

Lokasi Wisata Punden Clelek dan Sumber Clelek

Anda dapat berkunjung ke tempat wisata ini yang ada di Desa Driyorejo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Tempat tersebut bahkan sudah cukup populer di kalangan masyarakat setempat. Pastinya para pengunjung dapat menemukan lokasinya dengan mudah dan cepat.

Terlebih lokasinya juga sudah sering dijadikan sebagai tempat untuk melihat pesona kebudayaan dan sejarah yang ada di Kabupaten Magetan. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk mengunjunginya bersama orang-orang terdekat. Ada banyak arca-arca yang bisa ditemukan oleh para pengunjung nantinya.

Anda bahkan dapat menemukan lokasinya dengan sangat mudah. Akses jalannya juga bagus sehingga jangan khawatir. Cek alamatnya melalui Google Maps karena bisa langsung mengetik saja tempat wisata ini. Tentu rute menuju lokasinya akan langsung muncul sehingga sangat praktis untuk mendapatkan bantuan agar sampai ke alamatnya.

Transportasi Menuju Tempat Wisata

Punden Clelek dan Sumber Clelek
Source: https://www.tempatwisata.pro/users_media/3092/sumber1.jpg

Apabila Anda berasal dari Kabupaten Magetan, tentu sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata ini. Kebanyakan penduduk setempat juga tidak akan bingung untuk datang ke tempatnya karena sudah dikenal. Akan tetapi, bagi orang-orang yang berasal dari luar daerah mungkin masih belum mengetahui rutenya.

Akan tetapi tidak perlu khawatir, pasalnya untuk datang ke lokasinya Anda bisa memanfaatkan transportasi pribadi. Baik itu menggunakan motor maupun mobil sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing. Kemudian pastikan meminta panduan ke arah wisata ini kepada masyarakat setempat.

Selain itu, Anda juga bisa langsung memanfaatkan bantuan Google Maps untuk mengarahkan rute menuju lokasi tujuan dengan praktis. Pengunjung juga bisa mengunjunginya dengan menggunakan kendaraan umum jika menginginkannya. Kemudian berhenti di Terminal Nguntoronadi lalu lanjutkan memakai ojek.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Punden Clelek dan Sumber Clelek
Source: https://lh3.googleusercontent.com/-i7D4RmsxQKo/Yp4RS3-f7RI/AAAAAAAADks/AXz2vVH1VAwaBGe_dLZ1GsIOQklONQLbwCNcBGAsYHQ/s1600/1654526277336600-0.png

Untuk berkunjung ke wisata Punden dan Sumber Clelek di Kabupaten Magetan, maka pastinya Anda tidak memerlukan banyak biaya. Cukup siapkan biaya tiket masuknya yakni sekitar Rp 5.000 saja per pengunjungnya. Tidak heran jika sampai saat ini masih menjadi pilihan saat ingin berwisata sejarah.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya dan pastinya puas menikmati keindahan arcanya. Suasana di sekitarnya juga sangat sari karena ada banyak pepohonan besar yang tumbuh. Para pengunjung juga bebas untuk mengambil gambar di tempat tersebut sehingga berlibur akan lebih seru dan menyenangkan.

Pastikan Anda mengajak teman ataupun keluarga apabila ingin mengunjunginya agar bisa diajak berbincang-bincang di lokasi. Terlebih lokasinya sangat mudah ditemukan sehingga tidak perlu khawatir akan kesasar atau salah alamat. Kunjungi tempat wisata ini kapan saja karena selalu buka selama 24 jam penuh untuk para wisatawan.

Pesona Keindahan Wisata Punden dan Sumber Clelek

Source: https://www.tempatwisata.pro/users_media/3092/sumber-clelek-bentengmagetan1.jpg

Ada banyak pesona keindahan yang bisa Anda nikmati saat berwisata ke Punden dan Sumber Clelek di Kabupaten Magetan. Hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung terutama untuk melihat langsung bentuk arca Ganesha. Oleh sebab itu, jangan ketinggalan untuk menyimak selengkapnya berikut:

1. Melihat Punden Clelek

Berkunjung ke tempat wisata ini maka akan disuguhkan dengan Punden Clelek itu sendiri. Yakni tiga buah benda cagar budaya yang berupa satu arca dan dua miniatur rumah. Untuk arcanya sendiri dikenal sebagai tokoh dengan nama Ganesha. Walaupun bentuknya tidak utuh tetapi tetap menarik untuk dilihat.

Anda bahkan bisa melihat langsung arca Ganesha tersebut yang sudah ada sejak zaman kerajaan dahulu. Pastinya menjadi saksi sejarah sampai saat ini di Kabupaten Magetan. Tidak heran jika penting untuk mengabadikan bentuk arca tersebut walaupun sudah tidak utuh lagi sekarang.

2. Menikmati Indahnya Telaga Sumber Clelek

Source: https://www.tempatwisata.pro/users_media/3092/155160993_471704607197773_5229098576124803808_n.jpg

Setelah melihat Punden Clelek, maka kurang lengkap rasanya apabila Anda tidak menikmati keindahan telaga Sumber Clelek. Lokasinya sendiri sangat berdekatan sehingga bisa berjalan kaki saja tanpa perlu memakai kendaraan lain. Sumber Clelek sendiri merupakan telaga/danau kecil yang sudah ada sejak lama.

Masyarakat juga sering mengunjunginya sebagai tempat wisata di Magetan. Terlebih saat ini juga ada banyak muda-mudi nongkrong di tempat ini. Sumber air tersebut terus mengalir sepanjang tahunnya. Tidak heran jika masyarakat setempat dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan irigasi dan lainnya.

3. Berburu Kuliner di Warung Setempat

Anda juga dapat menikmati kuliner lezat yang ada di sekitar lokasi. Oleh sebab itu, tidak perlu khawatir apabila merasa haus ataupun lapar. Terlebih jika sebelumnya tidak membawa makanan ataupun minuman. Pasalnya, cukup mudah untuk berburu kuliner di tempat ini sehingga liburan semakin nyaman.

Setiap pengunjung bisa mampir ke warung-warung warga atau tempat makan yang sudah tersedia di sekitar wisata ini. Terlebih area tersebut sebagian besar milik warga setempat. Pastinya bisa langsung bercengkrama dengan mereka sambil menikmati waktu liburan di tempat ini dengan lebih lama.

4. Bersantai Menikmati Pemandangan Sekitar

Tempat wisata ini termasuk memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Para pengunjung bahkan bisa memanfaatkan gazebo yang sudah tersedia untuk duduk-duduk santai. Anda juga bisa menggunakannya untuk menikmati makanan maupun minuman jika membawanya dari rumah masing-masing.

Tidak ada salahnya juga mengobrol di tempat ini karena sangat nyaman dengan udara sejuk dan suasana cukup rindang. Hal ini karena ada banyak pepohonan besar di sekitar lokasi wisata tersebut. Tersedia pula fasilitas lainnya yang tidak kalah lengkap. Seperti area parkir hingga toilet umum untuk buang air besar atau buang air kecil.

Itu tadi destinasi wisata bersejarah di Punden Clelek dan Sumber Clelek Magetan. Anda bisa mengunjungi tempat ini setiap hari kapan saja karena selalu terbuka baik itu bagi masyarakat setempat maupun wisatawan dari luar daerah. Pastikan selalu menjaga kebersihan saat berkunjung agar semakin nyaman.