5+ Kegiatan Seru di Waduk Gonggang Magetan sebagai Tempat Berlibur

Waduk Gonggang Magetan

Salah satu pesona alam yang dapat Anda kunjungi di daerah Jawa Timur adalah Waduk Gonggang Magetan. Yakni sebuah bendungan yang merupakan tempat wisata cukup ramai. Tidak heran jika sangat cocok untuk datang ke lokasinya walaupun hanya untuk sekedar menyegarkan pikiran.

Informasi Umum Waduk Gonggang Magetan

Waduk Gonggang Magetan
Source: https://www.tripjalanjalan.com/wp-content/uploads/2017/04/Waduk-Gonggang-Poncol-Magetan.jpg

Waduk Gonggang merupakan sebuah bendungan yang berfungsi untuk kepentingan irigasi bagi masyarakat setempat. Termasuk juga untuk memenuhi kebutuhan air minum, industri, dan lain sebagainya. Lokasinya sendiri sudah sering dijadikan sebagai objek wisata di Kabupaten Magetan.

Untuk bendungannya sendiri memiliki tinggi sekitar 60 meter. Adapun panjangnya mencapai 234 meter. Sedangkan untuk kapasitas airnya sendiri dapat mencapai 22 juta meter kubik. Tidak heran jika bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat setempat khususnya di musim kemarau.

Bendungan tersebut juga diharapkan dapat menjadi objek wisata tersendiri di Kabupaten Magetan. Akan tetapi, hal ini juga tidak akan mengganggu fungsi dari waduk tersebut. Terlebih wisata ini juga menawarkan banyak daya tarik bagi para wisatawan sehingga jangan ragu untuk berkunjung.

Lokasi Waduk Gonggang Magetan

Tempat wisata ini dapat Anda temukan di Desa Janggan, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya sendiri biasanya ramah oleh para pengunjung. Baik itu di waktu liburan maupun hari-hari biasa. Oleh sebab itu, jangan sampai melewatkan untuk datang langsung ke alamatnya.

Tempat ini akan menyuguhkan pemandangan yang indah. Anda juga bisa mendapatkan sensasi berbeda dari aktivitas padat sehari-hari biasanya. Terlebih lokasinya sangat mudah untuk ditemukan. Para pengunjung bahkan bisa langsung menemukannya jika mengetiknya di Google Maps sekalipun.

Hal ini karena wisata ini memang sudah tercatat di aplikasi tersebut. Tentu sangat mudah untuk menemukannya. Anda juga bisa langsung mendapatkan bantuan informasi mengenai rute menuju lokasi. Tidak heran jika bisa langsung merencanakan keberangkatan bersama teman, sahabat, ataupun keluarga.

Transportasi Menuju Waduk Gonggang Magetan

Waduk Gonggang Magetan
Source: https://2.bp.blogspot.com/-SFWVapWS0DM/XOMDx3GK6LI/AAAAAAAAlZI/mVWRHw5gUb4ds6JnspnG2MNQSESsFlQCgCLcBGAs/s1600/waduk%2Bgonggang%2Bponcol%2Bmagetan.jpg

Masyarakat asli Magetan tentu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan wisata satu ini. Terlebih ada banyak penduduk setempat yang menghabiskan waktu untuk mengunjunginya. Akan tetapi, bagi Anda yang berada di luar kota juga bisa datang langsung ke lokasinya untuk menikmati keindahan waduknya.

Para pengunjung bahkan bisa memanfaatkan transportasi pribadi. Baik itu menggunakan mobil maupun motor milik masing-masing agar sampai ke lokasi wisata. Kemudian dapatkan panduan arah menuju tujuan memakai layanan peta dari Google Maps pada ponsel secara praktis dan cepat.

Anda juga bisa memanfaatkan transportasi umum seperti bus atau jenis angkutan lainnya yang tersedia. Kemudian pastikan berhenti di terminal bus Desa Pocol. Setelah itu, pastikan melanjutkan perjalanan menggunakan ojek ke Desa Janggan lalu menuju lokasi Waduk Gonggang tersebut.

Harga Tiket Masuk Wisata Waduk Gonggang

Waduk Gonggang Magetan
Source: https://2.bp.blogspot.com/-fv1biM5QCAE/WeIZE5M20fI/AAAAAAAAg50/St1ijDtPLMYEZUR7w5ACf-ednSc2ta4pACLcBGAs/s1600/Waduk%2BGonggang%2BPoncol%2BMagetan.jpg

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke lokasi wisata Waduk Gonggang, maka jangan khawatir soal tiket masuknya. Pasalnya, para pengunjung cukup menyiapkan biaya yang sangat terjangkau yakni sekitar Rp 5.000 saja setiap orangnya. Kemudian siapkan juga biaya untuk parkir kendaraan masing-masing.

Tempat wisata ini sendiri selalu buka setiap harinya mulai dari Senin sampai dengan Minggu. Adapun jam operasionalnya mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan 05.29. Tentu para pengunjung dapat datang kapan saja sesuai dengan keinginan mereka. Agar lebih seru dan nyaman maka Anda bisa berkunjung pagi atau sore hari.

Pastinya tempat wisata ini bisa jadi pilihan menarik untuk menghabiskan banyak waktu. Anda bisa melihat langsung pemandangan bendungan yang menakjubkan. Terlebih suasana alam di sekitarnya juga sangat segar dan sejuk sehingga sangat cocok untuk melepas lelah setelah seharian melakukan berbagai aktivitas yang cukup padat.

Kegiatan Seru di Wisata Waduk Gonggang Magetan

Source: https://pbs.twimg.com/media/DKPW2zdVAAAgrx3.jpg

Wisata Waduk Gonggang pastinya memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Terlebih apabila Anda ingin menghabiskan waktu liburan bersama orang-orang terdekat. Hal ini karena ada banyak kegiatan seru dapat dilakukan di tempat ini seperti berikut:

1. Menikmati Keindahan Alam Waduk Gonggang

Anda bisa datang ke tempat ini untuk menikmati pesona keindahan alam yang ada di sekitar Waduk Gonggang tersebut. Bendungan ini memiliki pemandangan yang menarik. Terlebih aliran airnya juga terbilang cukup jernih dan bersih sehingga mampu merasakan kesegaran di sekitarnya.

Para pengunjung juga akan menikmati suasana sejuk dan nyaman saat berlama-lama di tempat ini. Tidak heran jika sangat cocok untuk menyegarkan pikiran dengan pemandangan alam yang membentang luas tersebut. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk berkunjung dan menghabiskan banyak waktu di tempat ini.

2. Melihat Pemandangan Gunung di Sekitarnya

Source: https://asset.kompas.com/crops/-kzrHyI5i9NPaQJk5gwkPmFS_eI=/0x0:0x0/750×500/data/photo/2019/11/28/5ddf931e7b963.jpg

Waduk Gonggang juga dapat Anda nikmati dengan pemandangan gunung yang ada di sekitarnya. Tentu tidak hanya dapat melihat pesona keindahan waduknya saja. Anda juga bisa mengabadikan momen berlibur dengan latar belakang area pegunungan di sekeliling dari waduk tersebut.

Untuk bagian sebelah barat sendiri para pengunjung isa melihat pemandangan Gunung Kukusan dan beberapa gunung lainnya. Tentu bisa menjadi daya tarik tersendiri. Keindahan alam tersebut akan terlihat sangat menakjubkan sehingga cocok untuk merelaksasi pikiran saat berkunjung ke lokasi wisata ini.

3. Memancing di Area Pemancingan

Waduk Gonggang juga bisa menjadi lokasi favorit apabila Anda ingin menyalurkan hobi memancing ikan. Tersedia area pemancingan yang bisa dikunjungi baik bagi warga setempat maupun para pengunjung luar daerah apabila ingin memancing. Tentu tidak akan sulit untuk mendapatkan ikan di tempat ini.

Hal tersebut karena air di dalam waduknya sangat bersih sehingga bisa menjadi tempat hidup ikan-ikan yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, jangan lewatkan untuk menyisihkan waktu Anda memancing di area sekitar waduk tersebut. Tentu bisa merasakan pengalaman berbeda jika memancing di tempat ini.

4. Berburu Berbagai Spot Foto Menarik

Source: https://bangjorublog.files.wordpress.com/2015/10/c1189-p_20150809_082838.jpg

Saat berkunjung ke Waduk Gonggang, maka jangan lewatkan juga untuk berburu spot foto menarik yang ada di sekitarnya. Para pengunjung nantinya bisa memanfaatkan berbagai spot foto yang ada sehingga akan menghasilkan foto dengan latar belakang yang indah. Pastinya semakin betah untuk berkunjung.

Anda bisa mengabadikannya pula dalam bentuk video. Tentu bisa menikmati keindahan waduk tersebut dengan lebih lama. Pengunjung juga bisa menjadikannya sebagai koleksi video maupun foto di galeri saat berlibur di tempat ini. Oleh sebab itu, pastikan baterai ponsel penuh sebelum berangkat ke lokasi.

5. Nongkrong di Sekitar Waduk

Anda juga bisa memanfaatkan tempat istirahat yang tersedia untuk nongkrong bersama teman atau keluarga. Pastinya tempat ini sangat cocok dikunjungi untuk menyegarkan pikiran. Terlebih, lokasinya juga sudah memiliki banyak fasilitas lengkap bagi pengunjung.

Mulai dari area parkir yang memadai, kamar mandi untung buang air besar atau buang air kecil, area mancing, dan lain sebagainya. Jika sudah lelah memancing dan berkeliling menikmati pemandangan alam di sekitarnya, maka Anda bisa nongkrong di sekitar waduk tersebut sambil beristirahat.

Itu tadi berbagai kegiatan seru dan menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke wisata Waduk Gonggang Magetan. Tempat ini memang sangat cocok apabila ingin menghabiskan waktu saat liburan tiba. Baik itu untuk melihat keindahan waduk hingga memancing ikan dengan orang-orang terdekat.