7+ Pesona Gunung Lawu Magetan Lokasi Favorit Para Pendaki

Gunung Lawu Magetan

Bagi Anda yang memiliki hobi mendaki tentu wajib untuk menaklukkan Gunung Lawu Magetan. Area wisata ini bahkan sudah sangat populer di Jawa Timur. Terlebih wisata Puncak Lawu sudah banyak dikenal oleh para wisatawan baik itu domestik hingga manca negara. Oleh sebab itu, jangan ketinggalan mengunjunginya.

Informasi Umum Gunung Lawu Magetan

Gunung Lawu Magetan
Source: https://static.promediateknologi.id/crop/0x0:0x0/750×500/webp/photo/2023/06/26/Gunung-Lawu-1-3773520525.jpg

Gunung Lawu sebenarnya berada di dua kabupaten sekaligus. Tidak lain yakni Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah. Wisata ini sendiri selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan saat mereka ingin mendaki. Terlebih pesona keindahannya sangat luar biasa.

Saat Anda berada di Magetan, maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke wisata Gunung Lawu. Terlebih ada banyak daya tarik yang bisa para pengunjung temukan lainnya. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.265 mdpl serta sudah tidak asing lagi bagi para pendaki.

Untuk status gunungnya sendiri sudah tidak aktif. Para pendaki nantinya dapat mengunjungi Puncak Lawu melalui jalur Cemoro Sewu dengan trek cukup menanjak. Saat sudah mencapai puncaknya tentu Anda bisa melihat keindahan alam di sekitarnya sehingga sangat cocok bagi para pecinta alam.

Harga Tiket Masuk Gunung Lawu Magetan

Gunung Lawu Magetan
Source: https://pagaralampos.disway.id/upload/7d77c52358a0cb87564a487ee56236dd.jpg

Wisata Gunung Lawu dapat Anda kunjungi dengan harga tiket masuk sangat terjangkau. Yakni sekitar Rp 10.000 sampai dengan Rp 25.000 saja per pengunjungnya. Terlebih tempat wisata ini selalu buka setiap hari sehingga tidak perlu menunda untuk datang bersama teman-teman atau sahabat.

Anda pasti akan tertantang untuk menaklukkan puncak gunungnya. Tempat wisata ini sendiri buka mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan 17.00 sore waktu setempat. Usahakan untuk memiliki stamina yang baik saat ingin mendaki ke puncak gunung tersebut karena pastinya memerlukan banyak tenaga.

Selain itu, sangat penting juga bagi Anda untuk menggunakan alas kaki yang sesuai agar kaki dapat terlindungi sebaik mungkin. Usahakan tidak membuang sampah sembarangan atau hal-hal merugikan lainnya karena ada banyak hawa spiritual yang masih kental di area ini.

Lokasi Wisata Gunung Lawu Magetan

Anda dapat mencapai Puncak Lawu dengan jalur gerbang masuk melewati Desa Cemoro Sewu, Kecamatan Plaosan, Kab, Magetan. Apabila masih kebingungan, maka cobalah untuk mengeceknya langsung melalui aplikasi Google Maps pada ponsel masing-masing.

Cukup ketik Wisata Gunung Lawu yang ada di Magetan, maka tentu saja akan mudah untuk menemukan rute menuju lokasinya. Terlebih tempat wisata ini memiliki keindahan luar biasa. Para penduduk lokal juga selalu ramah terhadap wisatawan asing maupun lokal.

Untuk mencapai ke area puncaknya sendiri, maka Anda hanya perlu menempuh waktu cukup lama. Sedangkan medan yang perlu ditempuh memang cukup menanjak. Sampai ke puncak maka akan menemukan Tugu Triangulasi yakni tanda dari Puncak Gunung Lawu itu sendiri.

Akses Menuju Gunung Lawu Magetan

Gunung Lawu Magetan
Source: https://assets.ayobandung.com/crop/0x0:0x0/750×500/webp/photo/infoindonesia/news/2020/12/20201203030039_original.jpg

Apabila Anda ingin naik ke Gunung Lawu, maka pastikan mengambil jalur lewat Cemoro Sewu. Kemudian pastikan melakukan pendakian sampai mendapatkan Pos 5. Umumnya hal ini dapat pengunjung tempuh dengan waktu sekitar 4,5 jam.

Gunung Lawu sendiri memiliki tiga puncak mulai dari Hargo Dalem, Hargo Dumilah, dan Hargo Dumiling. Tentu perlu berhati-hati agar bisa sampai ke area puncaknya. Untuk menuju ke tempat wisata ini sendiri dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Anda juga bisa memanfaatkan transportasi umum seperti bus atau lainnya. Kemudian pastikan berhenti di Jalan Serangan. Jika sudah, lanjutkan perjalanan menggunakan ojek ke arah Cemoro Sewu. Setelah itu, pengunjung dapat berjalan kaki untuk mengunjung tempat wisata tersebut.

Pesona Wisata Gunung Lawu Magetan

Source: https://assets.pikiran-rakyat.com/crop/0x0:0x0/x/photo/2021/01/15/1684531269.jpg

Ada banyak keindahan yang bisa Anda temukan saat berwisata ke Gunung Lawu. Tidak heran jika sangat direkomendasikan untuk mengunjungi tempat ini karena tidak hanya menantang tetapi juga pemandangannya menakjubkan. Di bawah ini selengkapnya:

1. Melihat Keindahan Alam di Sekitarnya

Source: https://pagaralampos.disway.id/upload/e73db138e0904e86fc6649abb7e75326.jpg

Saat berhasil mencapai Puncak Lawu, maka Anda akan melihat pemandangan alam di sekelilingnya yang sangat indah. Tentu akan melepas lelah setelah mendaki dalam waktu cukup lama. Para pengunjung akan melihat pemandangan alam menarik termasuk gunung-gunung lainnya.

Seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang ada di sebelah barat. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam dari Gunung Arjuno Wilerang yang ada di bagian timurnya. Pastinya keindahan alam tersebut tidak ada duanya sehingga menjadi daya tarik tersendiri saat ingin naik ke Gunung Lawu.

2. Menemukan Tugu Triangulasi

Tidak hanya dapat melihat keindahan alam di sekitarnya saja, Anda juga bisa menemukan Tugu Triangulasi di puncak gunung tersebut. Tugu ini sendiri menjadi tanda bahwa para pendaki sudah mencapai Puncak Gunung Lawu. Tentu menjadi akhir dari perjalanan mendaki mereka.

Anda bisa langsung melihat keindahan tugu yang berdiri kokoh tersebut dengan latar belakang pemandangan indah. Kemudian berpadu dengan birunya langit sehingga akan menjadi pesona lain yang memikat para wisatawan. Tidak heran jika penting untuk mengabadikan keberadaan tugu tersebut.

3. Mampir ke Warung Legendaris Mbok Yem

Saat mendaki ke Puncak Lawu, maka jangan lewatkan untuk mampir ke warung legendaris yang ada di sekitarnya. Tidak lain yaitu milik Mbok Yem yang sudah sangat terkenal di kalangan para wisatawan. Warung ini sendiri sudah lama berdiri dengan ketinggian di 3.150 mdpl.

Awalnya Mbok Yem membawa dagangannya ke kaki gunung dan pulang pergi akan tetapi, saat ini ada banyak porter yang membantu menaikkan dagangannya. Ia sendiri adalah warga setempat yang memiliki warung di puncak Gunung Lawu pastinya cocok untuk berburu kuliner saat mendaki.

4. Beristirahat di Tempat Istirahat

Anda juga bisa beristirahat di tempat istirahat yang sudah tersedia. Mengingat tempat wisata ini memang termasuk menyediakan banyak fasilitas. Tentu para pendaki akan semakin betah mengunjungi tempat ini. Fasilitas tempat istirahat sendiri dapat ditemukan sebelum naik ke arah puncak gunungnya.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas lainnya. Seperti area parkir yang memadai, toilet umum untuk buang air besar dan buang air kecil, dan masih banyak lagi lainnya. Tentu akan menjadi pengalaman menarik apabila ingin menghabiskan waktu untuk mendaki di Gunung Lawu.

5. Hunting Foto di Gunung Lawu

Saat ingin pergi mendaki, maka jangan lewatkan untuk membawa kamera. Pasalnya, akan ada banyak pemandangan indah yang sayang untuk dilewatkan. Terlebih jika di sore hari para pendaki bisa menikmati indahnya panorama matahari terbenam.

Selain itu, ada banyak pemandangan lainnya yang tidak kalah bagus. Seperti pohon cemara dan pegunungan lainnya. Tentu bisa mengabadikan momen tersebut bersama para pendaki lainnya. Jika waktu masih pagi maka Anda bisa menikmati keindahan matahari terbitnya.

Itu tadi berbagai pesona wisata Gunung Lawu Magetan. Tempat ini sangat cocok bagi Anda para pendaki yang ingin mengisi waktu liburan dengan naik ke puncak gunung. Setelah sampai ke area puncaknya pasti pemandangan yang ada akan melepas rasa lelah karena benar-benar sangat indah.