Mengetahui Gaji Cyber Security di Indonesia

Gaji Cyber Security

Ada banyak profesi yang mungkin orang belum tahu misalnya saja seorang cyber security. Di telinga beberapa orang mungkin pekerjaan ini cukup asing karena berkutat di bidang keamanan sistem baik perangkat keras, lunak, sampai dengan jaringan internet. Gaji cyber security sendiri sebenarnya cukup mumpuni untuk sebuah pekerjaan.

Baca juga : Gaji Lulusan Biologi 

Mengenal Profesi Cyber Security

Secara bahasa cyber security merupakan sebuah tindakan untuk mencegah bocornya informasi dan data miliknya sendiri dari beberapa serangan kejahatan siber. Misalnya serangan dari berbagai virus ke perangkat keras seperti scareware, malware, sampai dengan denial of Service dan zombies.

Mengenal Profesi Cyber Security

Sekarang memang perannya teknologi sehingga data data berbasis siber ini sangat rawan. Untuk melindungi hal tersebut beberapa perusahaan IT besar membutuhkan jasa Cyber Security sehingga keamanan berbasis teknologinya tetap terjaga. Pada umumnya cyber security ini terdiri dari 5 posisi dalam satu tim.

Posisi tersebut meliputi engineer, analyst, architect, auditor, sampai dengan developer software. Semenatara posisi yang bertugas untuk memimpinnya adalah Shief Information Security Officer. Dalam bekerja Cyber security sangat terstruktur karena harus mengamankan semua data penting baik milik perusahaan maupun pribadi.

Mengetahui Tugas Tugas Cyber Security

Seorang yang bekerja sebagai cyber security mengemban beberapa tugas tugas penting. Mengamankan data siber memang tidak mudah karena menyangkut identitas pribadi maupun kantor seperti nasi dan peran. Berikut beberapa tugas cyber security.

Mengetahui Tugas Tugas Cyber Security

  • Menciptakan sistem keamanan perusahaan maupun kantor
  • Melakukan perbaikan dan pemeliharaan sistem keamanan
  • Memastikan kemenangan dan jaringan server perusahaan berjalan baik
  • Mengawasi jalur keamanan jaringan server perusahaan’
  • Mengantisipasi aktivitas sistem tidak down baik website perusahaan maupun kantor
  • Melindungi semua informasi dan data penting pribadi ataupun perusahaan
  • Menguji dan menganalisis resiko kelemahan sistem keamanan
  • Memperbaiki segala kerusakan sistem yang down
  • Menjadi seorang detektif dalam mengumpulkan bukti kejahatan cyber
  • Menemukan solusi atas peningkatan sistem keamanan yang lebih baik
  • Mengecek keaktifan sistem keamanan pada instansi maupun perusahaan

Kualifikasi atau Kemampuan yang harus Seorang Gaji Cyber Security Miliki

Setiap pekerjaan tentunya memerlukan kualifikasi dari seseorang sehingga dapat bekerja dengan begitupun cyber security. Menjadi seorang pengaman siber, memerlukan beberapa skill atau kemampuan sehingga dapat menunaikan tugas ini dengan baik. Berikut adalah beberapa kualifikasi seorang cyber security.

Kualifikasi atau Kemampuan yang harus Seorang Cyber Security Miliki

1. Paham Betul Struktur Data

Kualifikasi pertama adalah memahami struktur data yang meliputi cyber law, cyber forensic, artificial intelligence, methods program, sampai dengan human and computer interaction. Beberapa cyber security juga harus paham mengenai secure programming, sistem jaringan dan masih ada lagi.

Semua struktur data pada sistem yang berfungsi untuk menyimpan segala informasi berbasis IT ini harus cyber security pahami supaya dapat membuat sistem keamanan. Berdasarkan pemahaman tadi maka struktur dan bahasan sistem keamanan dapat tercipta.

2. Mempunyai Sifat Komunikatif, Analitik, dan Problem Solver

Sebagai seorang cyber security, Anda akan menemukan berbagai permasalahan apalagi jika keamanan ini berhasil para peretas tembus. Untuk memecahkan permasalahan tersebut seseorang harus memiliki sifat analitik dan problem solver.

Analitik adalah sifat yang dapat membantu Anda dalam mengalisis keadaan secara baik semenatara promblom solver merupakan sifat sebagai pemecah masalah. Setelah menganalisisnya cyber security juga harus bisa menemukan solusinya. Untuk menemukan solusi sifat komunikatif atau interaksi sesama tim jadi kuncinya.

3. Menguasai Bahasa Asing Khususnya Bahasa Inggris

Ketika memahami struktur data dalam membuat sistem keamanan, seorang cyber security harus paham bahasa asing khususnya Inggris. Karena pada dasarnya pembuatan sistem keamanan ini orang lakukan dengan memakai bahasa asing.

Apabila tidak mengerti bahasa asing syntax atau perintah pemrograman pun akan kesulitan seseorang pahami. Maka dari itu, mengerti dan paham betul mengenai bahasa Inggris ini sangat penting untuk seorang Cyber security.

Jurusan atau Pendidikan yang Ingin Menjadi Seorang Gaji Cyber Security

Untuk mendapatkan pekerjaan sebagai cyber security tentunya seseorang harus memiliki pengetahuan dasar. Ketika memasuki bangku perkuliahan Anda bisa mengambil beberapa jurusan yang dapat mengantarkan seseorang untuk menjadi seorang cyber security, berikut jurusannya.

Jurusan atau Pendidikan yang Ingin Menjadi Seorang Cyber Security

  • TEM Komputer
  • Ilmu Komputer
  • Sistem Informasi
  • Teknik Informatika

Mengetahui Perkiraan Gaji Cyber Security

Profesi cyber security di Indonesia mungkin masih belum terlalu populer, akan tetapi pekerjaan ini di luar negeri misalnya Amerika sangat terkenal. Bahkan seorang cyber security dapat memiliki penghasilan hingga US$ 150.000. Dalam profesi ini sertifikat CISSP atau Certified Information Security Manager sangat penting, berikut adalah perkiraan gaji cyber security.

Mengetahui Perkiraan Gaji Cyber Security

  • Cyber security lulusan S1 kisaran gaji Rp. 5.000.000 sampai Rp. 10.000.000
  • Security Auditor  kisaran gaji Rp. 7.000.000 sampai Rp. 18.000.000
  • Security Architect kisaran gaji Rp. 8.000.000 sampai Rp. 12.000.000
  • Chief Security kisaran gaji Rp. 55.000.000 sampai Rp. 90.000.000

Prospek dan Peluang Kerja Gaji Cyber Security

Permasalahan keamanan dan privasi sekarang jadi isu utama dan kerap kali mendapatkan perhatian khusus. Banyak informasi dan data penting dalam sebuah perusahaan yang harus tersimpan secara aman dan sulit orang akses selain pemilik data itu sendiri.

Prospek dan Peluang Kerja Gaji Cyber Security

Untuk mengamankan data data tersebut maka dari itulah cyber security hadir. Dengan ilmu komputer dan keamanan jaringannya. Maka berbagai data instansi, perusahaan, pribadi, yang sifatnya privasi lebih bisa mendapatkan perlindungan. Mungkin beberapa orang belum banyak tahu jika keamanan bukan masalah sepele.

Kehadiran dan prospek kerja cyber security kedepannya cukup cerah. Hal ini lantaran arah dunia yang memang menuju dunia teknologi. Apabila ada sedikit saja data data berbasisi digital, maka cyber security akan ikut dalam mengantisipasi dan melakukan berbagai hal di situ. Intinya ikut terlibat dalam berbagai pekerjaan berkaitan pengamanan data.

Jenjang Karir Seorang Cyber Security

Dalam dunia kerja profesi apapun selalu menawarkan jenjang karir. Berdasarkan jenjang karir inilah seseorang biasanya akan menentukan dan menimbang ingin mengambil pekerjaan atau tidak. Sebagai seorang cyber security tentu ada jenjang karirnya juga.

Jenjang Karir Seorang Cyber Security

Perlu Anda ketahui jika jenjang karir pada pekerjaan cyber security ini sifatnya langsung. Secara garis besar cyber security bekerja dengan cara tim di mana dalam satu pekerjaan akan ada 4 sampai 5 orang terlibat. Semua tim dengan keahliannya masing masing ini di pimpin oleh satu orang.

Karena sistem kerjanya tim sesuai spesialisasi masing masing, maka jenjang karir dalam pekerjaan cyber security ini sifatnya langsung ke puncak. Apabila Anda memiliki kemampuan, pengalaman, dan leadership maka bisa langsung menempati profesi sebagai Chief Information Security Officer.

Tempat Gaji Cyber Security Bekerja

Pekerjaan cyber security akan berkaitan dengan data data dan pengamanan informasi. Semenatara di era moderen seperti sekarang hampir semua elemen sudah membutuhkan media penyimpanan data berbasis IT. Dengan kata lain, seorang cyber security dapat bekerja di mana saja, berikut beberapa tempat bekerja seorang cyber security.

Tempat Gaji Cyber Security Bekerja

1. Instansi atau Lembaga Pemerintahan

Kemampuan seorang cyber security dalam mengamankan data serta informasi memang sangat orang perlukan. Sementara lembaga atau instansi Pemerintahan seperti perusahan BUMN, BIN, sampai dengan kementerian hampir semua sudah menggunakan website dan menyimpan berbagai data penting di sana.

Dengan kata lain cyber security tentunya dapat bekerja dan mengambil bagian di dalam instansi atau lembaga pemerintahan tersebut sebagai seorang ahli keamanan sistem. Jadi, cyber security dapat bekerja di instansi maupun lembaga pemerintahan.

2. Perusahaan Perusahaan IT dan Umum Swasta

Selain instansi dan lembaga pemerintahan, hampir semua perusahaan IT maupun umum berbasis swasta sudah membuat website dan database internetnya masing masing. Tentunya di dalam website tersebut terdapat banyak sekali informasi dan data penting.

Misalnya saja perusahaan e-commerce yang menyimpan banyak sekali data data serta informasi mengenai penggunaannya. Berdasarkan kondisi tersebut, tentu saja kehadiran seorang cyber security sangat penting agar data data vital tersebut tidak bocor ke publik. Jadi cyber security juga bisa bekerja di perusahan perusahaan IT umum maupun swasta.

Pekerjaan yang Meliputi Cyber Security

Dunia yang mengarah ke aktivitas digital, membuat beberapa orang mulai paham betul pentingnya data data. Untuk mengamankan data data ini kehadiran seorang cyber security ini sangatlah penting, berikut adalah beberapa pekerjaan yang meliputi cyber security.

Pekerjaan yang Meliputi Cyber Security

1. Konsultan Cyber Security

Sama halnya dengan konsultan pada umumnya, konsultan cyber security tentunya memiliki pengalaman dan juga pengetahuan yang dalam akan hal ini. Seorang konsultan cyber security dapat memberikan saran mengenai keamanan jaringan di sebuah instansi atau perusahaan.

Selain itu konsultan juga bisa menemukan jalan keluar untuk mengatasi keamanan jaringan. Konsultan cyber security tentunya merupakan pekerjaan yang harus melalui berbagai pengalaman sehingga bisa mencapai ke situ.

2. Pimpinan Pengatur Sektor Keamanan

Dalam melakukan pekerjaannya, tim dari cyber security ini tentunya memiliki leader atau pimpinan. Semua aktivitas dan koordinasi dalam menyelesaikan permasalahan akan pimpinan ini atur sehingga sektor keamanannya dapat berjalan dengan baik.

Tugas utamanya adalah pemimpin sehingga proses penyelesaian keamanan jaringan dan sistem dapat berjalan secara baik. Tentu  saja pekerjaan satu ini hanya bisa orang raih jika sudah memiliki pengalaman serta pengetahuan mendalam mengenai sistem keamanan.

3. Security Engineer

Security engineer adalah profesi atau pekerjaan yang mengemban tugas untuk memelihara, membangun, dan menjaga keamanan jaringan pada instansi maupun perusahaan. Pekerjaan ini menjadi salah satu dalam tim cyber security.

Biasanya aktivitas perancangan dan pemahaman jaringan keamanan akan benar benar seorang security engineer pahami. Setelah mendapatkan struktur sistem dalam bahasa pemrograman barulah bersama sama dengan tim lain membuat keamanan menjadi lebih baik.

4. Security Architect

Selanjutnya ada security architect yang jadi salah satu pekerjaan penting dalam sebuah tim di cyber security. Tugas utama dari security architecture adalah mengimplementasikan pengawasan jaringan komputer yang perusahaan sedang gunakan.

Secara garis besar arsitek akan membuat sebuah pemetaan di mana tim cyber security dalam mengawasi jalur sistem keamanan. Hal ini membuat proses pemantauan dan pengawasan pada titik titik lemah dari sistem keamanan terlihat secara jelas.

5. Incident Responder

Profesi yang tidak kalah pentingnya dengan pekerjaan lainnya adalah incident responder di mana memiliki tugas untuk merespon pertama kali jika ada insiden siber. Misalnya terdapat sebuah serangan jaringan keamanan internet di sebuah perusahaan atau instansi pemerintahaan.

Incident responder akan langsung memberikan feedback, tanggung jawab yang profesi ini emban juga cukup sulit. Selain itu incident responder juga harus memahami betul pembelajarannya sehingga dapat memberikan edukasi agar tidak terjadi kesalahan yang sama.

6. Computer Forensic Specialist

Selanjutnya profesi yang ada di dalam tim cyber security lainnya adalah computer forensic specialist. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah mengumpulkan, menganalisis, dan mendeteksi bukti bukti mengenai kejahatan siber.

Untuk melakukan proses pengumpulan bukti ini seorang computer forensic specialist memiliki akses ke jaringan, perangkat, komputer, dan tentunya media penyimpanan data. Keberadaannya cukup kuat sebagai validator terhadap temuan bukti kejahatan siber.

Hard Skill yang Harus Seorang Gaji Cyber Security Miliki

Pengetahuan dalam dunia siber ini memang tidak bisa seseorang anggap remeh. Apabila Anda ingin dan terjun ke dunia ini maka terdapat beberapa kemampuan dan hard skill yang harus siap. Berikut adalah hard skill dari seorang cyber security.

Hard Skill yang Harus Seorang Gaji Cyber Security Miliki

1. Kemampuan dalam Memimpin

Ketika menjadi seorang keamanan siber, kemampuan dalam memimpin sangat penting khususnya jika menjadi ketua tim cyber security. Alasan utama harus bisa memimpin karena tuntutan dalam mengkoordinasi tim sangat penting.

Sebagai cyber security khususnya di bagian kepala, Anda harus berdiskusi dengan beberapa profesi lainnya seperti pengemang web, penetrasi web, rekayasa sosial, dan lain sebagainnya. Untuk mendapatkan hasil maksimal sebuah kepemimpinan menjadi elemen penting dalam hal ini.

2. Keterampilan Teknis

Selanjutnya adalah keterampilan teknis yang harus seorang security cyber kuasi. Kemampuan ini sangat penting karena berkaitan dengan pemahaman seseorang terhadap administrasi sistem operasi, manajemen, dan arsitektur.

Tidak hanya itu, apabila Anda ingin menjadi seorang cyber security maka harus memahami juga konsep pemrograman serta pengembangan perangkat lunak. Analisis meliputi perangkat lunak secara umum penting dalam membangun sebuah sistem keamanan yang bisa menggunakan berbagai jenis data penting.

3. Memiliki Sifat Kompeten

Insinyur keamanan siber juga harus berkompeten dalam menjalankan tugasnya. Pekerjaan satu ini bukan profesi main main sehingga seseorang harus memahaminya dengan baik. Apalagi sekarang hampir semua data perorangan maupun perusahaan tersimpan secara online.

Seorang cyber security harus memiliki kemampuan dan perspektif holistik dalam melihat berbagai keuntungan dalam sistem keamanan. Semua pengetahuan mengenai risiko, definisi, ancaman, implementasi, kerentanan, hingga pengujian harus seorang cyber security pahami dengan baik.

Softskill yang Harus Seorang Gaji Cyber Security Miliki

Setelah Memahami bagaimana pentingnya kemampuan hardskill, maka seorang cyber security juga harus paham betul softskill. Ini merupakan kemampuan yang akan membantu seorang cyber security bekerja lebih baik. Berikut softskill yang harus seorang cyber security miliki.

Softskill yang Harus Seorang Gaji Cyber Security Miliki

1. Fleksibel, Mudah Adaptasi, dan Memahami Tugas

Dalam sebuah tim cyber security kemungkinan adanya pergantian anggota selalu ada. Apabila Anda termasuk dalam tim tersebut, maka harus memiliki kemampuan fleksibel dalam beradaptasi sehingga kinerja menjadi lebih baik.

Keterampilan dalam menganalisis serta mendiagnosis permasalahan jaringan selanjutnya juga harus Anda kuasai. Menguasai hal ini tidak cukup hanya memahami melainkan juga implementasinya. Mengupdate pengetahuan yang luas soal kerentanan juga jadi tantangan seseorang jika ingin bekerja sebagai cyber security.

2. Siap Mempertahankan Argumen dengan Penjelasan Logis

Ketika menjadi seorang cyber security, anda juga harus mempraktekan ilmu moderen, pengetahuan dan pemahaman mengenai sistem secara logis. Penjelasan logis tentu harus seseorang sertakan dalam hal ini.

Pada saat menemukan permasalahan serangan siber, kemampuan dalam menangkap masalah ini sangatlah penting. Hal ini sangat penting agar bisa menjelaskan secara rinci kepada klien yang meminta jasa keamanan.

Demikian informasi mengenai prospek, peluang kerja, dan gaji cyber security di indonesia. Meskipun profes ini terbilang masih asing di Indonesia, akan tetapi peluangnya besar karena kedepannya sudah menggunakan sistem semua.