21+ Info Gaji Pegawai Sicepat Express

gaji pegawai Sicepat Express

Pekerjaan dan gaji pegawai Sicepat Express ini tidak banyak orang yang mengetahui. Walaupun demikian, karyawannya tetap banyak dan bahan tersebar di berbagai kantor cabang setiap daerah. Bahkan di dalam satu daerah sekalipun bisa memiliki lebih dari 3 cabang tersebar secara merata.

Baca juga : Info Gaji LPDP 

Gaji Pegawai Sicepat Express : Sekilas Tentang Perusahaan

Sebelum lanjut pada inti pembahasannya, alangkah baiknya bagi kita untuk mengetahui beberapa informasi umum mengenai perusahaan ini. Mulai dari mempelajari profil perusahaan, alamat, kontak, alamat website, dan masih banyak lainnya. Simak penjelasan lebih lanjut di sini.

Sekilas Tentang Perusahaan

1. Profil Perusahan Sicepat Express

Sicepat express merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi atau jasa pengiriman barang. Perusahaan yang bergerak sejak 2014 ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari yang sebelumnya satu kantor pusat kini sudah tersebar cabangnya di berbagai penjuru dunia.

Selama masa perjalanan bisnis ini, Sicepat Express sudah berhasil memiliki berbagai layanan. Adapun beberapa layanan yang ada seperti si untung, best, same day delivery, halu, dan gokil. Kemudian ada juga layanan H3lo, sicepat syariah, sicepat go, COD, dan sicepat klik. 

2. Alamat dan Kontak Sicepat Express

Perusahaan ini memiliki kantor pusat di Jl Ir H Juanda 3 no 17 – 19, RT 08 RW 02, Kelurahan Kebon Kelapa, Kec Gambir, Jakarta Pusat. Melalui kantor ini, Sicepat Express dapat mengoperasikan setiap cabang yang ada di daerah. Selain itu juga sering menjadi tempat persinggahan setiap kiriman paket.

Jika Anda ingin menghubungi kantor pusat maka bisa menuju ke nomor 021 5020 0050. Selain itu juga ada pilihan nomor customer service lainnya dan kali ini bisa Anda hubungi melalui whatsapp di nomor 0812 9966 6088. Apabila customer ingin menyampaikan keluhan besar, juga bisa melalui email di [email protected].

3. Alamat Website dan Sosial Media Sicepat Express

Customer tidak hanya bisa menghubungi perusahaan melalui kontak di atas. Mereka bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang perusahaan melalui situs atau website resminya di www.sicepat.com. Situs ini menyimpan banyak info yang pelanggan butuhkan. Bahkan juga bisa membantu mereka untuk lacak paket.

Selain itu juga bisa mengamati lewat sosial media nya , baik itu di tiktok, instagram, bahkan twitter. Untuk instagramnya, bisa berkunjung ke @sicepat_ekspres. Username yang sama juga berlaku untuk akun twitter dan tiktok. Melalui sosial media maka pelanggan bisa mendapatkan berbagai promo biaya pengiriman.

4. Info Lowongan Kerja Sicepat Express

Perusahaan ekspedisi seperti ini tentu membutuhkan banyak karyawan. Mulai dari staff kantor hingga kurir dan itupun juga tersebar di berbagai cabang. Tidak heran bila Sicepat Express sering mengumumkan iklan lowongan kerja di berbagai posisi yang kosong.

Info lowongan kerja ini bisa Anda lihat di berbagai portal iklan atau loker. Bisanya melalui sosial media instagram atau facebook. Selain itu info ini juga bisa Anda dapatkan dari teman yang menjadi karyawan di perusahaan itu. Tidak jarang beberapa kantor cabang menyebarkan lowongan kerja dengan sistem dari teman ke teman.

Jabatan dan Gaji Pegawai Sicepat Express

Perusahaan ekspedisi atau logistik seperti ini tentu membutuhkan banyak karyawan untuk mengisi berbagai jabatan atau posisi. Mulai dari supervisor, manager, kepala divisi, direktur, frontliner, dan lain sebagainya. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai setiap jabatan atau posisi kerja yang ada.

Jabatan

1. Supervisor

Supervisor merupakan seseorang yang bertugas mengawasi kinerja bawahannya. Selain itu ia juga mengawasi kondisi pekerjaan di kantor, apakah berjalan dengan lancar atau ada kendala. Sembari menjalani tugas itu, supervisor juga perlu memberikan pengarahan dan pelatihan pada pekerja. 

Apabila sudah mengamati kinerja maka supervisor mengevaluasi dan membuat laporan. Melalui laporan itu maka perusahaan atau kantor cabang serta karyawannya bisa memperbaiki di periode selanjutnya. Untuk gaji di posisi ini bisa sekitar 2 juta hingga 8 jutaan tergantung standar UMR.

2. Kurir Paket

Posisi selanjutnya yang membutuhkan banyak personil adalah kurir paket. Sebagaimana yang sudah diketahui, posisi ini memiliki tugas untuk mengirimkan paket. Pengiriman paket itu sendiri tidak semudah yang banyak orang kira. Para kurir juga harus menyortir paket menjadi beberapa kelompok.

Selain itu mereka pun juga harus melakukan pendataan setiap paket. Kemudian data itu akan tersambung dengan aplikasi dan resi. Tentu tujuannya adalah untuk memudahkan pelanggan untuk memantau pengiriman paketnya. Sayangnya gaji kurir ini tidak terlalu besar, bahkan bisa kurang dari 3 jutaan.

3. Data Entry Staff

Data entry merupakan pekerjaan yang tugasnya adalah mengumpulkan dan memasukkan data ke dalam suatu database. Database ini sangat penting untuk setiap perusahaan agar mereka bisa memasarkan dan meningkatkan kualitas produk pelayanan dengan baik serta sesuai dengan kebutuhan.

Adapun contoh tugas kerja dari posisi ini adalah memasukkan data pelanggan, menyortir data. Memindai berbagai dokumen, memeriksa dan memperbaiki kesalahan data. Melalui banyaknya tugas seperti itu, biasanya data entry bisa mendapatkan gaji sektor 3 hingga 5 jutaan per bulan, tergantung juga dengan tingkatan jabatannya.

4. Frontliner

Posisi selanjutnya yang tersedia di perusahaan ekspedisi ini adalah frontliner. Hampir seluruh perusahaan juga membutuhkan posisi ini, baik itu di kantor pusat maupun cabang. Frontliner itu sendiri memiliki tanggung jawab untuk menangani dan melayani customer secara langsung.

Ia juga harus bisa menyelesaikan masalah atau kendala yang dialami setiap customer. Apabila kendalanya terlalu berat maka bisa meminta dampingan atau bantuan dari supervisor atau manager. Untuk gajinya sendiri sekitar 3.5 juta – 5 jutaan per bulan, bisa juga menyesuaikan dengan UMR setempat.

5. Business Development

Posisi business development memiliki tugas menciptakan dan mengembangkan berbagai peluang yang perusahaan memiliki tujuannya adalah agar perusahaan bisa semakin tumbuh dan berkembang jadi lebih baik. Selain itu juga agar perusahaan bisa memenuhi segala kebutuhan pelanggan.

Adapun tanggung jawabnya seputar riset pasar, mencari peluang pelanggan baru, menjaga relasi, dan bekerja sama dengan divisi lain dalam memenuhi kebutuhan pasar. Untuk bisa melakukan berbagai tugas itu maka seorang business development harus memiliki beberapa keahlian seperti management dan komunikasi.

6. Management Product

Setiap perusahaan membutuhkan tenaga kerja di bidang management product. Tugasnya adalah untuk merencanakan dan mengembangkan setiap produk di perusahaan. Hal ini berlaku untuk produk fisik ataupun dalam bentuk layanan jasa. Proses management product ini juga panjang, mulai dari ide hingga tes produk.

Selain itu seorang management product juga harus melalui proses uji coba hingga menghasilkan yang sesuai kebutuhan. Untuk bisa melakukan pekerjaan ini, seorang product manager membutuhkan kemampuan di bidang teknik dan kreatifitas. Untuk gaji pegawai Sicepat Express di posisi ini mencapai 10 jutaan ke atas.

7. HR / Admin

HR atau Human Resource juga biasa terkenal sebagai bagian Administrasi. Pada beberapa perusahaan, kedua posisi ini berada di bidang yang berbeda walaupun masih satu rumpun. Tugas HRD sendiri ialah bertanggung jawab dalam mengelola seluruh karyawan serta sumber daya di perusahaan.

HRD harus bisa mengetahui mana orang yang cocok bekerja sama dalam satu tim dan mana yang hanya bisa bekerja sendiri. Tentunya setiap karyawan itu sendiri juga memiliki keunggulan serta kekurangannya masing-masing. Perihal gaji, posisi ini biasanya akan mendapatkan upah sekitar lebih dari 10 jutaan per bulan.

8. Engineering 

Pada dasarnya enginering ini merupakan ilmu keteknikan yang mana berhubungan dengan sistem atau mesin. Untuk perusahaan Sicepat Express sendiri, posisi engineering dibutuhkan untuk mengelola sistem komputer dan digitalisasi. Kelak posisi ini akan berkolaborasi dengan bidang IT.

Selain itu Engineering juga bertugas untuk merancang dan merencanakan sebuah pembangunan struktur yang kemudian jadi sistem baru. Tugas kerja ini bisa berlaku di berbagai topik atau bidang. Melalui tugas serta tanggung jawab seperti itu, biasanya posisi ini mendapatkan gaji sekitar 10 jutaan.

9. Marketing

Marketing merupakan posisi kerja yang sudah sering terdengar di perbincangan masyarakat. Seorang marketer itu sendiri memiliki tugas untuk mempromosikan perusahaan beserta produk atau jasanya ke publik. Tentu tujuannya adalah untuk meningkatkan nilai penjualan dari satu periode hingga selanjutnya.

Mengingat bahwa kini kita berada di era digitalisasi, maka marketing juga memiliki cabangnya yaitu di marketing konvensional dan digital. Keduanya memiliki strategi berbeda dan tim marketing harus merencanakan serta mengembangkan strateginya. Untuk gajinya sendiri sekitar 2 jutaan diluar bonus target.

10. Sales Lapangan

Sales lapangan merupakan tenaga profesional yang bertanggung jawab dalam menjual produk atau layanan secara langsung ke calon pelanggan. Mengingat bahwa Sicepat Express ini sendiri adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa, maka sales juga menjual produk itu.

Biasanya sales lapangan ini akan bekerja dengan sistem menawarkan berbagai kerjasama atau layanannya ke setiap calon konsumen yang potensial. Adapun karakter konsumen potensial ini seperti orang yang mungkin akan sering berhubungan dengan ekspedisi, misalnya seperti para pelaku UMKM.

11. IT Staff

Sama seperti marketing, semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga IT untuk mengembangkan perusahaan di bidang itu. It staff ii sendiri memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan sistem jaringan, meningkatkan dan evaluasi seluruh objek yang berhubungan dengan komputer.

Agar bisa bekerja menjadi IT staff, seseorang harus memiliki beberapa keahlian. Misalnya seperti data science, cyber security, python programming, dan blockchain developer. Selain itu tentu masih ada banyak keahlian penting lainnya. Untuk posisi kerja ini sudah pasti akan mendapatkan gaji besar, di atas 10 juta per bulan.

12. Customer Service

Jika sebelumnya sudah ada frontliner yang bertugas melayani pelanggan secara langsung, kini ada juga yang namanya customer service. Posisi kerja ini memiliki tugas hampir sama dengan frontline. Perbedaannya ialah customer service melayani kelihatan atau bantuan customer melalui media online atau jarak jauh.

Sebagai contoh, melayani keluhan pelanggan melalui chat whatsapp atau telepon call center. Selain itu ada juga customer service yang khusus menjadi melayani pelanggan melalui aplikasi untuk gajinya menyesuaikan kebijakan UMR yang berlaku di daerah setempat.

13. Desain Staff

Desain staff hampir sama atau dalam satu rumpun dengan graphic designer. Tugas posisi ini adalah menyediakan kebutuhan desain dari berbagai divisi. Misalnya seperti kebutuhan desain untuk marketing, menarik pembeli, atau pembuatan konten.

Beberapa perusahaan juga memberikan tugas lain untuk posisi ini. Misalnya seperti membuat desain produk, banner, dan lain sebagainya. Walaupun mengingat tugas seorang pekerja desain yang banyak, namun terkadang gajinya juga masih menyesuaikan dengan standar UMR yang berlaku.

14. Staff Magang

Perusahaan logistik seperti ini tentunya juga menerima staf magang. Biasanya tugas dari staf magang itu juga tergantung dengan divisi mereka. Misalnya magang di divisi keuangan, maka tugasnya membantu para staf keuangan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Biasanya staff atau karyawan magang seperti ini tidak mendapatkan gaji. Namun beberapa perusahaan seperti Sicepat Express akan memberikan dana akomodasi. Sayangnya lowongan magang seperti ini hanya berlaku di kantor pusat yaitu di Jakarta Pusat.

Fasilitas untuk Gaji Pegawai Sicepat Express

Setelah mengetahui banyaknya jabatan atau posisi yang tersedia di Sicepat Express ini, pembaca berhak mengetahui pula berbagai fasilitasnya. Mulai dari gaji pokok, bonus, tunjangan, komisi, akomodasi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai setiap fasilitas di Sicepat.

Fasilitas untuk

1. Gaji Pokok dan Bonus

Setiap karyawan sudah pasti akan mendapatkan gaji pokok sesuai dengan kesepakatan atau standar yang berlaku. Mulai dari 1.8 juta hingga 10 juta tergantung dengan jabatannya masing-masing. Melalui gaji pokok ini maka karyawan mendapatkan hak dan bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.

Selain gaji pokok, karyawan juga bisa mendapatkan bonus bulanan. Namun ini hanya berlaku di beberapa divisi, terutama yang bekerja dengan sistem target. Misalnya seperti marketing, sales, dan kurir akan mendapatkan gaji sesuai dengan perhitungan yang berlaku di perusahaan.

2. Fasilitas Penunjang Kerja

Selain mendapatkan gaji dan bonusnya, setiap pekerja juga akan mendapatkan fasilitas penunjang kerja. Adapun bentuk fasilitas ini seperti laptop, komputer, motor, mess, dan lain sebagainya. Ada juga beberapa fasilitas lainnya yang tersedia di kantor pusat untuk menunjang kinerja para karyawan kantor.

Bahkan untuk jajaran direktur atau manager bisa mendapatkan kendaraan mobil dinas. Hal itu akan mendukung perjalanan bisnis mereka seperti bertemu dengan pihak investor. Tentunya semua fasilitas ini akan jadi tidak berlaku lagi apabila karyawan sudah tidak bekerja di Sicepat Express.

3. Komisi

Komisi adalah sebuah keuntungan yang biasanya berlaku dengan sistem kerja affiliate. Namun bisa juga perusahaan logistik ini memiliki sistem pemberian komisi yang berbeda. Keuntungan atau komisi ini sendiri merupakan bonus tambahan yang tidak semua orang bisa dapatkan.

Binaya komisi hanya bisa Anda dapatkan apabila sudah bekerja melebihi target atau memberikan keuntungan pada perusahaan. Misalnya seperti mengajak tetangga atau pelanggan baru untuk menggunakan jasa ekspedisi dari Sicepat. Kemudian jumlah orang ini akan diakumulasi dan berubah jadi bonus gaji.

4. Akomodasi

Beberapa perusahaan ekspedisi memberikan akomodasi pada setiap karyawannya yang membutuhkan, termasuk Sicepat Express. Adapun bentuk akomodasi ini adalah seperti bensin dan kendaraan. Kemudian ada juga kebutuhan akomodasi yang karyawan butuhkan pada saat perjalanan bisnis.

Selain itu, terkadang beberapa cabang Sicepat Express juga memberikan fasilitas mess untuk karyawan yang memutihkan. Melalui fasilitas ini aka karyawan bisa bekerja dengan baik dan damai tanpa perlu merasa kekurangan. Tidak heran banyak juga pekerja di perusahaan ini yang betah mengabdi dalam jangka waktu lama.

Itulah tentang gaji pegawai Sicepat Express yang bisa Anda ketahui secara menyeluruh. Semoga bisa membantu banyak orang masih bingung atau sudah tertarik dengan perusahaan logistik satu ini.