Ini Penyebab Kenapa Tidak Bisa Beli Paket Indosat Padahal Pulsa Cukup

Tidak Bisa Beli Paket Indosat

Kenapa tidak bisa beli paket Indosat padahal pulsa cukup? Mungkin Anda sering mengalami masalah ini yang tentunya dapat menghambat setiap kegiatan yang berkaitan dengan internet. Untuk mengatasinya, maka perlu mengetahui secara lengkap mengenai penyebab dari masalah tersebut.

Baca juga : Cara Transfer Kuota Indosat 

Paket Data Indosat

Beli Paket Data Indosat

Indosat menjadi salah satu operator seluler yang banyak masyarakat Indonesia gunakan saat ini karena terdapat banyak promo menarik dan fitur yang bisa membantu semua penggunanya menjelajah internet tanpa khawatir adanya kendala. Sekarang, Anda juga bisa membeli paket data dengan mudah.

Caranya yakni dengan mengisi pulsa di operator seluler terlebih dahulu. Namun, jika terjadi kegagalan, mungkin ada beberapa penyebab yang bisa Anda identifikasikan terlebih dahulu. Karena kalau tidak mengetahuinya, khawatirnya nanti hal tersebut memberikan kendala secara terus menerus.

Selain itu, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika membeli paket data Indosat menggunakan pulsa, mulai dari potongan harga, jumlah kuota, dan lain sebagainya. Jadi, jangan lupa untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dan membeli paket data yang diinginkan.

Kenapa Tidak Bisa Beli Paket Indosat Padahal Pulsa Cukup?

Selanjutnya, Anda perlu mengetahui segala penyebab mengapa tidak bisa membeli paket Indosat padahal isi pulsa di operator seluler cukup banyak. Supaya dapat mengidentifikasikan kendala tersebut, simak ulasan lengkapnya di bawah ini dengan seksama!

1. Jaringan Tidak Stabil

Penyebab pertama yang mungkin saja ada yakni jaringan seluler tidak stabil. Anda juga bisa mengubah tipe jaringan terlebih dahulu, seperti 2g, 3g, 4g, hingga 5g atau LTE. Ubahlah ke jenis jaringan yang lebih rendah, jangan mengaturnya secara otomatis karena khawatirnya nanti akan berubah-ubah.

Anda dapat mengubahnya dengan cara yang mudah. Berikut ulasan tahapannya!

  • Buka aplikasi pengaturan.
  • Lalu, pilihlah opsi koneksi atau connection.

opsi koneksi atau connection

  • Setelah itu, pilih jaringan seluler yang sesuai. Berikutnya, memilih mode jaringan yang akan digunakan untuk membeli kuota, baik ke 2g maupun 3g.

pilih jaringan seluler

mode jaringan

2g maupun 3g

  • Kemudian, coba ulang langkah pembeliannya.

2. Sudah Terdaftar Paket Data Lain

Jika Anda sudah terdaftar di paket data lain, maka kemungkinan besar akan mengalami hambatan untuk membeli paket baru. Inilah penyebab terjadinya kendala yang seringkali pengguna lupa untuk identifikasi sebelumnya, sehingga menyebabkan kegagalan saat membeli kuota atau paket data baru Indosat.

Oleh karena itu, Anda perlu berhenti terlebih dahulu dari paket data sebelumnya. Berikut cara lengkapnya!

  • Buka menu Dial Up yang ada di smartphone.
  • Kemudian, ketika kode angka *123#.

kode angka *123#

  • Setelah itu, pilih nomor 22 untuk membuka opsi “Info”.

Beli paket data Indosat

  • Lalu, pilih nomor 7 opsi “Berhenti”.

nomor 7 opsi “Berhenti”

  • Dan pilih nomor 1 opsi “Paket Internet”.

nomor 1 opsi “Paket Internet”

  • Langkah terakhir, ketik angka 1 “Ya”.

ketik angka 1 “Ya”

  • Selanjutnya, lakukan pembelian paket data ulang menggunakan pulsa.

3. Nomor Tidak Aktif

Jika nomor Indosat Anda sudah lama, kemungkinan besar sudah tidak aktif lagi. Ini bisa menjadi penghambat pembelian paket data. Meskipun di dalam operator seluler tersebut berisi pulsa dengan jumlah yang tidak sedikit, namun tidak dapat dipungkiri kalau masa nomornya sudah habis.

Dengan begitu, Anda tidak bisa melakukan berbagai transaksi dengan mudah menggunakan nomor tersebut. Lakukan pengecekan masa aktif tersebut dengan aplikasi atau kode UMB.

  • Jika menggunakan aplikasi, Anda bisa melihat masa aktif nomor telepon di bagian dashboard, tepatnya di pojok kiri atas.

bagian dashboard

  • Sedangkan menggunakan kode UMB, Anda hanya perlu membuka menu Dial Up terlebih dahulu. Setelah itu, memasukkan kode angka *123#. Nantinya, di menu pop up akan muncul nominal pulsa dan masa aktif dari nomor.

kode angka *123#

  • Untuk memperpanjang masa aktif, lakukan isi ulang lagi atau membeli masa aktif nomor telepon.

4. Tidak Bisa Beli Paket Karena Server Indosat Error

Kesalahan terkadang tidak sepenuhnya berasal dari pengguna, bisa jadi karena adanya masalah atau error yang terjadi di server pusat Indosat. Namun, kendala ini tidak akan berlangsung lama, mungkin hanya satu atau dua hari maupun beberapa jam saja, jadi tidak perlu khawatir jika ada error pada server.

Jika server telah kembali, pengguna dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu atau bertanya ke call center Indosat guna mengetahui masalah tersebut apakah sudah teratasi atau belum. Setelah itu, lakukan lagi pembelian paket data menggunakan pulsa yang tersedia di kartu Indosat Anda.

5. Paket Hot Promo

Kenapa tidak bisa beli paket Indosat padahal pulsa cukup? Mungkin penyebabnya karena Anda membeli paket hot promo. Kendala ini bisa terjadi apabila pengguna baru saja menggunakan operator seluler satu ini. Layanan tersebut hanya tersedia bagi pengguna lama dan telah rutin melakukan pembelian pulsa.

Beli paket data Indosat Paket Hot Promo

Beli paket data Indosat Paket Hot Promo

Kalau sudah menggunakan kartu tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama, maka Anda bisa mendapatkan pesan notifikasi jika pengguna telah bisa menggunakan layanan hot promo. Jadi, sebelum membeli paket data melalui pulsa, sebaiknya lakukan pengecekan berapa lama telah memakai kartu itu.

6. Mengganti Kartu

Jika kelima penyebab di atas tidak menjadi faktor kendala atau kegagalan dalam pembelian paket data, mungkin saja penyebabnya karena terjadi kerusakan pada kartu. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus membeli kartu baru atau mengganti kartu lama dengan yang baru.

Cara ini tentunya cukup ampuh dan bisa mengatasi kendala tersebut dengan cepat. Setelah membeli kartu baru, segera lakukan registrasi untuk mendaftarkan data diri pada kartu tersebut. Lalu, coba beli lagi paket data menggunakan pulsa melalui aplikasi. Berikut caranya!

  • Buka aplikasi MyIm3.
  • Setelah itu, klik menu “Beli” yang berada di bagian tengah bawah halaman utama.

menu “Beli”

  • Carilah paket data yang sesuai dengan jumlah pulsa Anda.

Carilah paket data

  • Jika sudah, baca informasi atau deksripsi mengenai paket data tersebut agar tidak terjadi kesalah pahaman. Lalu, klik “Lanjutkan”.

baca informasi atau deksripsi mengenai paket data

  • Di halaman berikutnya, klik “Pilih Metode Pembayaran”.

klik “Pilih Metode Pembayaran”

  • Pilihlah opsi “Pulsa” dan tekan “Bayar Sekarang”.

opsi “Pulsa”

  • Secara otomatis paket data sudah berhasil masuk ke kartu Anda dan bisa langsung digunakan.

Itu tadi informasi berkaitan dengan penyebab kenapa tidak bisa beli paket Indosat padahal pulsa cukup. Sekarang, Anda tidak perlu lagi bingung jika mengalami kendala seperti di atas. Sebelum itu, cek lagi nominal atau jumlah pulsa yang ada di operator seluler, apakah sesuai dengan kuota yang ingin dibeli atau tidak.