6+ Daya Tarik Wisata Baru Embung Pendem Magetan

Embung Pendem Magetan

Embung Pendem Magetan merupakan wisata baru yang wajib untuk Anda kunjungi. Terlebih, lokasinya juga akan semakin ramai di akhir pekan. Tentu sangat cocok apabila ingin mengisi waktu liburan untuk menikmati pemandangan alam dan suasana di sekitarnya. Lokasinya juga cocok menjadi tujuan healing bersama keluarga.

Sekilas Tentang Wisata Embung Pendem Magetan

Embung Pendem Magetan
Source: https://lh3.googleusercontent.com/p/AF1QipNtE6T4i2j_fcQ2mWSCwksGmMVlmtM3-AW3mTrE=s1600-w400

Embung Pendem adalah area wisata yang terdiri dari sebuah cekungan untuk menampung air. Adapun tujuannya adalah untuk menjaga kualitas air tanah, melakukan pengairan, hingga mencegah banjir. Lokasinya saat ini juga sudah dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat menarik dan murah meriah.
Tempatnya juga cukup luas sehingga cocok untuk menjadi lokasi wisata liburan bersama keluarga. Suasana alam di sekitarnya benar-benar asli, nyaman, dan alami. Anda juga bisa melihat pemandangan Gunung Lawu yang indah. Pastinya sangat direkomendasikan apabila ingin mengisi waktu luang.
Anda bisa menikmati kesegaran udara pagi dengan angin yang sepoi-sepoi. Terdapat pula pemandangan sawah membentang di sekitarnya. Kemudian di waktu sore hari juga ada tempat-tempat penjual makanan sehingga bisa jadi lokasi untuk berburu kuliner juga. Oleh karena itu, jangan ragu mengunjungi wisata ini.

Lokasi Wisata Embung Pendem Magetan

Wisata Embung Pendem dapat Anda kunjungi di Desa Pendem, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Untuk menuju lokasi, maka para pengunjung dapat masuk ke jalur pedesaan terlebih dahulu. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena sudah diaspal sehingga tidak sulit melaluinya.
Anda bisa menikmati keindahan alam khas pedesaan yang sangat alami dan menyegarkan. Sangat cocok untuk refreshing di tempat ini bersama orang-orang terdekat. Terlebih sudah ada bangku-bangku tempat duduk yang tersedia sehingga para pengunjung bisa memanfaatkannya untuk beristirahat dan bersantai.
Lokasinya sendiri masih benar-benar asri sehingga pastinya Anda akan betah berada di sekitarnya. Akan tetapi, usahakan untuk tetap membuang sampah di tempatnya untuk membantu melestarikan tempat wisata ini. Agar nantinya tetap nyaman untuk dikunjungi bagi wisatawan yang ingin datang berlibur.

Rute Menuju Lokasi Embung Pendem Magetan

Embung Pendem Magetan
Source: https://1.bp.blogspot.com/-NCtbt9G1joY/X0owH9XtjwI/AAAAAAAAAgY/kW1JlKyw2akixp_qXUDzoAWvLchfV5OrwCLcBGAsYHQ/w0/keindahan-wisata-embung-pendem.jpg

Tempat wisata ini dapat Anda kunjungi dengan jarak tempuh sekitar 6 km saja dari Alun-alun Magetan. Tentu tidak sulit untuk menemukan lokasinya. Para pengunjung dapat berangkat dari pusat kota kemudian menuju arah selatan yaitu Jalan Baron Raya. Lalu menuju ke Jalan Raya Maospati – Magetan.
Setelah itu, Anda bisa belok ke arah kiri menuju Jalan Yosonegoro. Lanjutkan perjalanan untuk menuju Jalan Magetan – Goranggareng. Adapun alternatifnya bisa melewati Jalan Samudra. Kemudian belok sedikit ke kiri. Selanjutnya belok ke kanan menuju Jalan Raya Parang. Belok ke kanan sekitar 3,6 meter.
Lalu belok ke kiri sekitar 550 meter. Selanjutnya belok ke kiri lagi sekitar 220 meter. Anda sudah bisa menemukan lokasi Embung Pendem. Agar lebih mudah, tidak ada salahnya memanfaatkan petunjuk arah memakai aplikasi Google Maps. Tidak mengapa juga apabila ingin bertanya ke warga setempat.

HTM Wisata Embung Pendem Magetan

Embung Pendem Magetan
Source: https://1.bp.blogspot.com/-j-TJS0Mq80U/X0owqXIw31I/AAAAAAAAAgg/rvB38jwFbtgiXzlER_HiOjXzz-ytunZpQCLcBGAsYHQ/s1600/wisata-embung-pendem-malam-hari.jpg

Anda dapat berkunjung ke tempat wisata ini dengan tanpa biaya tiket masuk alias gratis. Dengan begitu, para pengunjung cukup menyiapkan biaya parkir kendaraan mereka saja. Pastinya akan semakin puas berwisata ke tempat ini. Jangan lupa juga mengajak anak-anak, pasangan, teman, dan lainnya agar lebih seru.
Pemandangan alam di sekitarnya juga sangat indah, bersih, dan terawat. Terdapat spot foto menarik bertuliskan Embung Pendem sehingga sangat cocok menjadikannya sebagai lokasi selfie. Anda juga bisa bersantai di sekitarnya untuk melihat pemandangan sunset maupun sunrise yang sangat indah.
Walaupun lokasinya cukup masuk ke jalan desa, akan tetapi para pengunjung yang menggunakan mobil masih tetap dapat berkunjung ke tempat wisata ini. Usahakan untuk datang di sore atau pagi hari saja karena jika siang hari akan terasa panas. Pastinya bisa jadi lokasi wisata baru yang direkomendasikan.

Beragam Daya Tarik Embung Pendem Magetan

Source: https://1.bp.blogspot.com/-9MkjrQYBvfM/X0oxCJTbN_I/AAAAAAAAAgs/nt3JOsgktTsI6HMLE62VzqWmCBWE-7GBQCLcBGAsYHQ/s1600/kegiatan-senam-di-embung-pendem.jpg

Ada berbagai daya tarik yang bisa Anda temukan di wisata Embung Pendem. Tidak heran jika lokasinya sangat cocok untuk melepas lelah dan mengisi waktu liburan bersama orang-orang terdekat. Terlebih tidak ada biaya tiket masuk yang perlu pengunjung bayarkan. Simak beberapa daya tariknya di bawah ini:

1. Melihat Keindahan Sunset

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke tempat wisata ini adalah saat pagi dan sore hari. Di pagi hari Anda bisa melihat pemandangan Embung Pendem yang segar dan indah. Tentu tidak perlu khawatir akan terkena terik matahari yang cukup panas. Oleh karena itu, datang saja di waktu pagi hari agar lebih segar.
Anda juga bisa datang di waktu sore hari dengan pemandangan tidak kalah indah. Para pengunjung nantinya bisa menikmati pesona matahari terbenam yang sangat indah dan memanjakan mata. Tidak hanya itu, suasana Embung Pendem di waktu malam hari juga tidak kalah menarik.

2. Menikmati Ornamen Lampu Mirip Malioboro

Anda dapat berkunjung ke tempat wisata ini saat malam hari dengan suasana romantis dan dingin. Terdapat ornamen lampu khas yang sangat mirip dengan di Malioboro, Yogyakarta. Tentu pemandangannya tidak kalah indah untuk dinikmati bersama orang-orang terdekat.
Terlebih, lokasinya juga sangat luas sehingga dapat leluasa untuk menikmati pemandangan di sekitar Embung Pendem satu ini. Tempat tersebut juga selalu terbuka setiap harinya sehingga Anda bebas datang di waktu kapan pun. Baik itu di hari kerja maupun akhir pekan untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga.

3. Melihat Pemandangan Sekitar di Bangku

Source: https://narasinews.id/uploads/images/202302/image_750x500_63f6cf2cbc7e6.jpg

Saat berkunjung ke tempat wisata ini, para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan di sekitarnya sambil duduk di bangku-bangku yang sudah tersedia. Tentu semakin nyaman dan betah menikmati keindahan Embung Pendem tersebut. Terlebih di sekitar lokasinya juga terdapat warung-warung yang menjual makanan.
Pastinya Anda bisa menjadikannya sebagai lokasi untuk berburu kuliner yang lezat. Ada banyak jenis makanan maupun minuman dapat pengunjung beli. Soal harganya pun tidak perlu khawatir karena pastinya cukup terjangkau. Nikmati berbagai makanan tersebut di bangku-bangku yang tersedia sambil menikmati pemandangan di sekelilingnya.

4. Berkunjung ke Rumah Joglo

Di sekitar tempat wisata ini juga terdapat Rumah Joglo. Yaitu bangunan khas tradisional adat Jawa. Di tempat ini umumnya diadakan berbagai kegiatan seru. Seperti penampilan band, senam, hingga perkumpulan komunitas. Anda juga bisa menjadikannya sebagai spot foto yang seru dan menarik.
Pada hari tertentu juga biasanya diadakan acara senam pagi yang dilakukan oleh warga setempat. Anda bisa datang ke area bangunan ini untuk mengikuti kegiatan senamnya. Pastinya tidak hanya seru karena berlibur tetapi juga bermanfaat untuk menyehatkan tubuh dengan senam.
Itu tadi berbagai daya tarik wisata Embung Pendem Magetan yang bisa Anda temukan. Tentunya sangat cocok bagi para pengunjung yang ingin menikmati liburan secara gratis tanpa mengeluarkan banyak biaya. Lokasinya juga mudah ditemukan sehingga tidak sulit untuk berkunjung ke tempat wisata satu ini bersama keluarga.