6+ Pesona Highland Wonomulyo Magetan Alias Nepal Van Java

Highland Wonomulyo Magetan

Salah satu surga wisata tersembunyi yang wajib Anda kunjungi adalah Highland Wonomulyo Magetan. Wisata yang dijuluki sebagai Nepal Van Java ini memiliki banyak keindahan pemandangan alam. Di sekitarnya juga sudah dibangun berbagai spot foto menarik. Tentu sangat cocok sebagai lokasi berlibur bersama.

Tentang Highland Wonomulyo Magetan

Highland Wonomulyo Magetan
Source: https://gunung.id/wp-content/uploads/2021/04/Highland-Wonomulyo-Poncol-magetan.jpg

Highland Wonomulyo Magetan merupakan sebuah wisata yang berlokasi di dataran tinggi. Tidak heran jika para pengunjung nantinya bisa menikmati keindahan alam dari atas ketinggian. Sangat cocok apabila Anda menyukai wisata di daerah pegunungan sehingga wajib untuk datang ke tempat satu ini.

Terlebih sepanjang jalan menuju perjalanan Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam perbukitan yang sangat cantik. Masyarakat juga kerap menjulukinya sebagai Nepal Van Java. Hal ini karena ada banyak pemandangan rumah-rumah warga yang diapit oleh dua buah bukit.

Pastinya pemandangan tersebut tidak ada duanya. Dahulunya, kawasan ini hanyalah sebuah ladang biasa saja. Akan tetapi, beberapa orang datang untuk mengambil gambar. Hingga akhirnya dibuatlah berbagai spot foto yang jauh lebih menarik sehingga dapat mendatangkan lebih banyak wisatawan untuk berkunjung.

HTM Wisata Highland Wonomulyo Magetan

Highland Wonomulyo Magetan
Source: https://dhesaku.id/images/place/high_land_wonomulyo_1624080281.jpg

Anda dapat berkunjung ke tempat wisata ini dengan tanpa perlu membayar biaya tiket masuk. Tempat wisata ini memang tersedia secara gratis bagi para pengunjung yang ingin berlibur atau sekedar berburu spot foto Instagramable. Cukup siapkan saja biaya untuk parkir kendaraan yakni sekitar Rp 5.000.

Terlebih tempat wisata tersebut selalu buka setiap harinya sehingga bisa kapan saja berkunjung. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa indahnya. Suasana di dataran tinggi juga cukup khas dengan kabut yang menambah suasana semakin nyaman. Pengunjung bisa menempuh dataran tingginya dengan jalan kaki.

Tentu bisa jadi solusi terbaik apabila ingin berlibur dengan menikmati keindahan alam. Lokasinya juga sudah sangat terkenal sejak lama sehingga tidak heran jika sampai saat ini juga masih menjadi favorit para wisatawan untuk berlibur. Akan tetapi, pastikan tetap hati-hati karena jalannya menanjak.

Lokasi Wisata Highland Wonomulyo Magetan

Anda dapat berkunjung ke tempat wisata ini tepatnya di Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Untuk datang ke lokasinya sendiri bisa menggunakan kendaraan roda dua. Akan tetapi, pastikan kendaraan tersebut kuat untuk menanjak ke dataran tingginya.

Jalan tanjakannya sendiri cukup curam sehingga pastikan berhati-hati. Saat sudah sampai di lokasi pastinya para pengunjung akan merasa sangat puas dalam menikmati pemandangan alam dari atas ketinggian. Lokasinya memang dikelilingi oleh banyak gunung sehingga sangat cocok untuk mengisi waktu luang.

Anda juga bisa menemukan warung-warung warga untuk berburu makanan dan minuman. Manfaatkan juga lokasinya sebagai tempat istirahat sambil menikmati pemandangan alam sekitar. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan dengan berbagai keindahan alam dari dataran tinggi tersebut agar lebih seru.

Rute Menuju Lokasi HTM Highland Wonomulyo Magetan

Highland Wonomulyo Magetan
Source: https://dhesaku.id/images/place/high_land_wonomulyo_kegiatan_1624080282.jpg

Untuk dapat berkunjung ke tempat wisata ini, para pengunjung bisa mengikuti jalur yang sama saat berlibur ke Taman Wisata Genilangit. Apabila Anda berangkat dari Alun-alun Magetan, maka arahkan kendaraan ke barat hingga menemukan SMAN 1 Magetan. Setelah itu lurus saja sampai ke Taman Refgia.

Kemudian hingga ke Terminal Plaosan lurus terus sedikit sampai terdapat pertigaan Anda bisa belok ke arah kiri. Setelah itu masuk ke jalur Poncol hingga menemukan Polsek Poncol. Pengunjung bisa lurus terus lalu mengambil pertigaan ke arah kanan dan ikuti saja jalannya lurus sampai ke arah Genilangit.

Nantinya akan ada pertigaan maka pilih yang ke arah kiri yaitu Wonomulyo. Anda tinggal bertanya kepada masyarakat setempat mengenai lokasi pastinya wisata Highland Wonomulyo satu ini. Atau bisa juga memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk menunjukkan arah dengan lebih jelasnya.

Berbagai Pesona Keindahan dan Keseruan di Highland Wonomulyo Magetan

Source: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2022/11/87302729-496331737723932-997140678144054807-n-74a5bbce32d431e2700b8e2b2284983e-cab5e61a4777c95033e4f9ab41430b20.jpg

Berkunjung ke tempat wisata ini pastinya akan merasa sangat puas. Pasalnya, keindahan alam yang ada memang tidak ada duanya dan jarang ditemukan di tempat wisata lainnya. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menjadikannya sebagai tujuan berlibur bersama keluarga. Di bawah ini pesona keindahannya:

1. Pemandangan Alam Pegunungan yang Menakjubkan

Source: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2022/11/145617713-823629338191054-7562757819304992178-n-74a5bbce32d431e2700b8e2b2284983e-b46a4fb4bd61658e70b8769e6120b64e.jpg

Sebagai daya tarik utama tempat wisata ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam pegunungan yang sangat indah. Para pengunjung nantinya bisa menikmati keindahan alam yang masih sangat segar dan asri di atas dataran tinggi. Suasana di sekitarnya juga sejuk dan dingin dengan udara bersih.

Pastinya membuat siapa saja akan semakin betah berwisata di tempat ini. Masyarakat sekitar yang ada di kampung Wonomulyo juga sangat ramah. Mereka juga memiliki toleransi tinggi kepada para wisatawan. Akan tetapi, pahami bahwa daerah ini memiliki agama tertua tidak lain yaitu Budha.

2. Melihat Seni Musik Tradisional Agama Budha

Selain dapat menikmati keindahan pemandangan alam khas pegunungan, para pengunjung juga bisa melihat langsung seni musik tradisional agama Budha milik masyarakat setempat. Hingga saat ini pun keberadaannya masih terawat dengan baik. Tidak lain yaitu memiliki nama Tongling.

Alat musik tersebut terbuat dari bambu dan akan dimainkan secara bersamaan dengan gong. Adapun tujuannya adalah untuk mengiringi proses beribadah para umat Budha di kawasan ini. Tentu bisa melihatnya sebagai seni pertunjukan saat berkunjung ke wisata Highland Wonomulyo tersebut.

3. Berburu Spot Foto Instagramable

Tempat wisata ini menyediakan berbagai spot foto menarik yang bisa Anda gunakan untuk mengabadikan momen liburan bersama. Ada banyak pilihan spot foto dapat pengunjung manfaatkan. Baik itu berupa gapura dusun, gapura pendakian, taman, dan lain sebagainya. Pastinya semuanya sangat indah.

Anda juga dapat mengabadikan momen keindahan daerah perkampungan yang dikelilingi oleh pegunungan. Pengunjung juga bisa mengambil gambar di teras Nepal agar semakin indah. Tentu saja akan menambah keseruan dan pengalaman tersendiri saat berkunjung ke destinasi wisata satu ini.

4. Nongkrong di Warung Kopi

Tempat wisata ini juga memiliki banyak warung-warung menjual makanan dan minuman. Anda bisa memanfaatkannya untuk bersantai sambil minum kopi. Tentu pemandangan alam di sekitarnya termasuk daya tarik tersendiri sambil nongkrong di warung tersebut.

Tidak hanya kopi, Anda juga bisa memesan berbagai pilihan menu kuliner khas daerah Magetan. Soal harganya juga sangat terjangkau dengan cita rasa yang lezat. Tentu bisa jadi momen paling menyenangkan saat berlibur bersama.

5. Menginap di Kamar-kamar Perkampungan

Apabila Anda ingin berlama-lama berlibur di tempat wisata ini, maka tidak ada salahnya apabila menginap di kamar-kamar yang sudah disewakan oleh masyarakat setempat. Tentu bisa jadi kegiatan bermalam yang tidak terlupakan saat mengisi waktu liburan nanti.

Pastinya Anda akan semakin puas untuk menikmati keindahan alam yang ada di sekelilingnya. Saat memasuki sore hari, para pengunjung juga bisa melihat sunset yang mempesona. Memasuki pagi hari maka bisa melihat pemandangan matahari terbit yang sangat menakjubkan.

Itu tadi berbagai pesona keindahan Highland Wonomulyo Magetan. Lokasinya sendiri masih menjadi favorit bagi para pengunjung yang ingin menikmati liburan dengan pemandangan alam indah. Terlebih tidak ada biaya tiket masuk yang perlu dibayarkan pastinya hari libur akan semakin terkesan.