Gaji Drafter si Penggambar Bangunan

Gaji Drafter

Drafter adalah profesi jarang terdengar di telinga masyarakat umum. Pekerjaan ini juga memiliki cabang atau jenis yang banyak, hingga 6 variasi. Namun bagi orang yang bekerja di bidang konstruksi pasti sudah tidak bingung dengan nama pekerjaan satu ini. Gaji drafter pun terbilang bagus dan menjamin.

Mengenal Profesi Drafter

Drafter merupakan profesi yang dekat sekali dengan pekerjaan insinyur, arsitek, dan hal hal mencakup desain. Perihal desain ini kemudian akan berubah menjadi rancangan gambar dan rencana teknis melalui software khusus. Berdasarkan hal itu maka tidak heran bila lingkup kerja seorang drafter tidak jauh dari arsitektur.

Mengenal Profesi Drafter

Seorang drafter memiliki tugas utama untuk membuat sebuah skema yang kemudian dicetak dan dilihat. Selain itu skema ini juga akan menjadi program langsung ke dalam sistem pemodelan informasi bangunana serta manajemen data produk. Biasanya skema ini berhubungan dengan model mesin atau bangunan.

Apabila seseorang ingin menjadi drafter maka ia perlu memiliki gelar associate atau sertifikat umum. Sertifikat ini akan drafter butuhkan sebagai konseptor dan cara mendapatkannya pun mudah. Kini sudah tersedia banyak lembaga kursus spesifik untuk menjadi drafter dan di dalamnya terdapat banyak pelatihan.

Gaji Drafter dan Bidangnya

Sebelumnya penulis sudah menjelaskan bahwa profesi drafter memiliki jenisnya. Beberapa variasi itu seperti arsitektural, sipil, aeronautical, mekanikal, dan masih banyak lagi. Masing-masing jenis pasti memiliki rentang gaji yang berbeda, demikian pula dengan tugasnya.

Baca juga : Gaji Tukang Las Bawah Laut

 Drafter dan Jenisnya

1. Architectural Drafters

Sebagaimana namanya, seorang architectural drafters bertugas pada pekerjaan menggambar teknik arsitektur. Artinya penggambaran ini akan selalu berhubungan dengan suatu bangunan atau gedung. Pendapatan atau gaji seorang drafter arsitektur ini mulai dari 5 – 6 juta per bulan. 

Biasanya bekerja di bawah naungan agensi atau perusahaan. Namun jika jam terbang sudah tinggi maka bisa bekerja mandiri atau freelance. Artinya menawarkan jasa ke berbagai proyek pembangunan, baik lokal maupun internasional. Hal ini dapat menambah kesempatan naik gaji, bahkan hingga 2 digit.

2. Civil Drafters

Drafter sipil atau jenis menggambar teknik yang berhubungan dengan peta, topografi, dan peta timbul. Tentu ini masih berhubungan dengan berbagai proyek teknik sipil yang berlangsung. Misalnya seperti pembangunan jalan tol, jembatan, saluran pipa, proyek kontrol banjir, dan lain sebagainya. 

Jenis drafter ini memiliki rentang gaji mulai dari 3 juta – 5 juta ke atas. Selain itu tersedia pula jenjang karir yang menjanjikan yaitu mulai dari desainer CAD sipil. Setelah memiliki kemampuan dan pengalaman yang cukup maka bisa naik menjadi teknisi, drafter, drafter desain, dan teknisi draft yang paling tinggi.

3. Aeronautical Drafters

Aeronautical drafter bertugas menggambar roket, pesawat, peluru kendali, rudal, dan lain sebagainya yang berhubungan. Lingkup pekerjaannya ada pada area penerbangan sehingga ia tidak hanya harus mengetahui tentang teknik menggambar namun juga mengenai penerbangan yang luas.

Banyak orang yang mengatakan bahwa ini merupakan pekerjaan seorang teknisi pesawat. Secara garis besar itu pun tidak terlalu salah karena memang bekerja di lingkungan tersebut. Gajinya pun besar, mulai dari 3 jutaan untuk lulusan baru dan bisa meningkat hingga 10 juta per bulan apabila sudah senior.

4. Mechanical Drafters

Drafter mekanikal bertugas untuk melakukan desain atau penggambaran pada rancangan mekanikal di sebuah bangunan. Artinya ia tidak menggambar bangunan itu secara utuh melainkan kondisi di dalamnya. Kondisi ini merujuk pada pemasangan utilitasnya, misal seperti pipa listrik dan air.

Gaji untuk seorang mekanikal drafter cukup besar, mulai dari 8 – 10 juta. Nominal itu pun masih termasuk untuk gaji posisi junior. Jadi bisa Anda kira kira sendiri berapa nominal yang akan Anda terima sebagai pendapatan bila sudah mencapai posisi senior, pasti sangat memuaskan ya.

5. Electronics Drafters

Electrical drafter adalah seseorang yang bertugas untuk membuat diagram atau gambaran mengenai perkabelan. Ini mencakup jalur listrik berdasarkan lokasinya yang kemudian gambarnya akna menjadi acuan bagi petugas listrik dalam pemasangan atau reparasi.

Melalui gambar yang di hasilkan oleh elektronika drafter maka proses reparasi juga tidak akan sulit. Selain itu mereka juga harus menyambungkan jalur perkabelan ini dengan pembangkit listrik dan pusat komunikasi. Jadi tidak hanya berdasarkan pusat listrik di suatu wilayah saja.

6. Photovoltaic Drafters

Photovoltaic drafter adalah pekerjaan yang bertugas menyiapkan gambar untuk menampilkan lokasi inverter pad atau berbagai desain konstruksi plat. Selain itu juga bertugas untuk menyiapkan berbagai rincian spesifikasi PV yang akan digunakan dalam perakitan sistem serta layout perkabelan. 

Gaji drafter jenis ini memiliki rentang mulai dari 6 – 7 juta per bulannya. Biasanya bekerja di bawah naungan perusahaan atau bisa juga secara mandiri. Terlebih lagi jika sudah memiliki pengalaman yang banyak dan ingin mencoba buat agensi jasa drafter sendiri.

Tugas Sebagai Gaji Drafter

Pada dasarnya seorang drafter memiliki tugas utama yang berhubungan dengan jenis atau bidangnya masing-masing. Misal sebagai aeronautical drafter, maka ia bertugas untuk membuat gambar rancangan pesawat atau roket sesuai perintah. Namu di luar tugas utama itu, ada berbagai tugas kerja lainnya.

Tugas Sebagai Drafter

1. Mengimajinasikan dan Realisasikan Bayangan Gambar

Mengingat drafter adalah seorang penggambar maka ia wajib mengimajinasikan bayangan gambar yang disampaikan oleh client. Ia harus bisa mendapatkan imajinasi atau bayangan client kemudian merealisasikannya dalam bentuk gambar. 

Tentunya gambar ini harus menjadi sesuatu yang mudah di pahami oleh client atau orang awam. Jadi hindari menggunakan berbagai istilah, terlebih lagi yang di luar dunia arsitektur itu sendiri. Selain itu proses merealisasikan gambar ini sudah pasti menggunakan software CAD khas arsitektur.

2. Memperjelas Rancangan Gambar Awal

Banyak rancangan atau imajinasi pembangunan yang masih belum terlalu jelas. Misalnya seperti penamaan sebuah ruangan, penggunaan bahan baku, atau berbagai istilah lainnya. Seorang drafter bertugas untuk memperjleas semua hal itu hingga ke hasil akhirnya.

Pasalnya hasil pekerjaan drafter ini akan menjadi acuan banyak orang dalam melakukan pembangunan. Maka dari itu harus menjadi desain yang pasti di setiap poin. Untuk mendapat kesempurnaan atau kejelasan akan semua hal maka drafter bisa bekerja sama dengan berbagai pihak yang terlibat.

3. Ikut Berkoordinasi Perihal Pekerjaannya

Drafter sudah pasti harus berkoordinasi dan bekerjasama dengan banyak pihak mengenai pekerjaannya. Artinya Anda harus lebih banyak berkonsultasi selama pembuatan desain. Setiap langkah atau inisiatif perlu dibicarakan bersama dan saling menyatukan poin pikiran,

Berdasarkan tugas koordinasi ini maka drafter harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Selain itu juga kerjasama tim guna mencapai hasil yang bisa di terima oleh semua pihak. Jadi tidak ada cekcok antara satu sama lain dan pekerjaan bisa selesai dengan lancar.

Tanggung Jawab Sebagai Gaji Drafter

Jika sebelumnya sudah membicarakan tentang tugas maka kini bahas mengenai tanggung jawab. Seorang drafter perlu melakukan perencanaan dekorasi dalam ruangan. Misalnya mencakup sistem penerangan, pemilihan motif wallpaper atau cat, penempatan jendela, dan lain sebagainya.

Tanggung Jawab Sebagai Drafter

Selain itu drafter juga bertanggung jawab dalam memberikan konsultasi perihal dekorasi ruangan. Jadi Anda perlu membicarakan bagaimana kebutuhan dan kemampuan ruangan serta gedung perihal interior kepada klien. Kemudian drafter bisa menyimpulkan keinginan serta kemampuan sebagai hasil diskusi.

Kemudian drafter pun perlu melakukan kontrol perihal pelaksanaan pemasangan dekorasi ruangan. Apakah sudah sesuai dengan rencana yang ada pada draft atau belum. Biasanya kebutuhan kontrol ii bisa bersamaan dengan pemeriksaan yang dilakukan oleh kontraktor bangunan.

Jenjang Karir Profesi Drafter

Profesi drafter ini tentu juga memiliki jenjang karir yang luas dan menjanjikan. Semakin banyak pengalaman, kenalan, dan pengetahuan maka bisa semakin cepat pula naik jabatan. Tahapan jenjang karirnya juga mudah, hanya terdapat 3 jabatan seperti penjelasan berikut.

Jenjang Karir Profesi

1. Drafter Pemula

Sebagaimana jenjang karir di profesi lainnya, seorang drafter kan mulai pada tahap pemula. Pada tahap ini Anda akan lebih banyak belajar dan mengerjakan hal-hal dasar. Tentu berbagai hal itu berkaitan dengan perancangan, menguasai perangkat lunak dan memahami proses pembuatan rancangan.

Drafter pemula juga akan bekerja di bawah pengawasan senior atau arsitek. Melalui dua posisi yang leih tinggi ini maka akan mendapatkan pengalaman praktis dan juga keahlian. Pada akhirnya bisa menghasilkan gambar teknis yang lebih baik dan akurat sesuai permintaan atasan atau klien.

2. Drafter Tingkat Menengah

Kemudian ada drafter tingkat menengah yang mana memiliki tugas lebih besar dalam perancangan. Salah satu tanggung jawabnya ialah mengerjakan tugas yang lebih rumit. Misalnya seperti mengembangkan gambar konstruksi yang sudah ada. Selain itu juga berkoordinasi dengan tim proyek lainnya perihal gambar.

Jika Anda sudah bekerja di tahap ini maka penting sekali untuk terus mengasah keterampilan. Selain itu juga meningkatkan berbagai pemahaman mengenai prinsip-prinsip desain secara lebih mendalam. Itu akan sangat berguna ketika sudah berada di posisi senior dan memiliki bawahan.

3. Drafter Senior

Sampai pada tahap atau jenjang karir ketiga yaitu drafter senior. Posisi ini sangat penting dan harus menjadi ahli di bidang perancangan. Tentunya memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan dan mengawasi tim drafter. Selain itu juga memberikan bimbingan teknis pada anggota tim.

Drafter senior juga perlu berkolaborasi atau kerja sama dengan posisi profesional lainnya dalam proyek perancangan ini. Kemudian juga akan lebih banyak terlibat dalam pengambilan keputusan yang strategis mengenai perancangan. Artinya Anda harus sudah menjadi pribadi yang matang dan tidak labil.

Potensi Karir dan Gaji Drafter Indonesia Sebagai Freelance

Sebelumnya penulis menyampaikan bahwa seorang drafter sangat berpotensi bekerja secara mandiri atau freelance. Buktinya sudah ada banyak pekerja drafter yang menawarkan jasanya melalui sosial media atau portal job. Kelebihan dari pekerjaan freelance ini adalah bisa mendapatkan gaji yang lebih besar.

Potensi Karir Indonesia Sebagai Freelance

Data rata-rata menunjukkan bahwa gaji seorang drafter freelance pemulai ialah kisaran 25000 – 35000 per jam. Until drafter senior atau sudah lebih berpengalaman bisa mendapatkan gaji sekitar 50000 – 100000 per jam.

Bayangkan jika Anda memiliki proyek yang jam kerjanya sangat banyak, tentunya akan mendapat gaji bulanan 2 – 3 digit. Namun tentunya Anda harus memiliki berbagai skill lain guna menunjang pekerjaan freelance ini. Misalnya seperti memasarkan jasa dengan baik dan mudah mengambil hati calon klien.

Demikian tentang gaji drafter di Indonesia dan berbagai jensi serta jenjang karirnya yang menarik. Semoga bisa menjadi inspirasi karir di masa depan bagi banyak orang.