Mengenal Gaji Perawat dan Prospek Karirnya

Gaji Perawat

Suster atau perawat menjadi salah satu pekerjaan yang cukup banyak orang minati. Tenaga kesehatan satu ini memiliki tugas vital dalam membantu dokter di dunia kesehatan. Karena profesi ini cukup populer, beberapa orang pun mulai penasaran mengenai tanggung jawab dan besaran gaji perawat.

Baca juga : Gaji Guru PNS

Mengenal Profesi Perawat

Seperti Anda ketahui jika perawat saat ini menjadi perforasi dengan peminat cukup tinggi. Tidak heran beberapa orang sejak dini sudah ingin memutuskan menjadi seorang perawat. Akan tetapi tidak sedikit orang yang belum mengetahui apa itu perawat.

Mengenal Profesi

Definisi perawat menurut UU nomor 38 tahun 2014 sendiri adalah seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan tinggi keperawatannya. Pendidikan ini bisa seseorang tempuh baik di dalam negeri maupun luar negeri. Tentunya semua institusinya berjalan secara resmi dan patuh kepada peraturan perundang undangan.

Dalam prakteknya perawat terbagi lagi dalam bentuk kategori. Misalnya ada perawat yang menguasai NICU, persalinan, anestesi, pediatrik, dan neonatal. Selain itu perawat juga bisa jadi perawat perjalanan, klinis, keluarga, sampai dengan ambulatori. Sementara dari segi bentuk perawat terbagi jadi dua yakni perawat vokasi dan profesi.

Tugas dari Seorang Perawat

Menjadi seorang perawat memang tidak mudah karena harus menguasai berbagai kemampuan sehingga bisa melaksanakan tugasnya. Untuk mengetahui lebih dalam berikut adalah beberapa tugas dari seorang perawat.

Tugas dari Seorang

  •         Mengambil data riwayat kesehatan atau rekam medis para pasien
  •         Memeriksa fisik dan mengecek organ vital pasien berdasarkan kebutuhan medis
  •         Menganalisis kebutuhan mental dan fisik klien
  •         Mendengarkan semua keluhan dari para pasien
  •         Mampu memberikan edukasi kesehatan kepada pasien
  •         Mengambil sampel darah Anda melakukan pengujian
  •         Melakukan koordinasi dengan tenaga medis lainnya berkaitan perawatan
  •         Merawat pasien yang inap maupun tidak
  •         Menyesuaikan konsumsi obat kepada para pasien
  •         Menawarkan dukungan sosial serta emosional kepada pasien maupun keluarga.
  •         Memberikan obat kepada pasien dengan dosis dan waktu secara tepat, jangan sampai salah

Kualitas Seorang Gaji Perawat yang Harus Diketahui

Dalam menjalankan berbagai tugas dan peran penting ketika membantu dokter, para perawat tentunya harus mempunyai skill dalam memenuhinya. Sebagai seorang perawat setidaknya memiliki kemampuan sebagai berikut dalam bertugas.

Kualitas Seorang yang Harus Diketahui

  •         Dapat berkomunikasi dengan baik terutama kepada pasien
  •         Memberikan asuhan keperawatan dan mengorientasikan pelayanan
  •         Mendengar keluhan pasien dan mengasuh keperawatan
  •         Memiliki sifat teliti, telaten, ramah, serta sabar
  •         Berpikir cerdas dan kritis sehingga mudah dalam beradaptasi
  •         Paham betul kondisi emosial paisen dan peka serta empati tertatamnkan.
  •         Membekali diri dengan keterampilan interpersonal.
  •         Memiliki sifat cekatan, stamina prima dan dapat bekerja secara tim
  •         Menjaga informasi pasien secara ketat
  •         Menjadikan penyuluhan/konselor untuk para pasien
  •         Menguasai kode etik perawat dan memahaminya secara tepat

Jalur Pendidikan yang dapat Seseorang Ambil jika ingin jadi Gaji Perawat

Untuk mendapatkan gelar sebagai seorang perawat tentunya seseorang harus melewati sebuah jenjang sehingga selaras dengan tujuannya. Pendidikan yang seseorang dapat ambil agar bisa menjadi perawat harus sesuai dengan ketentuan.

Jalur Pendidikan yang dapat Seseorang Ambil jika i

1. Jurusan yang Tersedia

Menjadi seorang perawat hanya bisa seseorang gapai apabila memiliki kemampuan dalam memahami bidang ilmu keperawatan. Hal ini yang membuatnya harus mengerti dan memahami ilmu tersebut lewat jurusan sebagai berikut

  •         Ilmu Keperawatan dari SMK, D3, DIV, S1, S2, S3
  •         Profesi Ners
  •         Perwata Spesialis

2. Atribut yang Harus Dimiliki

Setelah mendapatkan gelar di jurusan lainnya tersebut, selanjutnya Anda harus memiliki atribut pelengkap sebagai seorang perawat. Hal ini sangat penting sebagai tanda legalitas dan kredibilitas seorang perawat, berikut atributnya.

  •         Sertifikat Perawat
  •         Surat Tanda Registrasi (STR)
  •         Surat Izin Praktik Perawat (SIPP)

Perkiraan Gaji Perawat di Indonesia

Besaran dari gaji perawat di Indonesia sendiri bergantung pada pekerjaannya. Sama halnya dengan profesi lain, perawat sendiri memiliki beberapa pekerjaan berbeda dan jenjang karir masing masing. Tempat bekerja pun akan mempengaruhi perihal hal ini. Berikut adalah perkiraan besaran pendapatan perawat berdasarkan tempat bekerja dan jenis pekerjaannya.

Perkiraan di Indonesia

  1. Perawat di Rumah sakit kisaran gaji Rp. 4.000.000 hingga Rp. 7.000.000
  2. Perawat di Puskesmas kecil kisaran gaji Rp. 718.000 hingga Rp. 979.000
  3. Perawat di Puskesmas biasa kisaran gaji Rp. 1.300.000 hingga Rp. 2.250.000
  4. Perawat di NICU kisaran gaji Rp. 4.500.000 hingga Rp. 7.000.000
  5. Perawat di gawat darurat kisaran gaji Rp. 4.400.000 hingga Rp. 7.000.000
  6. Perawat di Anastesi kisaran gaji Rp. 1.400.000 hingga Rp. 2.600.000
  7. Perawat di Kamar Operasi kisaran gaji Rp. 6.000.000
  8. Perawat di home care kisaran gaji Rp. 2.500.000 hingga Rp. 7.000.000
  9. Perawat di Rumah sakit Jiwa kisaran gaji Rp. 4.000.000 hingga Rp. 6.000.000
  10. Perawat di klinik kecantikan kisaran gaji Rp. 2.500.000 hingga Rp. 5.000.000
  11. Prediksi gaji di atas ini berdasar pada UMP yang berkisar di angka Rp. `1.176.000 sampai Rp. 4.416.186

Peluang dan Prospek Kerja Gaji Perawat

Prospek dan peluang para perawat di dunia kerja ini masih terbuka lebar. Hal ini karena pekerjaan perawat merupakan jenis profesi yang terus manusia perlukan. Misalnya saja untuk pegawai negeri sipil. Di daerah daerah kecil PNS merupakan pekerjaan yang sangat membanggakan. Menjadi pegawai negeri sebagai perawat tentu merupakan hal menakjubkan.

Peluang dan Prospek Kerja

Tes PNS sebagai perawat di wilayah wilayah terpencil cenderung lebih cepat dan mudah. Selain instansi negara terdapat juga beberapa aktivitas medis swasta yang sangat membutuhkan tenaga keperawatan sehingga profesi ini terus orang perlukan. Tidak heran jika banyak klinik dan rumah sakit swasta mencari tenaga ini.

Misalnya saja klinik kecantikan, klinik kesehatan, rumah sakit swasta, dan pelayanan kesehatan lainnya. Semua aktivitas medis ini sangat membutuhkan yang namanya tenaga keperawatan. Jadi wajar jika peluang pekerjaan dari seorang perawat ini masih benar benar terbuka. Apalagi perawat sangat orang perlukan di setiap wilayah.

Jenjang Karir dalam Dunia Kerja Gaji Perawat

Ketika memutuskan untuk mendalami dunia kerja keperawatan, Anda akan berhadapan dengan berbagai tantangan. Tentu saja hal ini berkaitan dengan jenjang karir, terdapat beberapa tahapan karir pekerjaan untuk seorang perawat sebagai berikut.

Jenjang Karir dalam Dunia Kerja

1. Perawat Klinis

Jenjang karir pertama adalah perawat klinis I yang merupakan tahapan awal seorang perawat. Perawat Klinis harus memiliki kemampuan dasar ilmu keperawatan yang meliputi pengetahuan dalam bagaimana cara merawat pasien secara mendasar baik mendampinginya dan melakukan pengecekan dasar atas rekam medik pasien.

Pengasuhan pada perawat klinis ini langsung kepada para pasien mulai dari masyarakat, kelompok, sampai dengan individual. Sebagai pemula Anda harus melewati tahapan sebagai perawat klinis dulu di bawah dampingan perawat senior tentunya. Ketika sudah matang baru bisa masuk ke jenjang selanjutnya.

2. Perawat Manajer

Selanjutnya adalah perawat manajer yang jadi salah satu jenjang dengan tugas lebih luas. Perawat Manajer memiliki tanggung jawab untuk menjalankan sistem manajemen keperawatan di sebuah organisasi keperawatan. Tujuannya adalah memproses tahapan mulai dari input, proses sampai dengan output.

Perawat manajer memegang peran penting dalam membentuk sebuah koordinasi bekerja. Semua aktivitas perawat dan penjadwalannya baik dari sisi jam kerja sampai dengan pengasuhan akan perawat manajer tangani. Kehadirannya dapat membuat aktivitas keperawatan menjadi lebih terintegrasi.

3. Perawat Pendidik

Sesuai dengan namanya perawat pendidik cenderung bertugas sebagai edukator. Dengan kata lain, ilmu yang telah Anda peroleh sebagai perawat bisa bermanfaat untuk para pelajar yang ingin menjadi perawat. Tugasnya memberikan pendidikan mengenai kesehatan baik kepada pasien, keluarga, maupun para pelajar di sekolah keperawatan.

Kehadirannya juga sangat penting dan untuk memasuki jenjang karir ini tentunya Anda harus melalui jenjang jenjang sebelumnya dulu sebagai pengalaman. Nantinya pengalaman tersebut lah yang akan perawat pendidik bagikan kepada para pelajar serta pasien, keluarga dan lain sebagainnya.

4. Perawat Riset

Penelitian dalam semua ilmu pendidikan memang sangat penting. Tidak heran jika dalam dunia kesehatan pun terus orang ciptakan penelitian. Sama halnya dengan jurusan lainnya, perawat juga membutuhkan ilmu pengetahuan yang berkembang. Pengembangan ilmu pengetahuan di dunia keperawatan tentuna datang dari para perawat riset.

Para perawat riset ini memainkan peran penting untuk memajukan pengetahuan di dunia keperawatan. Misalnya melakukan riset keperawatan dari menganalisis, memecahkan, menemukan, sampai dengan mendokumentasikan masalah di dunia keperawatan. Perawat riset sampai saat ini jadi salah satu profesi yang cukup menggiurkan.

Tempat Gaji Perawat Bekerja

Selain mengetahui gaji dan pendapatan perawat, tentunya ada juga beberapa orang yang penasaran di mana saja perawat dapat bekerja ?. Sebenarnya ada banyak tempat yang bisa menerima para perawat ini. Tentunya tempat tempat ini adalah area yang mengerjakan aktivitas medis, berikut tempat bekerja para perawat.

Tempat Perawat Bekerja

  •         Klinik Kesehatan
  •         Rumah Sakit
  •         Klinik Kecantikan
  •         Puskesmas
  •         Dokter praktek mandiri
  •         Panti Jompo
  •         Farmasi
  •         Panti Sosial
  •         Pusat Kesehatan Khusus
  •         Layanan Kesehatan Mandiri
  •         Ambulans
  •         Kantor
  •         Sekolah
  •         Helikopter atau pesawat

Kiat Sukses Menjadi Gaji Perawat Profesional

Untuk mendapatkan gaji perawat yang layak tentunya Anda harus bisa menjadi seorang perawat profesional. Dalam melakoni berbagai profesi memang tidak mudah, termasuk jadi seorang perawat. Berikut adalah kiat sukses menjadi seorang perawat.

Kiat Sukses Menjadi Gaji Perawat Profesional

1. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Seorang perawat yang baik tentunya harus menguasai kemampuan komunikasi. Selain menguasainya Anda juga harus meningkatkannya ke level selanjutnya agar bisa memberikan pengertian serta berbincang bincang kepada para pasien dengan baik. Tentunya pengguna kalimat dan tata bicara harus menjadi perhatian.

Apabila seorang perawat dapat berbicara dengan kemampuan komunikasi yang baik, pasien secara tidak langsung akan merasa bahagia. Otomatis hal ini akan memberikan dampak besar kepada psikologinya dan menyalurkan energi positif. Proses penyembuhan pasien pun akan menjadi lebih cepat.

2. Mampu Mengendalikan Emosi dengan Baika

Kemampuan selanjutnya yang harus Anda kuasai apabila ingin menjadi perawat profesional adalah pengendalian emosi. Kecerdasan dalam menguasai emosi untuk seorang perawat merupakan sebuah keharusan. Karena jika emosional perawat tinggi serta berlebihan dapat membuat banyak pasien merasa tidak nyaman.

Misalnya saja sebagai perawat Anda termasuk yang cerewet atau galak. Tentu ini keluar dari pandangan perawat yang dapat membantu pasien lebih cepat sembuh. Maka dari itu, mengendalikan emosi merupakan hal paling dasar sebagai seorang perawat.

3. Menumbuhkan Rasa Empati

Menjadi seorang perawat profesional juga mengharuskan Anda memiliki rasa empati. Untuk yang belum tahu Empati sendiri sebenarnya akan menjadikan perawat dapat bekerja secara totalitas. Berawal dari keikhlasan inilah seorang perawat dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pasien.

Hati lebih bahagia jika bekerja dengan ikhlas dalam membantu para pasien yang sedang menghadapi masalah berat dalam hidupnya. Untuk menumbuhkan rasa empati ini cukup sederhana, Anda hanya perlu berhati hati dalam melontarkan kata kata ataupun kalimat kepada para pasien.

4. Menumbuhkan Rasa Loyal dalam Bekerja

Rasa loyal dalam bekerja sebagai perawat ini harus ada karena jam kerjanya perawat memang berbeda dari profesi lain. Bahkan perawat ini terkadang lebih sibuk dari dokter dalam menjaga pasien. Jam kerjanya juga padat sehingga loyalitas bekerja harus benar benar Anda perhatikan jika ingin menjadi profesional.

Ketika rasa loyalitas ini sudah tumbuh pada diri seseorang, maka semua pekerjaan terasa ringan. Misalnya mendapatkan tugas lembur, maka dapat mengerjakannya tanpa ada paksaan. Untuk itulah komitmen dan loyalitas menjadi hal penting dalam menjalani profesi sebagai perawat ini.

5. Memiliki Sifat Rinci dan teliti

Untuk menjadi seorang perawat profesional, Anda juga harus teliti dalam bekerja. Jadi pekerjaan ini tidak bisa seseorang lakukan secara sembarangan. Mencatat perkembangan pasien dari hari ke hari dan jam ke jam membutuhkan ketelitian karena data ini akan masuk sebagai laporan rekam medis.

Apabila seorang perawat tidak teliti dan salah salah dalam mencatat perkembangan kesehatan pasien maka ini bisa berakibat fatal. Maka dari itu, usahakan sejak di bangku perkuliahan sebagai perawat sudah mencatat serta menumbuhkan sifat teliti sehingga bisa terhindar dari hal tidak baik dan mampu menjadi seorang perawat profesional.

6. Mampu Bekerjasama

Terdapat beberapa kondisi di mana pekerjaan sebagai perawat harus seseorang lakukan dengan tim. Apabila hal ini terjadi, maka kemampuan dalam bekerjasama harus seseorang miliki. Pastikan Anda mempelajari baiagamana menjadi seorang perawat yang bisa bekerjasama dengan tim.

Koordinasi serta kolaborasi sesama perawat tidak mungkin Anda hindari karena ini merupakan sebuah kunci menjadi perawat profesional. Maka dari itu, usahakan untuk selalu meningkatkan kemampuan kerjasama tim sehingga terciptalah lingkungan kerja yang solid. Ini akan berpengaruh juga pada aktivitas serta kenyamanan dalam bekerja.

7. Mampu Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Baik

Hal penting selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh. Sebagai tenaga medis yang memiliki tugas untuk merawat serta membantu pasien dalam menyembuhkan diri, tentunya perawat harus sehat dulu. Menjaga imunitas tubuh selalu baik akan membuat tubuh selalu prima.

Apabila perawat saja sakit sakitan, bagaimana bisa untuk membantu pasien sembuh dari penyakitnya. Ketika masih menjadi mahasiswa di dunia keperawatan mungkin sakit sakitan tidak apa apa, akan tetapi jika sudah menjadi perawat hal ini sangat fatal. Maka dari itu, usahakan tubuh terus dalam kondisi prima dan sehat.

8. Melaksanakan Pekerjaan Berdasarkan SOP

Dalam dunia pekerjaan biasanya adalah istilah SOP atau standar operasional prosedur dalam bekerja. Tentu saja apabila Anda ingin menjadi seorang perawat profesional, maka bekerjalah dengan mengikuti SOP. Misalnya menjadi perawat di rumah sakit, maka ikuti semua SOP di sana sehingga bisa memberikan hasil maksimal.

Seorang perawat tentunya akan mendapatkan nilai lebih jika benar benar bisa menerapkan SOP dan bekerja secara baik. Profesionalitas akan tumbuh dengan sendirinya apabila Anda dapat menjaga performa pekerjaan berdasarkan SOP. Pentingnya dalam menerapkan SOP ini harus tertatanamkan sejak pertama kali menjadi perawat.

Demikian informasi mengenai mengenal prospek kerja, peluang karir dan gaji perawat. Tentunya bagi Anda yang tertarik dengan pekerjaan ini harus mengetahui berbagai informasi tadi sebagai gambaran bagaimana seandainya jika benar benar terjun ke dunia kerja keperawatan.